Efek Samping Minyak Kayu Putih yang Perlu Anda Perhatikan

(0)
22 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Efek samping minyak kayu putih meliputi keracunan dan iritasi kulitAda efek samping minyak kayu putih yang perlu Anda perhatikan
Minyak kayu putih atau eucalyptus oil merupakan minyak esensial yang banyak dimanfaatkan untuk kesehatan. Minyak kayu putih biasanya digunakan untuk menghangatkan badan, meredakan sakit perut, meringankan masuk angin, melegakan tenggorokan, dan mengatasi masalah pernapasan.Umumnya minyak kayu putih digunakan sebagai obat herbal luar. Namun tidak jarang, ada juga yang menggunakan minyak kayu putih secara oral. Efek samping minyak kayu putih umumnya jarang terjadi pada orang dewasa. Beberapa orang yang tidak menyukai aroma minyak kayu putih dapat merasa pusing dan mual saat menciumnya.

Efek samping minyak kayu putih

Keracunan merupakan efek samping minyak kayu putih yang dapat terjadi bila tidak sengaja mengonsumsinya. Kasus ini jarang terjadi pada orang dewasa.Keracunan minyak kayu putih lebih sering terjadi pada anak-anak. Gejala keracunan minyak kayu putih yang bisa terjadi pada anak-anak, yaitu:Pada pasien dewasa, gejala kejang jarang ditemukan saat keracunan minyak kayu putih. Namun, bukan berarti tidak pernah terjadi.Pada tahun 2019, terdapat laporan kasus di mana dua orang lelaki dewasa di India mengalami kejang karena keracunan minyak kayu putih. Analisa gas darah arteri pada keduanya menunjukkan adanya asidosis metabolik yang parah.Selain itu, berikut adalah efek samping minyak kayu putih yang harus diperhatikan:
  • Keracunan karena penggunaan minyak kayu putih yang tidak diencerkan. Gejala keracunan minyak kayu putih, di antaranya sakit perut, pusing, pupil mata mengecil, kelemahan otot, perasaan tercekik di tenggorokan, rasa terbakar, mual, muntah, dan diare.
  • Iritasi kulit berat dapat terjadi karena penggunaan minyak kayu putih tanpa diencerkan.
  • Penggunaan minyak kayu putih tanpa diencerkan pada kulit juga dapat menyebabkan masalah sistem saraf cukup parah. Selain itu, tidak ada informasi memadai untuk mengetahui secara pasti keamanan minyak kayu putih encer pada permukaan kulit.
  • Risiko keracunan dapat terjadi jika minyak kayu putih dikonsumsi oral sebanyak 3,5 mililiter tanpa diencerkan.
  • Waspadai penggunaan pada anak-anak, baik diminum, dioleskan atau dihirup. Kasus kejang dan gangguan sistem saraf lainnya juga dilaporkan terjadi pada bayi dan anak-anak sebagai efek samping minyak kayu putih.
  • Orang yang alergi pada minyak pohon teh (tea tree oil) sebaiknya menghindari minyak kayu putih, karena keduanya memiliki banyak kandungan senyawa yang sama.
  • Konsumsi minyak kayu putih secara oral dapat memperburuk kondisi sebagian penderita asma, walaupun sebagian pasien asma lainnya merasa gejala menjadi lebih ringan.

Cara menghindari efek samping minyak kayu putih

Walaupun memiliki efek samping, minyak kayu putih yang diproduksi oleh perusahaan tepercaya dengan jaminan mutu umumnya aman digunakan. Berikut ini hal yang harus diperhatikan untuk menghindari efek samping minyak kayu putih:
  • Jangan gunakan minyak kayu putih tanpa pelarut atau tanpa diencerkan.
  • Jangan gunakan minyak kayu putih pada area di dekat mata.
  • Sebaiknya lakukan tes alergi sebelum penggunaan minyak kayu putih. Teteskan minyak kayu putih pada lengan dan tunggu hingga 24 jam. Apabila tidak ada reaksi alergi, maka Anda aman menggunakannya.
  • Hindari penggunaan minyak kayu putih pada saat hamil dan menyusui karena belum banyak diketahui tentang keamanan penggunaan minyak kayu putih selama hamil dan menyusui.
Untuk menghindari efek samping minyak kayu putih, sebaiknya beli produk yang telah memiliki izin edar dan lolos uji. Selain itu, baca anjuran penggunaan dan larangan yang terdapat di setiap kemasan minyak kayu putih.
essential oilminyak atsiri
Biomed Central Journal of Medical Case Report. https://jmedicalcasereports.biomedcentral.com/articles/10.1186/s13256-019-2260-z
Diakses 8 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/266580
Diakses 8 September 2020
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-700/eucalyptus
Diakses 8 September 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/steam-inhalation-with-eucalyptus-essential-oil-88169
Diakses 8 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait