6 Efek Samping Air Kelapa yang Harus Diwaspadai

(0)
04 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Efek samping air kelapa dapat mengganggu fungsi ginjal.Efek samping air kelapa harus diwaspadai!
Efek samping air kelapa sering kali diremehkan. Padahal jika diminum berlebihan, air kelapa bisa mendatangkan kerugian bagi yang mengonsumsinya.Air kelapa memang menyegarkan, apalagi diminum saat dingin-dinginnya. Namun siapa sangka, minuman yang mengandung banyak nutrisi ini bisa menimbulkan efek samping?Untuk mengenal efek samping air kelapa lebih jauh, berikut adalah penjelasan ilmiahnya supaya Anda bisa terhindar dari efek samping minuman ini.

Efek samping air kelapa yang harus diwaspadai

Tak ada yang memungkiri khasiat dari air kelapa. Namun, apa pun yang dikonsumsi berlebihan biasanya daoat menimbulkan kerugian, termasuk air kelapa ini. Berikut adalah berbagai efek samping air kelapa yang harus Anda waspadai.

1. Meningkatkan kadar kalium di dalam tubuh

Kalium adalah mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun, jika tubuh mengalami  kelebihan kalium, ada beberapa dampak negatif yang dapat terjadi.Air kelapa mengandung kalium yang sangat tinggi. Dalam satu cangkir (240 mililiter) air kelapa saja sudah mengandung 17 persen rekomendasi asupan harian (RAH) kalium.Jika diminum secara berlebihan, air kelapa dapat menyebabkan hiperkalemia (kelebihan kalium dalam tubuh). Saat kadar kalium di dalam tubuh terlalu tinggi, gejala-gejala merugikan ini bisa terjadi:
  • Lemah lesu
  • Mati rasa dan kesemutan
  • Mual dan muntah
  • Sakit dada
  • Irama jantung tak beraturan.
Dalam kasus yang ekstrem, hiperkalemia dapat menyebabkan gagal jantung. Jika tidak segera mendapatkan penanganan, jantung bisa berhenti berdetak.Efek samping air kelapa yang satu ini tidak boleh diremehkan karena berpotensi menimbulkan banyak kerugian pada kesehatan.Dalam sebuah kasus, disebutkan bahwa seorang pria mengalami hiperkalemia setelah mengonsumsi air kelapa berlebihan sehabis bermain tenis di bawah teriknya sinar matahari yang menyengat.

2. Menurunkan tekanan darah

Bagi penderita tekanan darah rendah, ada baiknya Anda berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi air kelapa. Sebab, mengonsumsi air kelapa secara berlebihan dipercaya dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan.Tekanan darah yang rendah dapat menimbulkan beberapa gejala merugikan, sebut saja pusing, pingsan, penglihatan buram, mual, lelah, dan sulit berkonsentrasi.

3. Mengganggu fungsi ginjal

Air kelapa
Efek samping air kelapa bisa mengganggu fungsi ginjal
Bagi orang yang ginjalnya tak berfungsi dengan baik, Anda disarankan untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi air kelapa.Alasannya adalah air kelapa mengandung kadar kalium yang tinggi. Jika tubuh menerima asupan kalium berlebihan, ginjal akan semakin kesulitan untuk mengeluarkannya lewat urine.

4. Reaksi alergi

Alergi air kelapa memang sangat langka, tetapi bukan berarti kondisi ini tak bisa terjadi. Berbagai macam reaksi alergi, seperti ruam kulit, mual, batuk, hidung tersumbat hingga pembengkakan, bisa terjadi jika Anda memiliki alergi air kelapa.Bahkan, alergi terhadap air kelapa dapat menyebabkan anafilaksis, yakni reaksi alergi yang sangat berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa.

5. Bertindak sebagai pencahar

Efek samping air kelapa berikutnya dapat dirasakan oleh mereka yang memiliki masalah pada sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena kelapa dipercaya memiliki sifat pencahar.Jika air kelapa dikonsumsi secaara berlebihan, sistem pencernaan akan terganggu. Maka dari itu, bagi mereka yang punya masalah sistem pencernaan, disarankan untuk berkonsultasi pada dokter sebelum Anda mengonsumsi air kelapa.

6. Bersifat diuretik

Air kelapa
Efek samping air kelapa harus diwaspadai
Efek samping air kelapa selanjutnya datang dari sifat diuretik yang dimilikinya. Jadi, mengonsumsi air kelapa berlebihan dapat membuat Anda sering ke kamar mandi untuk buang air kecil.Apabila diminum dengan porsi yang tepat, air kelapa dapat menghidrasi tubuh. Namun, jika diminum secara berlebihan, tidak menutup kemungkinan berbagai efek samping di atas bisa terjadi.

Catatan dari SehatQ:

Air kelapa memang menyehatkan, apalagi jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Namun ingat, jika Anda mengonsumsinya berlebihan, berbagai efek samping air kelapa di atas bisa saja terjadi.Selain itu, ingatlah bahwa air kelapa lebih baik diminum setelah buahnya dibelah. Sebab, jika ditinggalkan terlalu lama, air kelapa akan kehilangan nutrisinya sehingga tak dapat disebut sebagai minuman sehat lagi.
penyakitmakanan sehatbuah dan sayuranair kelapa
Healthline. https://www.healthline.com/health/high-potassium-hyperkalemia#symptoms
Diakses pada 21 Agustus 2020
Web MD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1261/coconut-water#:~:text=Side%20Effects%20%26%20Safety&text=It%20might%20cause%20fullness%20or,kidney%20problems%20and%20irregular%20heartbeat.
Diakses pada 21 Agustus 2020
Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/disadvantages-of-coconut-water/
Diakses pada 21 Agustus 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/low-blood-pressure/symptoms-causes/syc-20355465
Diakses pada 21 Agustus 2020
Very Well Health. https://www.verywellhealth.com/the-coconut-allergy-diet-guide-1324149
Diakses pada 21 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait