Efektifkah Cara Mengobati Luka Lambung dengan Madu?

(0)
Cara mengobati luka lambung dengan madu mungkin sering diyakini sebagai salah satu pengobatan tukak lambung secara alamiCara mengobati luka lambung dengan madu sering diyakini menjadi pengobatan tukak lambung
Cara mengobati luka lambung dengan madu mungkin sering diyakini sebagai salah satu pengobatan tukak lambung secara alami atau tradisional. Lantas, benarkah cara ini efektif untuk mengobati luka iritasi pada lambung? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu luka lambung atau tukak lambung?

Cara mengobati luka lambung dengan madu belum tentu ampuh
Luka lambung adalah kondisi iritasi pada dinding lambung
Luka lambung atau tukak lambung adalah masalah pencernaan yang disebabkan oleh iritasi atau luka di dinding lambung.Umumnya, iritasi atau luka yang muncul terdapat di dalam dinding lambung dan esofagus bagian bawah atau duodenum (bagian atas usus halus). Tukak lambung merupakan salah satu kondisi medis yang cukup umum dan sering terjadi pada banyak orang.Penyebab tukak lambung pun bermacam-macam, mulai dari infeksi bakteri H.pylori, konsumsi obat antinyeri berkepanjangan yang dapat merusak permukaan lambung, dan lainnya.Konsumsi makanan pedas dan asam bukan menjadi penyebab luka lambung. Meski demikian, hal ini dapat memperburuk kondisi tukak lambung yang Anda alamiBeberapa gejala tukak lambung, antara lain perut terasa penuh atau kenyang, heartburn, mual, hingga sensasi rasa terbakar di perut.Anda dapat meringankan gejala tukak lambung dengan mengonsumsi beberapa makanan untuk lambung luka atau mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Cara mengobati luka lambung dengan madu, benarkah efektif?

Selain menggunakan obat tukak lambung di apotek, Anda bisa saja mengandalkan berbagai obat tukak lambung dari bahan alami yang bisa didapat dengan mudah di rumah.Salah satu bahan obat tukak lambung alami di rumah yang mungkin seringkali didengar adalah madu. Ya, madu merupakan bahan alami yang banyak mengandung antioksidan dan zat aktif antibakteri.Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences mengungkapkan bahwa kandungan antibakteri tersebut mampu melawan bakteri penyebab tukak lambung, yakni H.pylori.Meski demikian, tidak semua jenis madu dapat mengobati luka lambung.
Cara mengobati luka lambung dengan madu apakah efektif
Madu manuka diyakini dapat meredakan gejala luka lambung
Para peneliti dari Selandia Baru mengemukakan bahwa jenis madu yang berasal dari nektar bunga Leptospermum scoparium atau madu Manuka yang diyakini efektif dapat menghambat pertumbuhan bakteri H.pylori.Cara mengobati luka lambung dengan madu Manuka yang diklaim dapat meredakan gejala tukak lambung adalah dengan mengonsumsi satu sendok makan madu setiap pagi dan malam hari.Anda juga bisa mengoleskan madu pada biskuit atau roti panggang sebagai cara alternatif lainnya.Kendati demikian, perlu diketahui bahwa obat tukak lambung alami ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut guna memastikan keefektifannya.Pasalnya, beberapa hasil penelitian ilmiah mengenai cara mengobati luka lambung dengan madu masih dilakukan pada hewan uji sehingga masih dibutuhkan bukti ilmiah kemanjurannya pada manusia.Maka dari itu, Anda perlu lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Jika perlu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum lakukan cara mengobati luka lambung dengan madu.

Adakah efek samping cara mengobati luka lambung dengan madu Manuka?

Jika ingin lakukan cara mengobati luka lambung dengan madu Manuka, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna menghindari reaksi alergi atau efek samping tertentu yang mungkin ditimbulkan.Bagi sebagian besar orang, madu Manuka mungkin aman dikonsumsi dan tidak memiliki efek samping apa pun. Akan tetapi, pada beberapa kelompok individu dengan kondisi tertentu, cara mengobati luka lambung dengan madu Manuka mungkin dapat menimbulkan efek samping.Kelompok individu yang dimaksud adalah:

1. Penderita diabetes

Apa pun jenis madu yang dikonsumsi tentu mengandung gula alami yang sangat tinggi.Oleh karena itu, sebelum mengobati luka lambung dengan madu Manuka, alangkah baiknya orang dengan diabetes berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.Pasalnya, mengonsumsi madu untuk mengobati luka lambung tetap dapat meningkatkan risiko peningkatan kadar gula darah.

2. Alergi terhadap madu

Orang-orang yang memiliki riwayat alergi madu dan lemah berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan saat mengonsumsi madu Manuka, termasuk sebagai cara mengobati luka lambung.

3. Bayi

American Academy of Pediatrics tidak menganjurkan penggunaan madu untuk bayi di bawah usia 1 tahun. Sebab, penggunaan madu untuk bayi dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri dan terkena penyakit botulisme.

Catatan dari SehatQ

Cara mengobati luka lambung yang paling efektif adalah dengan mengonsumsi obat tukak lambung di apotek.Dengan minum obat tukak lambung di apotek sesuai anjuran dan dosis yang tepat, niscaya gejala tukak lambung yang mendera dapat mereda.Namun, jika ingin coba cara mengobati luka lambung dengan madu Manuka, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna menghindari reaksi alergi atau efek samping yang mungkin ditimbulkan.
tukak lambungtukak lambungmadu
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/manuka-honey-uses-benefits#section8
Diakses pada 3 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/natural-home-remedies-ulcers#honey
Diakses pada 3 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/stomach-ulcer-remedies#section3
Diakses pada 3 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/peptic-ulcer/symptoms-causes/syc-20354223
Diakses pada 3 Agustus 2020
Iranian Journal of Basic Medical Sciences. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3758027/
Diakses pada 3 Agustus 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3609166/
Diakses pada 3 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait