Efek Samping Kacang Hijau yang Tidak Boleh Anda Abaikan

(0)
25 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Efek samping kacang hijau yang berbahaya adalah reaksi alergi parahKacang hijau juga punya efek samping yang bisa berbahaya bagi kesehatan
Kacang hijau merupakan salah satu sumber makanan bergizi bagi balita hingga orang lanjut usia. Walaupun ada efek samping kacang hijau, kacang ini lebih dikenal karena manfaatnya. Kacang hijau biasanya dikonsumsi dengan dibuat bubur. Kacang ini juga kerap dijadikan olahan manis seperti gandasturi atau olahan asin seperti rempeyek.Kacang hijau juga banyak dikonsumsi dalam bentuk kecambah, yang lebih dikenal dengan sebutan taoge. Kecambah kacang hijau termasuk jenis sayuran yang banyak digunakan pada berbagai jenis masakan.Di samping manfaatnya, ada beberapa efek samping kacang hijau yang perlu Anda waspadai. Apa saja efek samping tersebut?

Efek samping kacang hijau

Kandungan gizi kacang hijau tergolong lengkap, mulai dari vitamin, mineral, serat, protein, hingga karbohidrat. Hingga saat ini, hampir tidak ada informasi terkait masalah keamanan konsumsi kacang hijau.Namun, bukan berarti tidak ada efek samping kacang hijau sama sekali. Khususnya jika kacang hijau atau taoge dikonsumsi secara berlebihan dengan cara memasak yang salah.

1. Kelebihan serat dapat mengganggu pencernaan

Sama halnya pada jenis kacang-kacangan lain yang mengandung serat tinggi, konsumsi kacang hijau berlebihan berpotensi menyebabkan masalah pencernaan.Beberapa masalah pencernaan yang mungkin terjadi, yakni mulas atau sakit perut, kembung, mual, diare, gangguan penyerapan nutrisi, dan lain sebagainya.

2. Dapat menyebabkan alergi

Tidak hanya pada kacang tanah, alergi kacang hijau juga bisa terjadi. Beberapa reaksi yang mungkin muncul dikarenakan alergi kacang hijau, di antaranya gatal-gatal, eksim, gangguan pencernaan (sakit perut, diare, mual, dan muntah), hingga sesak napas.

3. Risiko infeksi bakteri

Kacang hijau memiliki antioksidan tinggi dengan mayoritas berupa senyawa vitexin dan isovitexin. Kandungan tertinggi antioksidan dalam kacang hijau ada di fase kecambah (taoge).Namun, di sisi lain, pada fase ini juga kacang hijau memiliki risiko infeksi bakteri. Cara panen dan penyimpanan yang tidak higienis dapat menyebabkan kecambah kacang hijau mengandung bakteri penyebab penyakit, seperti E. coli dan Salmonella.      

Menghindari efek samping kacang hijau

Supaya Anda terhindar dari efek samping kacang hijau, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Konsumsi kacang hijau dengan porsi secukupnya agar terhindar dari efek samping kelebihan serat. Saat makan banyak serat, iringi dengan minum air yang lebih banyak.
  • Jika Anda kerap mengalami gejala-gejala, seperti diare, kembung, pusing, atau mual, setelah mengonsumsi kacang hijau, sebaiknya hindari makanan ini.
  • Jika Anda memiliki alergi pada jenis kacang-kacangan lain, sebaiknya Anda lebih waspada karena bisa jadi Anda juga alergi pada kacang hijau.
  • Apabila setelah konsumsi kacang hijau muncul gejala alergi berat, segera hubungi layanan medis terdekat meskipun reaksi tersebut baru pertama kali terjadi. Perlu diingat bahwa seseorang yang sebelumnya tidak pernah memiliki riwayat alergi, dapat memiliki alergi di kemudian hari (usia dewasa). Hal ini belum diketahui pasti penyebabnya.
  • Konsumsi kacang hijau dan taoge dalam kondisi matang agar terhindar dari infeksi bakteri.
  • Saat hendak memasak taoge, cuci bersih kecambah secara menyeluruh. Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudahnya dengan air hangat dan sabun untuk menghindari penularan bakteri.
  • Simpan taoge di dalam lemari es dan buang segera jika sudah terlihat menghitam (busuk), berlendir dan berbau tak sedap.
Itulah efek samping kacang hijau bagi kesehatan dan cara menghindarinya. Sebagai tambahan, FDA (BPOM-nya Amerika Serikat) mengingatkan bahwa seseorang yang memiliki sistem imun lemah harus menghindari makan kecambah mentah, termasuk salah satunya adalah kecambah kacang hijau.
makanan sehatalergi kacang
Dr. Axe. https://draxe.com/nutrition/mung-beans-nutrition/
Diakses 13 September 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/amazing-benefits-of-mung-beans/
Diakses 13 September 2020
Good Health All. https://goodhealthall.com/side-effects-eating-many-mung-bean-sprouts/
Diakses 13 September 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/allergies/can-you-develop-allergies
Diakses 13 September 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/food-allergy/expert-answers/food-allergy/faq-20058483
Diakses 13 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait