logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Waspadai Efek Samping Asam Jawa untuk Kondisi Medis Ini

open-summary

Efek samping asam jawa bisa mengintai kondisi kesehatan tertentu, khususnya jika dikonsumsi secara berlebihan. Salah satu efek samping asam jawa adalah reaksi alergi dan gejala asam lambung.


close-summary

24 Agt 2020

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Efek samping asam jawa bagi kesehatan

Efek samping asam jawa bila dikonsumsi berlebihan adalah alergi, gejala asam lambung naik, hingga peningkatan gula darah

Table of Content

  • Kandungan nutrisi asam jawa dan manfaatnya bagi tubuh
  • Efek samping asam jawa untuk kesehatan
  • Apakah ada efek samping asam jawa bagi ibu hamil?

Asam jawa dikenal sebagai bahan penyedap masakan atau jamu tradisional yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Sayangnya, belum banyak yang memahami efek samping asam jawa bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Terutama apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Advertisement

Kandungan nutrisi asam jawa dan manfaatnya bagi tubuh

Bagi Anda yang gemar hidangan sayur asem ataupun jamu tradisional, tentu sudah tak asing lagi dengan rempah asam jawa atau tamarind.

Asam jawa adalah jenis buah yang memiliki nama ilmiah Tamarindus indica. Populasi tanaman ini mayoritas tumbuh di Afrika, India, Pakistan, dan negara dengan wilayah tropis lainnya.

Tak hanya dapat meningkatkan cita rasa pada masakan atau minuman jamu tradisional, asam jawa sering dianggap memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.

Asam jawa kerap digunakan sebagai obat untuk mengatasi diare, sembelit, demam, dan tukak lambung.

Kandungan polifenol sebagai antioksidan dan antiradang di dalam asam jawa mampu melindungi tubuh dari berbagai ancaman penyakit, seperti jantung, kanker, atau diabetes.

Ekstrak bijinya diyakini dapat membantu menurunkan gula darah, sedangkan ekstrak daging buah asam jawa dipercaya dapat menurunkan berat badan dan menyembuhkan penyakit perlemakan hati. Kulit kayu dan daun tanaman asam jawa juga digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka.

Manfaat kunyit asam berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Kandungan nutrisi kunyit asam, meliputi:

  • 287 kalori
  • 6 gram serat
  • 3 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 28% rekomendasi asupan harian (RAH) magnesium
  • 22% rekomendasi asupan harian kalium
  • 19% rekomendasi asupan harian zat besi
  • 9% rekomendasi asupan harian kalsium
  • 14% rekomendasi asupan harian fosfor
  • 34% rekomendasi asupan harian vitamin B1 (thiamin)
  • 11% rekomendasi asupan harian vitamin B2 (riboflavin)
  • 12% rekomendasi asupan harian vitamin B3 (niacin)

Asam jawa juga mengandung berbagai vitamin dan mineral lainnya, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B5 (asam pantotenat), asam folat, tembaga, dan selenium.

Tak ayal apabila buah berwarna kecoklatan ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, seperti meredakan peradangan, meringankan gangguan pencernaan, menurunkan berat badan, mencegah atherosclerosis, mencegah penyakit kronis, hingga merawat kulit dan rambut.

Efek samping asam jawa untuk kesehatan

Memang ada berbagai manfaat asam jawa untuk kesehatan yang bisa dipetik. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki kondisi medis tertentu, ada efek samping asam jawa yang mungkin dapat timbul setelah mengonsumsinya, baik dalam campuran bahan masakan atau minuman.

Untuk lebih jelasnya, simak efek samping asam jawa berikut ini.

1. Reaksi alergi

Efek samping asam jawa yang utama adalah alergi
Kulit gatal sesaat setelah konsumsi asam jawa pertanda alergi

Salah satu efek samping asam jawa adalah reaksi alergi. Ya, bagi orang-orang yang rentan mengalami alergi makanan, termasuk alergi terhadap asam jawa, mungkin akan mengalami berbagai reaksi sesaat setelah mengonsumsinya.

Reaksi alergi yang mungkin muncul, di antaranya kulit gatal, meradang, ruam, sensasi pedas menusuk, pusing, mual, pingsan, hingga sesak napas.

2. Mengikis enamel gigi

Efek samping asam jawa apabila dikonsumsi secara berlebihan adalah mampu mengikis enamel gigi. Hal ini karena kandungan asam yang tinggi pada buah tamarind.

Jika Anda sering mengonsumsi asam jawa, paparan zat asam terus-menerus yang diterima oleh gigi semakin mengikis enamel gigi hingga melemahkan struktur permukaan gigi.

Jadi, apabila Anda ingin terhindar dari efek samping asam jawa satu ini, alangkah baiknya untuk mengonsumsi asam jawa dalam jumlah yang wajar.

3. Gejala asam lambung naik

Efek samoing asam jawa dapat meningkatkan gejala asam lambung
Salah satu gejala asam lambung naik adalah heartburn

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asam jawa merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan asamnya.

Hal inilah yang dapat menimbulkan efek samping asam jawa apabila dikonsumsi berlebihan pada penderita asam lambung naik.

Ketika Anda makan asam jawa dalam bentuk buah utuh atau meminumnya dalam bentuk cairan, asam akan menumpuk terlalu banyak di dalam perut bersama asam yang diproduksi oleh lambung.

Kondisi itulah yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung ke kerongkongan sehingga gejala asam lambung meningkat atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dapat muncul.

4. Meningkatkan kalori dalam tubuh

Meski diyakini dapat menurunkan berat badan, asam jawa mengandung 287 kalori. Jumlah kalori tersebut cukup tinggi apabila dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya.

Bagi orang-orang yang sedang mengendalikan asupan kalori harian pada tubuh, efek samping asam jawa ini mungkin saja mengintai apabila dikonsumsi secara berlebihan.

5. Meningkatkan risiko perdarahan

Efek samping asam jawa selanjutnya adalah meningkatkan risiko perdarahan. Hal ini dapat terjadi apabila Anda mengonsumsi asam jawa bersamaan dengan minum obat-obatan tertentu dari dokter secara rutin.

Beberapa jenis obat-obatan yang dapat meningkatkan risiko perdarahan saat mengonsumsi asam jawa adalah

6. Efek laksatif

Diare bisa jadi efek samping asam jawa
Minum obat pencahar dan asam jawa bersamaan bisa memperparah diare

Salah satu manfaat asam jawa adalah dapat membantu mengatasi diare. Namun, jika Anda sedang menggunakan obat pencahar, sebaiknya jangan mengonsumsi asam jawa untuk mengobatinya secara bersamaan agar terhindar dari efek sampingnya.

7. Meningkatkan gula darah dengan ekstrem

Bagi penderita diabetes, sebaiknya perlu berhati-hati dalam mengonsumsi asam jawa. Pasalnya, efek samping asam jawa dapat meningkatkan gula darah secara ekstrem.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, penderita diabetes yang mengonsumsi obat herbal dari asam jawa berisiko mengalami peningkatan gula darah secara drastis atau dikenal dengan hiperglikemia.

Alangkah baiknya, penderita diabetes melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan konsumsi asam jawa.

8. Meningkatkan tekanan darah

Meningkatkan tekanan darah juga menjadi efek samping asam jawa. Hal ini karena buah asam jawa diketahui mengandung efek vasokonstriktor yang dapat meningkatkan aktivitas penyempitan pembuluh darah.

Pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, mengonsumsi asam jawa dapat meningkatkan risiko aliran darah yang lambat. Bahkan, kemungkinan menyumbat pembuluh darah penderita sepenuhnya.

9. Batu kantong empedu

Sebuah studi observasi yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan India menemukan bahwa konsumsi asam jawa secara berlebihan dapat meningkatkan pembentukan batu di kantong empedu.

Kondisi tersebut dapat menimbulkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit kuning, demam akut, kram perut, mual, muntah, masalah pencernaan, masalah liver, dan lainnya.

Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan efek samping asam jawa satu ini.

Apakah ada efek samping asam jawa bagi ibu hamil?

Pada dasarnya, ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asam jawa selama dalam jumlah yang wajar.

Efek samping asam jawa untuk ibu hamil mungkin muncul apabila Anda mengonsumsinya secara berlebihan. Konsumsi asam jawa berlebihan pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko ketidakseimbangan gula darah dan membahayakan tekanan darah.

Kendati demikian, masih belum banyak hasil penelitian yang menyebutkan efek samping asam jawa bagi ibu hamil dengan lebih jelas. 

Jika ingin mengonsumsi asam jawa, alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter guna mendapatkan rekomendasi asupan asam jawa untuk menu harian yang tepat bagi ibu hamil.

Baca Juga

  • 8 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan Tubuh serta Cara Mengonsumsinya
  • Apa Benar Obat Peninggi Badan Efektif untuk Meninggikan Badan?
  • Bisa Jadi Pengganti Daging, Kenali Manfaat Jamur Portobello Ini

Konsumsi asam jawa dalam batas yang wajar sebenarnya aman-aman saja bagi tubuh.

Meski demikian, efek samping asam jawa mungkin dapat dialami oleh beberapa orang dengan kondisi kesehatan tertentu. Terlebih apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, sebaiknya selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jumlah wajar konsumsi asam jawa dan olahannya sesuai kondisi Anda.

Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari efek samping asam jawa yang membahayakan.

Advertisement

penyakithidup sehat

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved