7 Efek Samping Waxing Wajah, Bukan Cuma Rasa Nyeri


Waxing lain, tujuannya adalah menghilangkan bulu dengan cepat, lengkap dengan akarnya. Namun sebelum melakukannya, pastikan tahu betul apa efek sampingnya.

0,0
29 Sep 2021|Azelia Trifiana
Proses waxing wajahProses waxing wajah
Waxing rambut tubuh mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan waxing wajah? Sama seperti waxing lain, tujuannya adalah menghilangkan bulu dengan cepat, lengkap dengan akarnya. Namun sebelum melakukannya, pastikan tahu betul apa efek sampingnya.Biasanya, orang mempertimbangkan untuk melakukan waxing wajah karena bisa melembutkan wajah untuk waktu cukup lama. Metode ini bisa dilakukan dengan lilin khusus dalam temperatur hangat maupun dingin.

Mengapa orang melakukan waxing wajah?

Beberapa alasan orang memilih facial waxing adalah:
  • Hasil tahan lama

Waxing di area wajah memang menjadi pilihan karena hasilnya lebih tahan lama. Kulit wajah bisa jadi lebih halus dan bisa bertahan nyaris sampai dua bulan kemudian.
  • Lebih presisi

Mengingat area wajah lebih kecil, maka detailnya pun bisa lebih diperhatikan. Ini berbeda dengan shaving yang bisa saja hasilnya tidak rata. Teknik yang tepat jika dilakukan oleh terapis berpengalaman akan memberikan hasil sangat presisi.
  • Lembutnya rambut yang tumbuh kembali

Ketika memasuki fase tumbuh kembali, rambut yang muncul cenderung lebih halus dan kecil. Bahkan, mungkin saja apabila sudah dilakukan secara rutin maka kemungkinan rambut tidak lagi tumbuh.
  • Kelihaian terapis

Terapis berpengalaman tentu memiliki klien yang rela antre demi bisa mendapatkan slot. Ini biasanya berlaku pada layanan mencukur alis karena harus dilakukan oleh orang yang benar-benar tepercaya.

Apa efek sampingnya?

Sayangnya, di saat yang sama ada banyak efek samping dari melakukan waxing wajah. Ini beberapa contohnya:

1. Rasa sakit

Tentu saja, waxing di bagian tubuh manapun akan menimbulkan rasa sakit. Begitu pula dengan di wajah yang cenderung sensitif. Sebagai contoh, area atas bibir mungkin terasa lebih sensitif terhadap rasa sakit ketimbang area dagu. Toleransi rasa sakit juga turut berpengaruh dalam hal ini.

2. Iritasi dan kemerahan

Setelah prosedur dilakukan, facial waxing akan menyebabkan kulit mengalami iritasi dan tampak kemerahan. Ketika disentuh pun akan terasa sensitif. Ingat untuk tidak menggunakan produk skincare berbahan alkohol untuk sementara waktu.

3. Bengkak

Efek samping lain dari waxing wajah adalah munculnya benjolan atau tampak bengkak. Ini akan muncul di area pori-pori yang akar rambutnya ditarik. Biasanya, benjolan ini akan hilang setelah beberapa jam.

4. Sensitif terhadap matahari

Pastikan untuk tidak membuat wajah terpapar sinar matahari langsung setelah melakukan facial waxing. Sebab, proses ini mengangkat lapisan terluar kulit (epidermis) bersamaan dengan rambutnya. Alhasil, kulit akan lebih sensitif terhadap matahari.

5. Reaksi alergi

Produk facial waxing bisa saja mengandung bahan yang memicu reaksi alergi. Untuk mengantisipasinya, coba aplikasikan di lengan dan lihat apakah muncul ruam dalam waktu 24 jam kemudian. Ini bisa membantu menentukan apakah kulit Anda sensitif terhadap produk itu atau tidak.

6. Perdarahan

Selain rasa nyeri, waxing wajah juga kadang menimbulkan perdarahan. Ini normal karena epidermis juga terlepas bersamaan dengan rambut di wajah. Jangan ragu berkonsultasi pada dokter apabila perdarahan yang harusnya berhenti dengan cepat justru terus-menerus terjadi.

7. Infeksi

Ada pula risiko terjadinya infeksi apabila ada luka terbuka atau perdarahan. Risiko ini juga muncul ketika mengaplikasikan produk wax pada luka yang sudah ada sebelumnya. Tanda-tanda infeksi adalah bengkak, panas ketika disentuh, dan keluar cairan seperti nanah.

Mencegah efek samping waxing wajah

Dari beberapa daftar efek samping di atas, rasa sakit dan iritasi mungkin tidak terhindarkan. Seberapa besar rasa sakit pun tergantung pada sensitivitas dan toleransi rasa sakit.Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah efek samping lebih parah. Pastikan mengikuti instruksi yang ada pada produk waxing. Pastikan produk yang digunakan memang didesain khusus untuk wajah. Orang dengan jenis kulit wajah sangat kering, iritasi, atau sedang mengalami sunburn sebaiknya juga menunda perawatan waxing wajah.Begitu pula dengan mereka yang sedang mengalami ruam atau jerawat. Sebaiknya tunda dulu perawatan hingga benar-benar sembuh.Terakhir, percayakan prosedur dilakukan oleh terapis profesional dan berpengalaman. Mereka juga seharusnya memiliki sertifikasi untuk melakukan prosedur semacam ini. Diskusikan terlebih dahulu pilihan sebelum melakukan facial waxing beserta tekniknya.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar efek samping facial waxing, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitkulit dan kecantikanperawatan wajah
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait