Efek Samping Masker Putih Telur untuk Wajah yang Harus Diwaspadai

(0)
Efek samping masker putih telur untuk wajah adalah alergiMeski diyakini bermanfaat, ada efek samping masker putih telur untuk wajah yang mungkin mengintai
Manfaat putih telur diyakini dapat menambah kecantikan. Misalnya, mencerahkan dan mengencangkan kulit secara alami. Sayangnya, penggunaan masker putih telur untuk wajah tidak bebas dari efek samping. Ya, ada beberapa efek samping masker putih telur yang dapat mengintai di baliknya.

Efek samping masker putih telur untuk wajah

Efek samping masker putih telur untuk wajah adalah kulit gatal
Kulit gatal setelah pakai masker putih telur pertanda alergi
Ketika digunakan sebagai masker wajah, putih telur menawarkan berbagai manfaat.Mulai dari mengencangkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo putih, menyerap kelebihan minyak, mengurangi garis halus di wajah, hingga mencegah munculnya jerawat.Akan tetapi, manfaat putih telur untuk wajah tersebut tidak sebanding dengan efek samping yang mengintai di baliknya.Terlebih apabila penggunaannya dilakukan dengan tidak aman. Beberapa efek samping masker putih telur untuk wajah, di antaranya:

1. Risiko alergi

Salah satu efek samping masker putih telur untuk wajah adalah risiko alergi. Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, menggunakan masker putih telur untuk wajah mungkin cenderung aman.Akan tetapi, berbeda bagi orang-orang dengan jenis kulit wajah atau masalah kulit tertentu. Apalagi bagi orang yang mempunyai alergi telur, reaksi alergi sebagai efek samping masker putih telur untuk wajah mungkin saja terjadi.Jadi, jika Anda mempunyai alergi terhadap telur, ini berarti bukan hanya Anda tidak boleh makan telur. Tetapi, Anda juga tidak disarankan untuk mengoleskan putih telur sebagai masker wajah.Tergantung pada tingkat keparahan alergi, Anda bisa saja mengalami gejala, seperti kulit gatal, muncul ruam, biduran, hingga kesulitan bernapas sesaat setelah mengoleskan putih telur untuk wajah.Maka dari itu, penting untuk mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker putih telur atau tidak sebelum mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah.

2. Gejala intoleransi telur

Efek samping masker putih telur untuk wajah berikutnya adalah intoleransi telur.Berbeda dengan reaksi alergi, intoleransi telur dapat menyebabkan peradangan dan rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan saat Anda mengonsumsinya.Meski menggunakan masker putih telur untuk wajah, Anda yang mengalami intoleransi telur tetap berisiko merasakan putih telur dalam jumlah kecil di mulut.

3. Iritasi kulit

Iritasi kulit juga menjadi efek samping masker putih telur untuk wajah.Anda dapat mengalami iritasi kulit akibat menggunakan masker putih telur atau masker wajah dari bahan alami lainnya, bahkan tanpa adanya kondisi alergi atau gejala intoleransi sebelumnya.Jika Anda mengalami kulit gatal, kemerahan, atau muncul benjolan ringan setelah mengoleskan masker putih telur untuk wajah, sebaiknya segera bilas wajah sampai bersih dan hentikan penggunaannya.Pasalnya, bisa jadi tanda-tanda tersebut menunjukkan bahwa Anda mengalami iritasi kulit akibat penggunaan masker putih telur. 

4. Infeksi Salmonella

Telur mentah berpotensi menyimpan bakteri Salmonella di dalamnya yang dapat menyebabkan infeksi pencernaan. Inilah yang menjadi efek samping masker putih telur untuk wajah yang tak kalah pentingnya.Oleh sebab itu, mengonsumsi telur disarankan untuk memasaknya dalam waktu lama dengan suhu yang tinggi untuk menghilangkan bakteri Salmonella.Meski jarang terjadi, apabila Anda tidak hati-hati dalam menggunakan masker putih telur untuk wajah, dikhawatirkan tetesan telur mentah tersebut bisa tidak sengaja tertelan ke melalui mulut Anda bersamaan dengan kemungkinan bakteri yang ada di dalamnya.Jika kondisi tersebut terjadi, gejala yang mungkin dialami, antara lain demam yang disertai keluhan saluran cerna yang parah, seperti perut kram, muntah, dan diare, hingga 10 hari lamanya.

5. Infeksi kulit lainnya

Efek samping masker putih telur untuk wajah selanjutnya adalah infeksi kulit. Bahaya menggunakan masker putih telur ini mungkin saja terjadi apabila Anda mengoleskan putih telur pada kulit yang terdapat luka atau goresan.Mengoleskan masker putih telur ke area kulit yang terdapat luka dapat memperburuk kondisi kulit. Sebab, ada kemungkinan bakteri Salmonella yang terdapat dalam putih telur mentah akan masuk ke dalam luka.Akibatnya, Anda bisa mengalami infeksi sehingga proses pemulihan luka pun menjadi semakin lama.

6. Menimbulkan reaksi alergi pada orang lain

Jika pasangan atau anggota keluarga yang tinggal dengan Anda memiliki alergi telur, maka Anda dapat meningkatkan risiko kekambuhan alerginya.Oleh sebab itu, apabila Anda ingin menggunakan masker putih telur untuk wajah sebagai ritual kecantikan, pastikan untuk mengenakan sarung tangan dan lakukan perawatan kecantikan ini hanya pada satu area di rumah.Dengan demikian, Anda tidak menyebarkan tetesan telur di seluruh penjuru rumah.

7. Meninggalkan bau amis

Menggunakan masker putih telur sebagai perawatan kecantikan alami, juga dapat mengontaminasi permukaan benda di rumah, seperti wastafel, meja dapur, meja rias, dan area lainnya.Ini karena saat Anda menggunakan putih telur sebagai masker wajah, tetesan putih telur dapat berisiko jatuh ke lantai rumah sehingga meninggalkan bau amis.

Adakah cara menggunakan masker putih telur untuk wajah yang aman?

Efek samping masker putih telur untuk wajah adalah alergi
Pastikan cek kulit Anda terlebih dulu sebelum mengoleskan masker putih telur
Perlu diketahui bahwa keamanan dan efektivitas masker putih telur untuk wajah sejatinya belum terbukti secara ilmiah.Bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak mempunyai kondisi kulit berarti, boleh-boleh saja untuk menggunakan masker wajah alami ini. Namun, bagi Anda dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu, sebaiknya perlu berhati-hati.Anda dapat mengecek apakah kulit Anda cocok menggunakan masker putih telur atau tidak dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:
  • Oleskan sedikit masker putih telur terlebih dahulu ke beberapa bagian tubuh lain. Misalnya, punggung tangan, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.
  • Tunggu selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas area kulit dengan air sampai benar-benar bersih.
  • Kemudian, lihatlah reaksi kulit Anda.
  • Jika kulit mengalami kemerahan, terasa perih dan gatal, bengkak, atau tanda-tanda alergi kulit lainnya, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan masker putih telur untuk wajah.
  • Sebaliknya, apabila tidak muncul reaksi alergi, maka Anda dapat menggunakan masker putih telur untuk wajah.
Kalau ingin menggunakan masker putih telur untuk wajah, pastikan Anda sudah membersihkan wajah terlebih dahulu. Kemudian, cuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah memecahkan telur.Selain itu, jangan mengoleskan masker putih telur pada area kulit wajah yang sedang mengalami luka. Bakteri yang terdapat dalam putih telur mungkin saja masuk dan menginfeksi luka tersebut.

Tips mengencangkan dan mencerahkan kulit selain dengan masker putih telur

Kulit wajah yang kencang dan cerah tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita.Namun, produk perawatan kulit yang direkomendasikan oleh dokter serta beberapa bahan alami tertentu akan lebih efektif dan aman digunakan dibandingkan masker wajah putih telur karena sudah terbukti secara klinis.Beberapa produk perawatan kulit dengan kandungan tertentu yang lebih efektif dan aman digunakan, yakni:
  • Minyak kelapa untuk melembapkan kulit
  • Ekstrak teh hijau untuk meminimalisir peradangan dan kerusakan sel-sel kulit
  • Alpha Hydroxy acid (AHA) untuk mengeksfoliasi sel kulit mati
  • Niacinamide (vitamin B3) untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari
  • Retinoid yang mengandung turunan vitamin A
  • Vitamin C untuk mencerahkan kulit
Dibanding manfaatnya, masker putih telur ternyata juga dapat berisiko menimbulkan efek samping tertentu.Maka dari itu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan masker wajah dari putih telur.Dokter kulit bisa membantu Anda dalam menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakan masker putih telur atau tidak.Dengan demikian, manfaat masker putih telur untuk wajah bisa Anda dapatkan dengan efektif, optimal, dan tetap aman.Anda pun juga dapat terhindar dari risiko efek samping masker putih telur untuk wajah yang membahayakan.
perawatan kulittelurmasker wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/egg-white-for-face#alternatives
Diakses pada 14 Agustus 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323602#risks-and-considerations
Diakses pada 14 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait