Efektifkah Shampo Penumbuh Rambut untuk Mengatasi Kebotakan?

(0)
20 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ilustrasi shampo penumbuh rambutShampo penumbuh rambut digadang-gadang dapat tumbuhkan rambut dengan cepat
Berbagai merek shampo penumbuh rambut dipercaya selama turun-temurun bisa mengatasi masalah rambut rontok yang mengarah pada kebotakan. Namun, apakah penggunaan shampo ini memang efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut baru di kulit kepala Anda?Pertama-tama, perlu dipahami bahwa kerontokan rambut dan kebotakan merupakan masalah klasik yang bisa dialami oleh siapa pun. Pada orang tertentu, seperti berusia lanjut, memiliki tipe rambut tipis, atau mengidap penyakit tertentu, kerontokan rambut memang berlangsung lebih parah.Salah satu tipe rambut rontok yang kerap dialami banyak orang adalah androgenetic alopecia yang ditandai dengan penipisan rambut sehingga kulit kepala tampak botak. Sementara tipe lain dari kebotakan adalah alopecia arreata, yakni kebotakan di titik tertentu kulit kepala atau rontoknya sebagain besar rambut sehingga merusak penampilan kepala secara keseluruhan.

Apakah shampo penumbuh rambut efektif?

Bukan rahasia lagi bahwa shampo penumbuh rambut dijual bebas dengan klaim dapat merangsang tumbuhnya folikel atau akar rambut baru, mencegah kerontokan, hingga menebalkan rambut. Shampo ini diklaim mengandung berbagai bahan alami dan aman digunakan pada hampir semua tipe rambut.Sayangnya, menurut penelitian dari Rumah Sakit Universitas Zurich, Swiss, penggunaan shampo penumbuh rambut tidak efektif untuk merangsang tumbuhnya folikel. Sekalipun mengandung bahan yang terbukti efektif menumbuhkan rambut, konsentrasinya sedikit karena sudah bercampur dengan air dan bahan lainnya.Selain itu, penggunaan shampo yang biasanya hanya dipijat sebentar di kulit kepala juga memengaruhi efektivitasnya dalam menumbuhkan folikel. Padahal untuk mendapatkan hasil optimal, bahan penumbuh folikel ini harus didiamkan beberapa lama sebelum dibilas.Meskipun demikian, penggunaan shampo penumbuh rambut tetap dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas rambut Anda. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih shampo dengan bahan-bahan sebagai berikut:
  • Menthol

Bahan ini bersifat antimikroba yang dapat membantu menghilangkan ketombe dan mencegah gatal pada kulit kepala.
  • Kafein dan minyak peppermint

Bahan-bahan ini dapat membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala. Kandungan asam amino dan proteinnya juga dapat menguarkan akar rambut.

Perawatan yang tepat untuk mengatasi kebotakan

Daripada menggunakan shampo penumbuh rambut yang belum terbukti efektivitasnya, Anda dapat menempuh jalan lain yang sudah terbukti ampuh mengatasi kebotakan. Akademi Dermatologi Amerika Serikat (AAD) merekomendasikan beberapa perawatan yang dapat Anda pilih, yaitu:

1. Minoxidil

Serum ini sudah terbukti dapat menstimulasi tumbuhnya folikel di kulit kepala, jenggot, hingga alis. Minoxidil harus digunakan 2-3 kali sehari tergantung kondisi kebotakan Anda. Obat ini juga lebih efektif bila dikombinasikan dengan perawatan lain yang disarankan dokter.

2. Injeksi kortikosteroid

Perawatan ini harus dilakukan di dokter kulit karena dokter akan menyuntikkan cairan kortikosteroid ke area kepala Anda yang mengalami kerontokan parah atau botak. Injeksi ini dilakukan setiap 4-8 bulan sekali tergantung kondisi Anda.Bagi orang yang mengalami kebotakan di beberapa titik kulit kepala, injeksi kortikosteroid adalah perawatan paling ampuh. Dalam sebuah studi yang diikuti 127 pasien, 80 persen di antaranya berhasil mengalami rambut tumbuh kembali dalam 12 minggu setelah diinjeksi kortikosteroid.

3. Salep kortikosteroid

Salep ini bisa dioleskan di bagian kulit kepala yang mengalami kebotakan. Sayangnya, salep kortikosteroid kurang ampuh saat diaplikasikan pada orang dewasa sehingga lebih banyak direkomendasikan dokter untuk mengatasi kebotakan pada anak.

4. Anthralin

Penggunaan ini mirip dengan shampo penumbuh rambut, yakni Anda mengoleskannya di area kepala yang botak, dibiarkan beberapa saat sesuai intruksi dokter, kemudian dibilas. Obat ini sebaiknya digunakan bersamaan dengan minoxidil agar hasilnya lebih efektif.Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengonsultasikan masalah kebotakan atau kerontokan rambut Anda. Dokter akan memberikan penanganan tepat dan aman sesuai dengan kondisi yang tengah Anda alami.
rambut rontokkebotakan
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/grow-hair-faster
Diakses pada 6 Juli 2020
MDPI. https://www.mdpi.com/2079-9284/6/4/66
Diakses pada 6 Juli 2020
AAD. https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/types/alopecia/symptoms
Diakses pada 6 Juli 2020
AAD. https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/types/alopecia/treatment
Diakses pada 6 Juli 2020
University Hospital of Zurich. https://core.ac.uk/download/pdf/82617883.pdf
Diakses pada 6 Juli 2020
Women’s Health. https://www.womenshealthmag.com/uk/beauty/hair/a28102857/hair-growth-shampoo/
Diakses pada 6 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait