Efek Samping Daun Sirsak Ini Bisa Berdampak Buruk bagi Kesehatan

(0)
07 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Efek samping daun sirsak bisa berbahaya bagi kesehatanDaun sirsak juga punya efek samping seperti buahnya
Khasiat sirsak sudah banyak dimanfaatkan secara tradisional. Salah satunya dalam bentuk teh daun sirsak yang banyak digunakan untuk diperoleh manfaatnya. Hal tersebut berkaitan dengan berbagai klaim yang mengatakan daun sirsak mampu mengatasi macam-macam penyakit. Namun seiring berbagai penelitian yang dilakukan, efek samping daun sirsak juga mulai terungkap.Dikutip dari situsweb resmi Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, dr. Haidar Alatas, Sp.PD. KGH, seorang dokter ahli penyakit dalam dari Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas mengungkapkan bahwa penggunaan suplemen sirsak, termasuk daun sirsak, memiliki manfaat mengontrol LDL (kolesterol jahat) dan HDL (kolesterol baik) dalam darah pada penderita darah tinggi. Selain itu, suplemen daun sirsak juga dapat menurunkan kelebihan trigliserida.Daun sirsak yang diolah menjadi teh juga telah banyak dimanfaatkan untuk mengobati infeksi, batuk, herpes, radang tenggorokan, atau menurunkan berat badan. Bahkan, ada juga yang menggunakannya untuk relaksasi dan mengatasi mual.Annonaceous acetogenins, yakni senyawa aktif yang terdapat pada kulit kayu, ranting, dan daun sirsak, memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Namun, sebaiknya jangan konsumsi daun sirsak sembarangan. Dari sekian banyak manfaatnya, efek samping daun sirsak juga perlu dikenal dan diwaspadai.

Efek samping daun sirsak

Khasiat daun sirsak yang paling banyak digembar-gemborkan adalah kemampuannya untuk menyembuhkan kanker. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada hasil penelitian terhadap penderita kanker yang dapat mengonfirmasi klaim tersebut.Terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan acetogenins pada sirsak mampu membunuh beberapa jenis sel kanker. Namun demikian, beberapa penelitian tersebut masih terbatas pada uji labolatorium dan menggunakan hewan uji.Di sisi lain, senyawa yang terdapat pada daun sirsak dapat memberikan efek samping yang tidak main-main dan perlu diwaspadai. Para ahli mengungkapkan bahwa penggunaan berulang dapat menyebabkan beberapa efek samping daun sirsak yang membahayakan, seperti:
  • Keracunan hati
  • Keracunan ginjal
  • Mieloneuropati (kerusakan saraf dengan gejala mirip penyakit Parkinson)
  • Penggunaan dalam jangka waktu lama juga dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai jenis penyakit saraf lainnya.
  • Senyawa pada daun sirsak telah terbukti mengurangi serapan radiofarmasi sehingga dapat memengaruhi pencitraan nuklir.
Kandungan pada daun sirsak mampu menurunkan gula darah dan tekanan darah tinggi. Maka sebaiknya jangan minum teh daun sirsak jika Anda sedang mengonsumsi obat penurun gula darah atau penurun tekanan darah. Konsumsi daun sirsak bersama obat penurun gula darah juga dapat menyebabkan ketergantungan.

Menghindari efek samping daun sirsak

Jika Anda atau orang terdekat mengidap penyakit kanker, sebaiknya jangan sembarangan mengonsumsi obat alternatif, termasuk daun sirsak. Penggunaan daun sirsak yang tidak tepat malah bisa membawa efek buruk bagi kesehatan.Selain itu, untuk menghindari efek samping daun sirsak, perhatikan hal-hal berikut ini:
  • Sama halnya dengan penggunaan suplemen atau herbal lainnya, sebelum mengonsumsi daun sirsak ada baiknya Anda berkonsultasi dengan ahli kesehatan terlebih dahulu
  • Jangan pernah mengosumsi teh daun sirsak saat sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah atau penurun gula darah.
  • Jangan konsumsi teh daun sirsak secara berlebihan
  • Jangan konsumsi teh daun sirsak dalam jangka panjang
  • Jangan konsumsi teh daun sirsak jika memiliki penyakit hati atau ginjal. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
Setelah mengetahui efek samping daun sirsak, Anda khawatir berlebihan terhadap buah sirsak ataupun teh daun sirsak. Konsumsilah secara wajar bersama makanan lain seperti biasa. Mengonsumsi buah atau daun sirsak dalam jumlah yang wajar tidak terbukti membawa dampak yang membahayakan.
tanaman obatsirsak
Universitas Gajah Mada
https://www.ugm.ac.id/en/news/16544-studies-in-soursop-supplement-effect-in-people-with-hypertension
Diakses 25 Agustus 2020
Very Well Fit
https://www.verywellfit.com/soursop-tea-benefits-and-side-effects-4163737
Diakses 25 Agustus 2020
Memorial Sloan Kettering Cancer Center
https://www.mskcc.org/cancer-care/integrative-medicine/herbs/graviola
Diakses 25 Agustus 2020
Cancer Research UK
https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/cancer-in-general/treatment/complementary-alternative-therapies/individual-therapies/graviola
Diakses 25 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait