Efektifkah Sabun Sulfur dalam Menyembuhkan Jerawat? Ini Jawabannya

Sabun sulfur dipercaya dapat mengatasi jerawat
Sabun sulfur dipercaya dapat menghilangkan jerawat

Belerang mungkin lebih sering dikenal dengan aromanya yang kurang sedap. Namun, ternyata jenis mineral yang disebut juga dengan sulfur ini sudah digunakan berabad-abad lalu dan memiliki manfaat yang baik untuk masalah kulit. Salah satunya dalam menyembuhkan jerawat.

Tak ayal apabila sejumlah produk kecantikan yang dijual di pasaran, termasuk sabun jerawat, mengandung sulfur di dalamnya. Lantas, seberapa efektifkah penggunaan sabun sulfur dalam mengatasi jerawat?

Manfaat sabun sulfur dalam menyembuhkan jerawat

Sulfur dapat terkandung dalam berbagai produk perawatan kulit. Selain sabun sulfur, belerang mungkin juga terkandung dalam produk pembersih wajah, masker wajah, hingga lotion.

Kandungan sulfur yang terdapat pada sabun atau produk kecantikan kulit lainnya ternyata mirip dengan benzoil peroksida dan asam salisilat. Namun, efek belerang dapat menghasilkan kulit yang lebih lembut dibandingkan kedua zat sebelumnya.

Sulfur memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu membasmi bakteri-bakteri penyebab jerawat. Manfaat sabun sulfur lainnya, yakni mencegah produksi minyak (sebum) berlebih pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat.

Selain itu, kandungan sulfur dapat mengeringkan sel-sel kulit mati sehingga mencegah sumbatan pori-pori.

Efektifkah penggunaan sabun sulfur untuk  jerawat?

Jawabannya adalah tergantung pada tipe jerawat yang Anda miliki. Ini karena kemungkinan menyembuhkan jerawat dengan sabun sulfur belum tentu berhasil pada setiap orang.

Kandungan sulfur akan sangat berhasil pada jerawat yang muncul akibat penumpukan sel-sel mati dan minyak yang berlebih. Oleh karena itu, sulfur cocok untuk jenis jerawat ringan dan mampu mengangkat komedo.

1. Jerawat ringan dan komedo

Komedo, baik jenis whiteheads dan blackheads, adalah jenis jerawat yang paling ringan. Komedo dapat muncul akibat kombinasi penumpukan minyak dan sel-sel kulit mati yang terjebak di folikel rambut.

Kandungan sulfur adalah salah satu jenis obat jerawat tanpa resep dokter yang dapat membantu menghilangkan komedo.

Asam salisilat juga dapat membasmi jenis jerawat satu ini. Namun, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan obat jerawat berbahan sulfur atau bisa pula menggunakan sabun sulfur.

2. Papula dan pustula

Papula dan pustula adalah jenis benjolan di kulit yang disebabkan oleh peradangan komedo dan biasanya terasa sangat menyakitkan.

Perbedaan antara keduanya adalah pustula berukuran lebih besar dan mengandung nanah. Selain itu, pustula juga memiliki titik putih atau kuning di bagian tengahnya.

Kandungan sulfur dalam obat jerawat tampaknya tidak dapat mengobati jenis jerawat ini. Menurut sebuah penelitian, sulfur dapat mengobati papula dan pustula, tetapi tidak terlalu efektif dibandingkan benzoil peroksida.

Efek samping dan risiko manfaat sulfur untuk menyembuhkan jerawat

Untuk pemakaian jangka pendek, sulfur untuk jerawat tergolong aman digunakan pada kulit. Produk yang mengandung sulfur dengan konsentrat zat hingga 10% dapat digunakan dengan aman hingga delapan minggu.

Namun, pada beberapa orang, menggunakan produk yang mengandung sulfur mungkin dapat menyebabkan kulit menjadi kering, mengelupas, kemerahan, dan rasa gatal ringan.Umumnya, tanda-tanda tersebut cenderung muncul saat Anda menggunakannya pertama kali.

Saat pertama kali menggunakan sabun sulfur atau produk sulfur untuk jerawat lainnya, gunakan sehari sekali. Kemudian, Anda dapat meningkatkan dosis secara bertahap menjadi dua atau tiga kali per hari setelah kulit Anda terbiasa dengan produk tersebut.

Meski produk sulfur untuk jerawat dianggap aman untuk tipe kulit sensitif, sebaiknya tetap mulai gunakan dengan perlahan dan tingkatkan dosis sesuai yang disarankan.

Pada ibu hamil dan menyusui, penggunaan produk yang mengandung sulfur untuk jerawat juga cenderung aman digunakan pada kulit. Produk yang mengandung sulfur dengan konsentrat zat hingga 6% dapat digunakan dengan aman selama enam hari berturut-turut.

Tips aman menggunakan sulfur untuk jerawat

Sebelum menggunakan sabun sulfur atau produk sulfur untuk jerawat lainnya, sebaiknya periksakan terlebih dahulu apakah kulit Anda sensitif terhadap belerang.

Guna mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan sulfur, lakukan langkah ini terlebih dahulu.

  • Pilihlah area kulit selain muka, misalnya bagian lengan Anda.
  • Oleskan produk ke area tersebut, lalu tunggu selama 24 jam.
  • Jika tidak ada efek samping yang ditimbulkan setelah penggunaan, Anda dapat menggunakan sulfur untuk menyembuhkan jerawat. Sebaliknya, jika muncul gejala-gejala, seperti kulit kemerahan, rasa gatal, atau ruam, segera hentikan penggunaan.

Manfaat sabun sulfur untuk menyembuhkan jerawat memang baik. Akan tetapi, penting diketahui bahwa tidak semua jenis jerawat dapat disembuhkan oleh zat belerang ini.

Oleh sebab itu, pastikan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu untuk mengetahui apakah jenis kulit dan jerawat Anda cocok menggunakan sabun sulfur atau produk dengan kandungan sulfur lainnya.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sulfur-for-acne
Diakses pada 18 November 2019

Web Md. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1527/sulfur
Diakses pada 18 November 2019

Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/treating-acne-with-sulfur-15860
Diakses pada 18 November 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4399783/
Diakses pada 18 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed