Efek Samping Mengenakan Jepit Rambut yang Sering Dilupakan

(0)
12 Aug 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Jepit rambut dapat mengakibatkan rambut rapuhJepit rambut juga dilakukan dalam hair extension
Jepit rambut adalah salah satu jenis aksesoris rambut yang bisa menaikkan level kecantikan bagian kepala wanita. Secara fungsional, jepit rambut juga berguna menahan anak rambut atau poni agar tidak menutupi bagian mata sehingga penglihatan Anda tidak terganggu.Meski demikian, penggunaan jepit rambut yang salah ternyata bisa mengakibatkan kerusakan rambut, lho. Jepit rambut yang terbuat dari metal alias besi misalnya, berpeluang besar untuk menggores kulit kepala karena ujungnya yang tajam.Selain itu, jepit rambut yang digunakan terlalu kencang bisa membuat rambut menjadi rapuh dan gampang rontok. Bagi Anda yang sering menggunakan aksesori rambut yang satu ini, ada baiknya mengikuti tips pemakaian jepit rambut yang aman agar mahkota kepala Anda tetap sehat sekaligus terlihat menawan.

Efek samping menggunakan jepit rambut

Pada prakteknya, jepit rambut bukan hanya berbentuk aksesori kecil dengan glitter atau tempelan manik-manik yang dapat mempercantik tampilan luar rambut Anda. Jepit rambut juga kerap digunakan pada pemasangan rambut palsu atau ekstensi rambut.Rambut palsu dengan jepit kerap dipilih karena pemasangannya yang praktis, mudah, bisa dilakukan oleh orang dengan skill kecantikan paling dasar, serta bisa disesuaikan dengan panjang rambut Anda. Meskipun demikian, rambut palsu ini tidak bisa digunakan terlalu lama karena berpotensi membuat rambut patah dan lebih rapuh.Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk mencopot jepit rambut di rambut palsu ini sebelum tidur. Mencopotnya pun harus dilakukan dengan perlahan dan tidak dengan menarik rambut agar rambut asli Anda tidak rontok dan rusak.Beberapa pengguna rambut palsu yang dipasang dengan jepit rambut juga bisa mengalami gatal di kulit kepala hingga reaksi dermatitis kontak. Anda sebaiknya menghentikan pemakaian jepit rambut ini jika menemui tanda-tanda kerontokan rambut, seperti:

Tips menggunakan jepit rambut yang aman

Kerusakan rambut akibat penggunaan jepit rambut yang tidak tepat dapat diminimalisir dengan beberapa cara, seperti:
  • Gunakan jepit rambut dengan ujung yang terbuat dari silikon atau karet sehingga tidak terasa tajam dan kemungkinan kecil untuk melukai kulit kepala Anda.
  • Lepaskan jepit rambut sebelum Anda tidur. Tertidur dengan rambut yang terjepit dapat membuat helai rambut lebih rapuh dan kulit kepala rawan terluka.
  • Jika Anda menggunakan jepit rambut untuk mengeriting rambut, jangan terlalu lama meniupnya dengan hair dryer. Jepit rambut yang terbuat dari besi akan menyimpan panas yang tetap bertahan bahkan setelah alat pengering rambut itu dimatikan sehingga rambut bisa rusak dan kering sehingga terlihat pecah-pecah.

Perawatan rambut rusak akibat penggunaan jepit rambut

Jika rambut Anda sudah terlanjur rusak, sebaiknya hentikan penggunaan jepit rambut untuk sementara dan lakukan langkah pemulihan rambut. Tips untuk mengembalikan rambut menjadi sehat, misalnya:
  • Keramas setiap dua hari sekali menggunakan sampo berformula lembut, dilanjutkan dengan kondisioner.
  • Sebisa mungkin, biarkan rambut mengering dengan sendirinya (tanpa hair dryer) sebelum menggunakan jepit rambut.
  • Pastikan jepit rambut yang Anda gunakan tidak berkarat atau terkelupas sehingga dapat menarik rambut dan menyebakan kerontokan.
  • Imbangi dengan konsumsi makanan sehat sehingga kulit kepala akan terjaga dari dalam.
Secara umum, jepit rambut boleh saja digunakan untuk mempercantik rambut. Namun pastikan Anda menggunakannya dengan benar agar rambut juga tetap sehat dan kulit kepala tidak luka.
kesehatan rambut
Healthline. https://www.healthline.com/health/hair-breakage
Diakses pada 28 Juli 2020
AAD. https://www.aad.org/public/diseases/hair-loss/treatment/causes/hairstyles
Diakses pada 28 Juli 2020
Naturally Curly. https://www.naturallycurly.com/curlreading/hairstyles/accessories-and-hairstyles-that-cause-breakage-si
Diakses pada 28 Juli 2020
Philip Kingsley. https://www.philipkingsley.com/hair-guide/hair-care-styling/hair-accessories
Diakses pada 28 Juli 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/hair-extensions-the-new-trend-in-town/
Diakses pada 28 Juli 2020
Consumer Reports. https://www.consumerreports.org/cro/2013/02/the-dangers-of-hair-extensions/index.htm
Diakses pada 28 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait