Efektifkah Obat Penyubur Sperma untuk Meningkatkan Kualitas Sperma?

Kandungan vitamin C, vitamin D, hingga zinc dalam obat penyubur sperma baik untuk meningkatkan produksi sperma
Obat penyubur sperma memiliki kandungan vitamin dan nutrisi untuk melancarkan produksi sperma

Bagi para pria yang sedang mengalami masalah kesuburan saat berusaha memiliki anak, konsumsi vitamin atau obat penyubur sperma mungkin bisa Anda coba guna meningkatkan kualitas sperma. 

Tapi, nutrisi apa saja yang harus ada dalam obat penyubur sperma? Seberapa ampuh penggunaan suplemen penyubur sperma dalam membantu Anda mengatasi kesuburan

Apa penyebab sperma tidak subur?

Kondisi sel sperma yang sehat sangat penting bagi kesuburan pria. Untuk dapat berhasil mengalami kehamilan, faktor yang penting dan harus diperhatikan bukan hanya kesuburan wanita, melainkan juga pria. 

Maka dari itu, jika seorang pria memiliki masalah dengan kesuburannya, kemungkinan besar pasangan tidak dapat mengalami kehamilan. Hal ini biasanya tergantung pada kualitas sel sperma pria. 

Beberapa penyebab kualitas sperma tidak subur pun beragam. Mulai dari faktor genetik, kondisi kesehatan (disfungsi ereksi, libido, kadar testosteron rendah), penyakit yang mungkin dialami, hingga gaya hidup (olahraga dan pola makan). 

Diagnosis lanjutan sangat diperlukan guna memastikan apa penyebab utama dari tidak suburnya sperma. 

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam obat penyubur sperma

Obat penyubur sperma idealnya memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan ini, dapat membantu melancarkan produksi sperma dan meningkatkan kualitasnya secara keseluruhan. Berikut adalah berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam obat penyubur sperma:

1. Vitamin C

Salah satu kandungan nutrisi yang penting dalam obat penyubur sperma adalah vitamin C. 

Pasalnya, vitamin C mengandung antioksidan yang dapat mendukung kesuburan dengan cara meningkatkan produksi sperma. Selain itu, vitamin C berfungsi mengurangi jumlah sperma yang rusak di dalam testis. 

Antioksidan dalam vitamin C juga dapat membantu Anda mengurangi dampak buruk dari stres oksidatif yang mungkin terjadi. 

Stres oksidatif terjadi ketika kadar reactive oxygen species (ROS) sudah mengkhawatirkan di dalam tubuh. Kadar ini dapat meningkat saat antioksidan yang terdapat di dalam tubuh terpengaruh oleh penyakit, usia, atau gaya hidup yang tidak sehat, serta polusi. 

Jika terjadi stres oksidatif, kemungkinan seorang pria mengalami masalah kesuburan pun meningkat. Oleh sebab itu, antioksidan yang bisa Anda dapatkan dari vitamin C sangat penting untuk melawan segala jenis dampak buruk yang mungkin berasal dari ROS. 

Tak hanya mengonsumsi suplemen atau obat penyubur sperma yang mengandung vitamin C, Anda juga bisa mendapatkannya dari berbagai makanan, termasuk buah-buahan. Beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin C adalah:

  • Buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon
  • Buah-buahan lainnya, seperti kiwi dan stroberi
  • Sayur-sayuran, seperti tomat, brokoli, kentang, dan kol
  • Sereal yang telah difortifikasi
  • Produk olahan susu

2. Vitamin D

Vitamin D juga menjadi komponen nutrisi yang penting dalam obat penyubur sperma. 

Kandungan vitamin D dapat membantu meningkatkan kadar testosteron di dalam tubuh. Akibatnya, pria yang kekurangan kadar vitamin D di dalam tubuh cenderung memiliki kadar hormon testosteron yang rendah

Selain dapat meningkatkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh, mengonsumsi vitamin D juga bisa meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma. 

Tak hanya dari obat penyubur sperma, Anda dapat menemukan vitamin D dari makanan yang Anda konsumsi sehari-hari, seperti:

  • Keju
  • Yogurt 
  • Kuning telur
  • Jamur
  • Hati sapi
  • Ikan salmon, makarel, dan tuna
  • Susu yang telah difortifikasi
  • Produk olahan susu

3. Vitamin E

Kandungan antioksidan dalam vitamin E dapat membantu meningkatkan kualitas sperma agar tidak terjadi kerusakan. Selain dari obat penyubur sperma yang Anda konsumsi, vitamin E juga dapat diperoleh dari:

  • Minyak nabati, seperti jagung dan minyak kedelai
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam
  • Jus buah yang sudah terfortifikasi
  • Margarin 

4. Vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan sperma secara keseluruhan. Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa vitamin B12 dapat meningkatkan pergerakan dan jumlah sperma, serta mengurangi kerusakan sperma. 

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B12 dari obat penyubur sperma atau makanan sehari-hari, seperti 

  • Telur
  • Susu
  • Sereal yang sudah terfortifikasi
  • Ikan dan hidangan laut, terutama tiram atau kerang
  • Daging merah dan daging putih, terutama hati

5. Zinc

Kandungan dalam obat penyubur sperma lainnya yang tak kalah penting adalah zinc atau seng. Keberadaan mineral yang satu ini memiliki peranan cukup penting untuk mendukung kesuburan pria. 

Hal tersebut didukung oleh sebuah penelitian yang menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi vitamin penyubur sperma dengan kandungan zinc di dalamnya mengalami peningkatan kadar hormon testosteron dan jumlah sperma yang diproduksi.

Selain dari obat penyubur sperma, Anda juga bisa memperoleh jenis mineral ini dari daging, ikan, dan telur.

6. Folat

Mengonsumsi obat penyubur sperma yang mengandung folat ternyata juga baik untuk membantu meningkatkan kesuburan pria. Ya, salah satu jenis vitamin B ini memang sudah seringkali dikaitkan dengan kesehatan sperma. 

Jika seorang pria memiliki kadar folat yang rendah dalam tubuhnya, maka dapat memengaruhi DNA sperma hingga jumlah sperma yang diproduksi oleh pria tersebut. 

Anda tidak hanya bisa menemukan folat pada obat penyubur sperma. Beberapa jenis makanan ada yang memiliki kandungan folat, di antaranya: 

  • Sayuran hijau, seperti bayam, asparagus
  • Buah-buahan segar, terutama jeruk
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Gandum utuh
  • Sereal yang telah difortifikasi
  • Produk makanan yang kaya akan tepung, misalnya roti dan pasta

Minum obat penyubur sperma untuk meningkatkan kualitas sperma, efektifkah? 

Banyak kaum pria yang mengalami masalah sperma tidak subur memilih untuk mengonsumsi obat penyubur sperma guna meningkatkan kualitas sel sperma. 

Hal tersebut tentu tak terlepas dari klaim yang diungkapkan oleh sejumlah produsen obat penyubur sperma mengenai produknya yang dianggap dapat mengatasi berbagai masalah kesuburan pria, seperti air mani encer, jumlah sperma sedikit, hingga ejakulasi dini. 

Sebuah hasil studi yang dimuat dalam jurnal Fertility and Sterility mengemukakan keefektivitasan kandungan zinc dan asam folat dalam obat penyubur sperma terhadap peningkatan kualitas sperma. Penelitian dilakukan terhadap pria dengan jumlah sperma rendah serta pria dalam kondisi sehat yang tidak mengalami riwayat masalah kesuburan. 

Dalam penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa obat penyubur sperma yang mengandung zinc dan asam folat efektif dalam membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma sebanyak 74 persen setelah dikonsumsi 26 minggu.

Sementara itu, tidak didapatkan hasil temuan yang signifikan pada partisipan pria yang tidak mengalami riwayat masalah kesuburan.

Kendati demikian, hasil temuan tersebut masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut guna mengetahui keefektivitasannya. Pasalnya, penelitian yang dilakukan masih dalam skala kecil. 

Cara mengonsumsi obat penyubur sperma yang aman dan tepat

Sebelum menentukan cara menggunakan obat penyubur sperma yang tepat guna memperbaiki masalah kesuburan pria, penting untuk mengetahui penyebab dari sperma tidak subur yang Anda alami terlebih dahulu. Ini karena cara mengobati masalah kesuburan pria berbeda-beda tergantung pada penyebabnya.

Maka dari itu, lakukan pemeriksaan medis guna mengetahui penyebab kesuburan yang Anda alami. Langkah tersebut dapat membantu dalam menentukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Jika Anda ingin menggunakan obat penyubur sperma, pastikan untuk bertanya kepada dokter mengenai pilihan obat penyubur sperma yang aman dan tepat. 

Selain mengonsumsi obat penyubur sperma, penting pula untuk menerapkan pola hidup yang sehat agar membantu Anda mendapatkan sperma berkualitas sehingga terhindar dari masalah kesuburan pria. 

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/boost-male-fertility-sperm-count#section2

Diakses pada 25 Februari 2020

Healthline. https://www.healthline.com/health/mens-health/food-for-strong-sperm#vitamin-e

Diakses pada 25 Februari 2020

Web Md. https://www.webmd.com/infertility-and-reproduction/news/20020320/supplements-boost-sperm-count

Diakses pada 25 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5485731/

Diakses pada 25 Februari 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19285597

Diakses pada 25 Februari 2020

Artikel Terkait