Efektifkah Cara Menghilangkan Kutil Dengan Pasta Gigi?

(0)
29 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu metode untuk mengatasi kutil adalah cryotherapyProses cryotherapy untuk mengatasi kutil di tangan
Pernahkah Anda mendengar soal cara menghilangkan kutil dengan pasta gigi? Metode ini sempat populer di media jejaring sosial, namun Anda sebaiknya tidak tergoda untuk mencoba cara tersebut karena alih-alih kutil hilang, kulit malah bisa mengalami iritasi.Kutil adalah semacam daging tumbuh yang disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV) yang kadang terasa nyeri dan sifatnya menular. Kutil memang tidak berbahaya, tapi kehadirannya dapat mengganggu penampilan sehingga Anda merasa jelek dan malu saat bertemu dengan orang lain.Kutil bisa tumbuh di mana saja, mulai dari jari-jari tangan, kaki, hingga bagian yang paling sensitif di tubuh Anda seperti area kelamin. Kutil ini bisa hilang sendiri, namun Anda juga bisa menggunakan obat yang dijual bebas di apotek untuk mempercepat prosesnya.

Apakah cara menghilangkan kutil dengan pasta gigi efektif?

Cara menghilangkan kutil dengan pasta gigi dianggap efektif karena beberapa hal yang mungkin terdengar ilmiah sehingga banyak orang yang memercayainya, seperti:
  • Pasta gigi mengandung triclosan yang dipercaya bisa membunuh kuman penyebab kutil.
  • Pasta gigi mengandung zat yang dapat mengeringkan kutil, seperti baking soda, alkohol, maupun hidrogen peroksida, sehingga kutil bisa cepat kering dan mengelupas atau mengecil dengan sendirinya.
  • Pasta gigi mengandung menthol yang akan terasa dingin di kulit sehingga mampu menghilangkan rasa tidak nyaman akibat kutil.
Meskipun demikian, cara menghilangkan kutil dengan pasta gigi ini tidak pernah terbukti efektivitasnya secara medis. Salah satu alasannya adalah kandungan aktif pada pasta gigi dikhususkan untuk membersihkan permukaan gigi yang keras sehingga akan terasa kasar dan bisa mengiritasi saat diaplikasikan pada kulit.Beberapa bahaya yang mungkin timbul jika Anda mencoba cara menghilangkan kutil dengan pasta gigi adalah:

1. Memengaruhi kelenjar tiroid

Kandungan triclosan pada pasta gigi dapat berpengaruh negatif pada kelenjar tiroid, terutama pada orang yang sudah memiliki penyakit, seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme.

2. Iritasi

Kandungan baking soda di dalam pasta gigi juga dapat mengakibatkan munculnya kemerahan dan rasa terbakar pada kulit, apalagi jika digunakan secara berlebihan. Selain itu, kandungan sodium lauryl sulfate pada beberapa pasta gigi juga dapat membuat kulit iritasi.

3. Kulit kering

Kandungan menthol dalam pasta gigi mungkin dapat mengakibatkan kulit menjadi kering, terutama jika Anda termasuk pemilik kulit yang sensitif.

Cara menghilangkan kutil yang aman dan efektif

Ketika kutil sudah membuat Anda tidak nyaman, cara paling aman dan efektif untuk menghilangkannya adalah dengan memeriksakannya ke dokter kulit. Dokter akan memberikan obat atau perawatan sesuai kondisi Anda dan memilih metode yang paling membuat Anda nyaman, seperti:

1. Menggunakan obat yang mengandung asam

Pilihan pertama, Anda akan diberi obat yang mengandung asam salisilat untuk mengikis lapisan kutil perlahan-lahan hingga sembuh seperti semula. Jika asam salisilat tidak mempan, Anda akan diresepkan obat yang lebih kuat, misalnya asam trikloroasetat.

2. Cryotherapy (krioterapi)

Dalam prosedur ini, kutil akan dibekukan menggunakan gas nitrogen ketika Anda berkunjung ke klinik dokter. Tujuan terapi ini adalah mematikan jaringan di sekitar kutil sehingga kutil akan mati dan lepas dalam kurun 1-2 minggu. Namun, terapi ini menimbulkan rasa nyeri dan harus dilakukan berulang-ulang sehingga tidak cocok diterapkan pada anak-anak.

3. Operasi kecil

Metode ini sangat sederhana, yakni memotong langsung kutil yang mengganggu lewat operasi sederhana.

4. Sinar laser

Metode ini bertujuan mematikan jaringan di sekitar kutil sehingga akan lepas sendiri. Namun, perawatan ini terasa nyeri dan efektivitasnya masih diragukan.Pengobatan kutil bisa memakan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. Selain itu, ada kemungkinan kutil tetap bisa menyebar atau kembali tumbuh setelah dinyatakan hilang.
kutilhpv
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/155039
Diakses pada 15 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/toothpaste-on-pimples
Diakses pada 15 Juli 2020
Be Beautiful. https://www.bebeautiful.in/all-things-skin/skin-concerns/skin-tag-removal-easy-and-quick-home-remedies
Diakses pada 15 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-warts/diagnosis-treatment/drc-20371131
Diakses pada 15 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait