Panggilan Sayang untuk Pasangan, Si Penanda Keharmonisan

(0)
18 Nov 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Panggilan sayang untuk pasangan bisa menunjukkan rasa cintaPanggilan sayang bisa menunjukkan rasa cinta pada pasangan.
Pernah lihat remaja berpacaran dan saling panggil mama dan papa? Meski cukup populer, kebiasaan tersebut bagi banyak orang masih terdengar lucu dan menggelikan. Padahal nyatanya, panggilan sayang satu sama lain, menandakan hubungan cinta yang harmonis.Tentu, tidak semua panggilan sayang menandakan hal tersebut. Sebab, ada panggilan tertentu yang dianggap panggilan sayang oleh satu pihak, tapi oleh pihak lain dianggap merendahkan atau bahkan menyinggung. 

Panggilan sayang dan keharmonisan hubungan pasangan

Panggilan sayang untuk pacar atau suami dan istri sebenarnya adalah salah satu dari sekian banyak hal yang menunjukkan rasa cinta dan kepedulian terhadap pasangan. Panggilan lucu dan panggilan kesayangan, bersama dengan topik pembicaraan atau cara bercanda yang hanya diketahui oleh pasangan tersebut, merupakan bahasa tersendiri yang terbentuk seiring komunikasi yang terus berjalan.Dalam ilmu psikologi, hal ini dinamakan sebagai personal idiom. Jika pasangan sudah memiliki personal idiom, maka tandanya hubungan yang mereka jalani sudah kuat.Beberapa pasangan juga memiliki satu kata yang memiliki arti tersendiri yang maknanya lebih dalam dari yang terlihat. Satu kata, yang bisa menjelaskan perasaan yang sedang dirasakan oleh pasangan dan tidak diketahui oleh orang lain.Hal ini pun bukan baru-baru saja diperhatikan. Dalam buku karangan Karen J. Pragger terbitan tahun 1995 yang berjudul The Psychology of Intimacy disebutkan bahwa panggilan sayang merupakan salah satu hal yang bisa menjadi indikator kedekatan pasangan, selain gestur, kebiasaan yang dibangun bersama, dan perilaku seksual pasangan tersebut.

Panggilan sayang berkurang, tanda hubungan mulai renggang

Memang tidak semua pasangan saling menggunakan panggilan sayang untuk mengungkapkan rasa cintanya. Namun, berhenti menggunakan panggilan sayang, bisa menandakan hubungan yang sudah mulai sedikit renggang. Tidak hanya panggilan sayang, personal idiom lain seperti inside jokes atau istilah bersama yang sudah mulai jarang digunakan juga dapat menjadi tanda hubungan sudah mulai goyah. Sebab, hal ini menandakan bahwa komunikasi antara dua manusia ini sudah mulai berkurang dan terbatas.

Tanda lain bahwa hubungan yang Anda jalani adalah hubungan sehat

Apakah punya panggilan sayang yang unik berarti hubungan Anda sudah baik-baik saja? Tentu tidak. Panggilan sayang bukanlah satu-satunya faktor penentu. Jika Anda memang benar punya hubungan yang sehat, maka hal-hal di bawah ini biasanya juga akan Anda alami.

1. Tidak takut untuk berbicara jujur

Terkadang, berbicara jujur, bahkan untuk hal yang sepele sulit dilakukan jika hubungan belum benar-benar kokoh. Jika sudah berani bilang saat merasa tidak senang karena pasangan tidak memberikan kabar, atau tidak membantu membereskan rumah, maka tandanya Anda sudah merasa aman untuk terbuka dengan hubungan yang dijalani.

2. Memahami “gaya” masing-masing

Gaya setiap orang menyampaikan cinta bisa berbeda-beda. Misalnya, pasangan Anda bukan tipe yang romantis dan tidak terbiasa menunjukan kepeduliannya dengan ungkapan sayang, tapi dengan cara lain tanpa banyak basa-basi.

Saat Anda sudah memahami hal ini dan tidak terlalu menuntutnya untuk mengikuti “gaya” yang lain, maka bisa dibilang hubungan yang Anda jalani sudah sehat.

3. Saling memberikan semangat

Mendukung tujuan pasangan Anda, membutuhkan dedikasi dan perasaan tulus yang hanya bisa dilakukan apabila rasa saling menghargai sudah muncul. Anda tidak harus selalu setuju dengan keputusannya, tapi menghargai jalan dan pendapat yang ia ungkapkan, bisa menjadi salah satu cara mendukung yang baik.

4. Anda bisa menjadi diri sendiri

Saat merasa nyaman untuk menjadi diri sendiri atau menunjukkan kelemahan di depan pasangan, maka Anda sedang bersama orang yang tepat. Hanya dengan menjadi diri sendiri, Anda juga bisa mencintai dan menerima pasangan apa adanya.

5. Anda merasa bahagia dan didukung oleh pasangan

Salah satu tanda paling penting dalam satu hubungan adalah rasa bahagia. Apakah Anda bahagia dengan pasangan saat ini? Apakah ia memberikan dukungan yang cukup pada Anda?

Jika iya, maka Anda sudah berada di jalan yang benar. Jika tidak, komunikasi adalah kuncinya. Sampaikanlah kepada pasangan Anda, mengenai kekhawatiran ini.

Tips menjaga keharmonisan hubungan selain dengan panggilan sayang

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga kehangatan hubungan Anda dan pasangan selain memberikan panggilan sayang satu sama lain, seperti berikut ini.
  • Tunjukkan apresiasi setiap hari

    Dari bangun tidur hingga menjelang tidur, ada banyak waktu untuk menunjukkan bahwa Anda menyayangi pasangan Anda, dan benar-benar menghargai kehadirannya di dalam kehidupan. Tunjukkan apresiasi dengan berbagai hal sederhana, seperti menciumnya sebelum berangkat kerja, atau sesederhana tersenyum saat melihatnya.
  • Sesekali berikan kejutan untuk pasangan

    Kejutan-kejutan kecil bisa membuat hubungan hubungan Anda dan pasangan tetap seru dan jauh dari kata bosan. Anda dapat menyelipkan surat cinta di dompet, tas kerjanya, atau membuat sarapan spesial untuk ia santap.
  • Sisihkan waktu untuk ngobrol setidaknya 30 menit setiap hari

    Saling ngobrol atau berbicara adalah hal yang kelihatannya sederhana, tapi bagi beberapa orang sulit dilakukan. Berbicara satu sama lain bisa memperdalam koneksi antara Anda dan pasangan, dan membuat hubungan semakin erat.

    Tanyakanlah kepada pasangan mengenai aktivitasnya di kantor, atau mendikusikan persoalannya. Dari pembicaraan ini, Anda akan menemukan fakta-fakta baru tentang diri pasangan dan membuat Anda semakin dekat dengannya.
  • Jangan malu untuk tetap intim dengan pasangan

    Intimasi adalah hal sangat penting dalam hubungan jangka panjang yang sehat. Tidak bisa dipungkiri, sentuhan yang lembut merupakan salah satu hal paling menenangkan yang bisa Anda dapatkan.
    Jika Anda sudah mulai enggan untuk disentuh pasangan, tandanya ada sesuatu yang salah dan perlu dibicarakan.
  • Jangan simpan amarah

    Menyimpan amarah bisa memadamkan keharmonisan. Sehingga, Anda perlu ungkapkan kepada pasangan mengenai hal-hal yang membuat marah atau tidak nyaman, agar ke depannya hal tersebut tidak terulang lagi.
Memiliki panggilan sayang atau tidak dengan pasangan adalah pilihan masing-masing. Selama hubungan dijalani secara sehat dengan komunikasi yang lancar, setiap pilihan baik adanya. Jika memang dirasa membantu menambah bumbu menyenangkan dalam hubungan, jangan malu untuk menggunakan panggilan sayang bagi pasangan.
pernikahanpercintaanmenjalin hubungan
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/lifetime-connections/201603/pet-names-between-couples-are-very-good-sign
Diakses pada 9 November 2019
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/sexual-health/signs-youre-healthy-relationship/
Diakses pada 9 November 2019
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/15-ideas-for-keeping-romance-alive-year-round/
Diakses pada 9 November 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait