Tidak Selamanya Baik, Ini Efek Kelebihan Vitamin E


Jika sesuai anjuran, mungkin tidak ada efek samping minum vitamin E setiap hari. Akan tetapi, kelebihan vitamin E juga tidak baik. Anda perlu waspada jika saat minum vitamin E dosis tinggi muncul gejala diare, mual, dan kelelahan. Dalam kasus ekstrem, kelebihan vitamin E bisa menyebabkan perdarahan.

0,0
dampak kelebihan vitamin eMeski baik bagi tubuh, kelebihan vitamin E juga bisa membawa efek samping negatif
Vitamin E memainkan peran penting bagi kesehatan. Namun, kelebihan vitamin E juga dapat berdampak negatif bagi tubuh. 
Manfaat vitamin E dikenal luas sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari stres oksidatif, termasuk menjaga kesehatan kulit, mengatasi peradangan kronis pada diabetes dan osteoporosis, serta menjaga sistem kardiovaskuler dan saraf. Apa jadinya jika tubuh kelebihan asupan vitamin E? Simak ulasan lengkap mengenai efek samping mengonsumsi vitamin E dan cara mengatasinya berikut ini. 

Efek samping mengonsumsi vitamin E setiap hari 

Vitamin E adalah vitamin esensial larut lemak yang berasal dari makanan atau suplemen. Artinya, tubuh tidak bisa menghasilkan vitamin E untuk memenuhi kebutuhan. Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) laki-laki dan perempuan berusia 13-64 tahun memiliki kebutuhan vitamin E sebanyak 15 mcg. Sementara itu, kebutuhan vitamin E untuk ibu hamil dan menyusui adalah 19 mcg.Batas atas atau upper level (UL) vitamin E yang ditoleransi tubuh melalui makanan dan suplemen tanpa komplikasi adalah 1.000 mg. Namun, para ahli menyatakan sebaiknya tidak mengonsumsi vitamin E lebih dari 400 IU per hari.Mengingat vitamin ini termasuk vitamin larut lemak, kelebihan vitamin E dalam tubuh akan menumpuk di lemak tubuh. Kelebihan vitamin E dari angka kecukupan yang dianjurkan ini bisa mengarah pada berbagai gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa efek samping kelebihan vitamin E yang perlu Anda waspadai, antara lain:

1. Perdarahan dan gangguan pembekuan darah 

Asupan vitamin E yang berlebihan dapat menyebabkan pengenceran darah dan perdarahan yang fatal. Kondisi ini juga bisa menyebabkan gangguan pembekuan darah yang merupakan pertahanan alami tubuh jika terjadi pendarahan. 

2. Stroke hemoragik

Pecah pembuluh darah otak dapat terjadi akibat overdosis vitamin E
Pecah pembuluh darah otak dapat terjadi akibat overdosis vitamin E
Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, perdarahan juga bisa terjadi di otak yang menyebabkan stroke hemoragik.Stroke hemoragik adalah perdarahan yang terjadi di otak akibat pecahnya pembuluh darah otak. Hal ini bisa terjadi akibat kelebihan vitamin E. Bahkan, sebuah penelitian menyatakan bahwa konsumsi vitamin E 180 mg per hari dapat meningkatkan risiko stroke

3. Kanker prostat

Dikutip dari Mayo Clinic, minum vitamin E secara berlebih bisa meningkatkan risiko kanker prostat. Hal yang sama terungkap dalam jurnal JAMA bahwa pria sehat yang mengonsumsi suplemen vitamin E hingga 400 IU per hari memiliki risiko terkena kanker prostat. 

4. Interaksi obat 

Vitamin E mungkin saja menyebabkan interaksi obat. Interaksi obat ini dapat menyebabkan kerja obat tidak maksimal, atau meningkatkan risiko efek samping.Konsumsi vitamin E memiliki kemungkinan berinteraksi negatif dengan beberapa jenis obat, yaitu:Jika Anda rutin menggunakan jenis obat tersebut, konsultasikan dengan dokter jika ingin mengonsumsi suplemen vitamin E. Pasalnya, penggunaan vitamin E bisa berpotensi mengganggu kerja obat jika dikonsumsi lebih dari 300 mg per hari. 

5. Kematian

Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa asupan vitamin E yang berlebih terkait dengan risiko kematian yang lebih tinggi dari berbagai penyebab, salah satunya perdarahan hebat. Dalam jurnal Canadian Family Physician diketahui bahwa konsumsi vitamin E lebih dari 400 IU per hari meningkatkan risiko kematian. Hal ini berkaitan dengan peningkatan risiko kerusakan oksidatif yang justru memberi efek negatif bagi tubuh. 

Cara mengatasi kelebihan vitamin E

Kelebihan vitamin E dapat menyebabkan diare, mual, dan kelelahan
Kelebihan vitamin E dapat menyebabkan diare, mual, dan kelelahan
Menghentikan penggunaan suplemen vitamin E merupakan cara utama mengatasi keracunan vitamin E. Namun, jika sudah terjadi komplikasi yang lebih serius, segera ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis. Dokter mungkin akan melakukan tes vitamin E yang bertujuan untuk mengetahui kadar vitamin E dalam tubuh. Selain komplikasi serius, kelebihan vitamin E juga dapat menyebabkan menyebabkan diare, mual, dan kelelahan. Anda sebaiknya waspada dengan tanda-tanda di atas bisa sedang mengonsumsi vitamin E dosis tinggi.Sebagai bentuk antisipasi, pastikan Anda tidak mengonsumsi vitamin E harian lebih dari 1.000 untuk mencegah keracunan atau overdosis vitamin E yang berujung gangguan kesehatan. 

Catatan dari SehatQ

Vitamin E bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi dengan tepat. Kelebihan konsumsi vitamin E hingga melebihi 400 IU per hari bisa berdampak pada gangguan kesehatan hingga kematian. Sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan vitamin E dari makanan, seperti minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayur. Hindari konsumsi suplemen vitamin E dosis tinggi, kecuali jika Anda mengalami kekurangan nutrisi. Konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi suplemen vitamin E, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu. Jika masih ada pertanyaan seputar efek kelebihan vitamin E, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!
vitaminvitamin ehidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/all-about-vitamin-e
Diakses pada 10 oktober 2021
StatPearls. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK564373/
Diakses pada 10 oktober 2021
Kementerian Kesehatan RI. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
Diakses pada 10 oktober 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-e-overdose#overdose
Diakses pada 10 oktober 2021
National Institute of Health. https://ods.od.nih.gov/factsheets/VitaminE-HealthProfessional/
Diakses pada 10 oktober 2021
Medline Plus. https://medlineplus.gov/lab-tests/vitamin-e-tocopherol-test/
Diakses pada 10 oktober 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-vitamin-e/art-20364144
Diakses pada 10 oktober 2021
JAMA. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4169010/
Diakses pada 10 oktober 2021
Canadian Family of Physicians. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1479533/
Diakses pada 10 oktober 2021
Web MD. https://www.webmd.com/food-recipes/news/20050315/vitamin-e-harms-more-than-helps
Diakses pada 10 oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait