logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Tak Ada Kata Terlambat, Ini Efek Berhenti Merokok yang Perlu Anda Pertimbangkan

open-summary

Efek berhenti merokok perlu Anda pertimbangkan demi kesehatan Anda. Pasalnya, manfaat berhenti merokok sangat banyak, mulai dari mempercantik kulit, menjaga kesehatan pernapasan, hingga mencegah kanker.


close-summary

3.24

(42)

9 Okt 2019

| Fadli Adzani

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Efek berhenti merokok pada tubuh salah satunya adalah menurunkan risiko kanker

Efek berhenti rokok manfaatnya bisa dirasakan dalam jangka waktu panjang.

Table of Content

  • Efek berhenti merokok pada tubuh dari waktu ke waktu
  • Manfaat berhenti merokok untuk kesehatan
  • Catatan dari SehatQ

Rokok merupakan salah satu "pembunuh" paling kejam di dunia. Bayangkan saja, pada abad ke-20, sekitar 100 juta orang sudah meninggal karenanya. Penyakit mematikan seperti kanker paru-paru, penyakit jantung sampai stroke bisa muncul karena rokok. Padahal, berhenti merokok tidaklah sulit dan memiliki banyak manfaat. Efek berhenti merokok bukan hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat meningkatkan mental. 

Advertisement

Baca Juga

  • 4 Ramuan Tradisional dan Jus untuk Autoimun, Bisa Redakan Peradangan
  • 10 Jenis Makanan yang Mengandung Gas Tinggi
  • 15 Cara Mengakhiri Percakapan dengan Sopan

Efek berhenti merokok pada tubuh dari waktu ke waktu

Manfaat berhenti merokok dapat “dipetik” bahkan sekitar 1 jam setelah rokok terakhir dimatikan. Banyak hal positif terjadi di dalam tubuh, setelah Anda berhenti merokok dan tidak melakukannya lagi.

Lantas perubahan apa saja yang terjadi setelah berhenti merokok? Berikut adalah tahapannya:

1. Setelah 1 jam

Belum sampai 20 menit setelah rokok terakhir Anda dimatikan, detak jantung akan turun dan kembali normal. Selain itu, tekanan darah juga akan menurun, sirkulasi darah pun berangsur membaik.

2. Setelah 12 jam

Rokok mengandung banyak zat beracun, seperti karbon monoksida misalnya. Gas ini bisa berakibat fatal dan mencegah oksigen masuk ke dalam paru-paru serta darah. Jika dihirup dalam dosis besar, kekurangan oksigen bisa saja terjadi dan dapat berakibat fatal.

Setelah 12 jam tanpa rokok, manfaat berhenti merokok lainnya adalah tubuh akan membersihkan dirinya dari kelebihan karbon monoksida rokok. Tingkat karbon monoksida dalam tubuh Anda pun menurun, dan akhirnya mengembalikan kadar oksigen yang dibutuhkan.

3. Setelah 1 hari

Setelah 24 jam tanpa rokok, efek berhenti merokok berikutnya ialah risiko serangan jantung akan berkurang. Sebab, berhenti merokok bisa menurunkan tekanan darah. Level oksigen dalam tubuh pun meningkat, membuat aktivitas fisik, seperti berolahraga, terasa lebih mudah dilakukan.

4. Setelah 2 hari

Merokok bisa merusak ujung saraf yang bertanggung jawab atas indra penciuman dan indera perasa. Setelah 2 hari tidak merokok, Anda bisa merasakan indra penciuman yang bekerja lebih baik. Ketika mengonsumsi makanan lezat, lidah juga mampu merasakan rasa dengan maksimal.

5. Setelah 3 hari

Kadar nikotin dalam tubuh bisa berkurang setelah berhenti merokok selama 3 hari. Mantan perokok mungkin akan mudah, gampang marah, hingga mengalami sakit kepala, karena tubuh sedang dalam proses penyesuaian.

6. Setelah 1 bulan

Fungsi paru bisa membaik jika kebiasaan merokok sudah dihentikan selama 1 bulan. Di saat paru-paru sudah mulai menjalani proses penyembuhan, kapasitas organ ini pun bertambah. Mantan perokok bisa merasakan napas yang lebih lega, serta berkurangnya batuk-batuk.

7. Setelah 1-3 bulan

Setelah beberapa bulan tidak merokok, sirkulasi darah akan terus meningkat.

8. Setelah 9 bulan

Pada masa ini, paru-paru telah memulihkan dirinya secara signifikan. Struktur halus seperti rambut di paru-paru yang dikenal dengan sebutan silia, telah pulih dari asap rokok yang selama ini merusak mereka. Silia bisa membantu mendorong lendir keluar dari paru-paru, dan melawan infeksi.

9. Setelah 1 tahun

Risiko penyakit jantung koroner bisa berkurang hingga 50% pada masa ini. Setelah satu tahun berhenti merokok, resiko penyakit jantung koroner akan terus berkurang.

10. Setelah 5 tahun

Rokok mengandung banyak racun yang bisa membuat pembuluh darah dan arteri menyempit. Selain itu, gumpalan darah juga bisa terjadi.

Setelah 5 tahun tidak merokok, arteri dan pembuluh darah akan mulai melebar lagi. Sirkulasi darah pun akan berangsur membaik. Risiko penyakit stroke akan terus-menerus berkurang hingga beberapa tahun ke depan.

11. Setelah 10 tahun

Jika Anda sudah sampai tahap berhenti merokok selama 10 tahun, bersyukurlah. Sebab, risiko penyakti kanker paru-paru bisa dipangkas hingga 50%, dibandingkan dengan mereka yang tetap memilih untuk lanjut merokok.

Begitu pula dengan kanker tenggorokan, mulut hingga pankreas. Semua kemungkinannya berkurang sampai 50%.

12. Setelah 15 tahun

Setelah 15 tahun tidak merokok, efek berhenti merokok yang terjadi pada tubuh, yaitu menghilangkan resiko penyakit jantung koroner. Anda jadi terbebas dari penyakit jantung koroner, layaknya orang yang tidak pernah merokok.

13. Setelah 20 tahun

Efek berhenti merokok total adalah risiko kematian akibat penyakit yang diakibatkan rokok seperti penyakit paru-paru, kanker, akan menurun dan sebanding dengan seseorang yang tidak pernah merokok. Syaratnya? Tidak merokok selama 20 tahun.

Ketika melihat banyaknya keuntungan dan dampak baik berhenti merokok pada tubuh, serta keuangan, tidak ada waktu yang lebih tepat untuk berhenti merokok dibandingkan sekarang. Tidak ada kata terlambat, karena berhenti merokok bisa memberikan dampak positif terhadap tubuh dan hidup Anda untuk jangka panjang.

Baca juga: Cara Berhenti Merokok Secara Alami dengan Mengonsumsi 5 Asupan Sehat Ini

Manfaat berhenti merokok untuk kesehatan

Tak hanya pada paru-paru dan jantung, ternyata merokok juga bisa membawa dampak buruk lainnya untuk penampilan dari ujung kepala sampai kaki Anda. Berikut adalah beberapa efek berhenti merokok pada wajah yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah keriput

Bahan kimia yang digunakan dalam setiap batang rokok dapat merusak struktur kulit sekaligus pembuluh darah di sekitar mata. Kondisi ini bisa menimbulkan kerutan atau garis-garis halus di sekitar mata Anda. 

Berhenti merokok bisa menjadi salah satu cara Anda untuk mencegah kerutan. Lengkapi dengan pola hidup sehat dan perawatan kulit lainnya agar hasilnya bisa lebih maksimal.

2. Mencegah kantung mata

Menurut penelitian yang dipublikasikan oleh NCBI, mayoritas perokok lebih susah tidur dengan nyenyak daripada mereka yang tidak merokok. Bahkan, jika Anda merokok, waktu tidur harian Anda biasanya juga kurang optimal dan menyebabkan kantung mata muncul di usia muda. 

Dengan berhenti atau menghindari kebiasaan merokok, Anda akan terhindar dari munculnya kantong mata, terlebih jika Anda menyeimbangkannya dengan waktu tidur yang cukup.

3. Mencegah kulit kusam

Tak hanya matahari, rokok juga bisa jadi salah satu penyebab kulit kusam. Pasalnya, merokok secara tidak langsung akan menyerap nutrisi penting dalam tubuh seperti vitamin C yang berfungsi untuk melindungi sekaligus memperbaiki tekstur kulit yang rusak.

Dengan berhenti merokok, Anda bisa mencegah masalah kulit kering dan kulit kusam yang mengganggu penampilan Anda.

4. Meningkatkan indra perasa dan penciuman

Bahaya merokok salah satunya adalah dapat merusak ujung saraf yang ada pada hidung dan mulut, sehingga fungsi indra perasa dan penciuman terganggu. Namun setelah berhenti merokok, ujung saraf-saraf itu akan kembali tumbuh sehingga indra perasa dan penciuman akan pulih. Rasa makanan dan minuman pun akan lebih meningkat.

5. Memperbaiki sistem pernapasan

Mengonsumsi rokok dapat menghambat asupan oksigen ke seluruh tubuh. Itulah sebabnya, perokok sering kekurangan energi untuk beraktivitas. Manfaat berhenti merokok salah satunya adalah meningkatnya kadar oksigen di dalam tubuh, sekaligus memperbaiki sistem pernapasan. Manfaatnya, Anda akan lebih berenergi untuk melakukan aktivitas.

6. Kesehatan mulut terjaga

Salah satu bahaya dari merokok adalah turut merusak gusi dan gigi. Rokok bisa membuat gigi kuning, bau tidak sedap, hingga meningkatkan risiko infeksi mulut. Berhenti merokok dalam 1 minggu akan memberikan manfaat yang signifikan pada mulut dan menjaga kesehatannya.

7. Meningkatkan gairah seksual

Efek samping merokok salah satunya adalah meningkatkan risiko disfungsi ereksi pada pria dan disfungsi seksual pada wanita. Bahkan, merokok berisiko mengurangi frekuensi orgasme pada saat berhubungan intim. Manfaat berhenti merokok ini tentunya dibutuhkan bagi pasangan suami dan istri yang ingin meningkatkan keintiman mereka di ranjang.

8. Mencegah penyakit kanker

Berhenti merokok selama bertahun-tahun bisa menurunkan risiko penyakit kanker. Berikut ini adalah beberapa jenis kanker yang dapat dihindari setelah Anda meninggalkan rokok:

  • Kanker paru-paru
  • Kanker ginjal
  • Kanker kandung kemih
  • Kanker pankreas
  • Kanker kerongkongan

9. Menurunkan kadar kolesterol

Salah satu efek berhenti merokok yang paling besar salah satunya adalah menurunnya kadar kolesterol. Di saat kadar kolesterol di darah menurun, maka risiko tersumbatnya pembuluh darah akan berkurang, sehingga bisa mencegah penyakit mematikan seperti serangan jantung.

10. Mengurangi perut buncit

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat berhenti merokok salah satunya adalah dapat membantu seseorang untuk menjaga berat badannya. Pasalnya, merokok bisa “mendorong” lemak menuju ke area perut, sehingga mencegah perut buncit. 

11. Memperkuat tulang dan otot

Berhenti merokok bisa meningkatkan aliran oksigen ke seluruh darah. Salah satu manfaat dari lancarnya asupan oksigen ini adalah dapat memperkuat otot tubuh. Selain itu, berhenti merokok juga bisa menurunkan risiko patah tulang.

Baca juga: Ini Obat Berhenti Merokok yang Dapat Dibeli di Apotek

Catatan dari SehatQ

Dukungan orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat dan kekasih sangat penting untuk menyemangati Anda berhenti merokok. Ketika sedang berusaha berhenti merokok, ada baiknya jauhi pergaulan yang membuat Anda ingin mengisap rokok lagi.

Jika banyak cara yang sudah dilakukan, namun belum bisa berhenti merokok, ada baiknya berkonsultasi pada dokter.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

berhenti merokokkanker paru-paruhidup sehatbahaya asap rokok

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved