Cara Memberi Dukungan Emosional untuk Bantu Orang Lain Melewati Masalah


Dukungan emosional dapat membantu seseorang untuk bangkit dan terhindar dari masalah psikologis. Cara memberikannya bisa dengan tidak bersikap menghakimi, memuji di depan umum, mendengarkan cerita secara mendalam, hingga memberi nasihat hanya saat diminta.

0,0
Dukungan emosional dapat membantu seseorang untuk bangkit dan terhindar dari masalah psikologisDukungan secara emosional dapat diberikan dengan cara mendengarkan cerita orang terdekat Anda secara mendalam
Ketika seseorang tengah tertimpa masalah, terutama yang sangat berpengaruh terhadap hidup, dukungan orang-orang terdekat sangatlah diperlukan. Tak hanya secara fisik, dukungan secara emosional juga dibutuhkan.Bagi beberapa orang, dukungan emosional dapat membantu mereka untuk melewati masalah yang sedang dihadapi dengan baik. Seperti apa bentuknya? Bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu dukungan emosional?

Terdapat dua jenis dukungan yang dapat Anda berikan ke orang yang sedang ditimpa masalah, yaitu fisik dan emosional. Dukungan fisik berupa tindakan langsung yang bisa membantu untuk menyelesaikan masalah.Sebagai contoh, orang terdekat Anda sedang mengalami masalah keuangan karena pandemi Covid-19. Melihat hal itu, Anda kemudian memberikan dukungan fisik dengan cara mendonasikan sejumlah uang dan barang kebutuhan sehari-hari.Sementara itu, dukungan emosional merupakan jenis dukungan yang membantu mengangkat mereka secara psikologis atau emosional. Bentuk-bentuk dukungan secara emosional antara lain menunjukkan simpati, memberikan semangat, hingga menawarkan dorongan, kepastian, dan kasih sayang kepada orang yang tertimpa masalah.Misalnya, salah satu sahabat Anda baru saja kehilangan ayahnya yang meninggal karena sakit. Anda kemudian memberikan dukungan emosional melalui ucapan bela sungkawa dan kata-kata penyemangat.

Cara memberikan dukungan emosional ke orang lain 

Bagi beberapa orang, dukungan secara emosional sangatlah diperlukan dalam melewati masalah. Bentuk dukungan ini dapat membantu mereka untuk bangkit dan terhindar dari masalah psikologis.Berikut ini sejumlah cara memberikan dukungan emosional ke orang lain yang bisa Anda lakukan:

1. Menghargai perasaan orang lain

Menghargai perasaan orang lain merupakan salah satu cara memberikan dukungan emosional. Saat sedang tertimpa masalah, mengalami kekecewaan, atau kehilangan  orang terdekat, beri tahu bahwa Anda selalu ada untuk mereka.Apabila enggan bercerita, jangan pernah memaksa dan cobalah untuk memberikan mereka ruang. Memberi ruang untuk sendiri adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dengan mereka.

2. Memberikan pujian di depan umum

Memuji anggota keluarga, sahabat, atau pasangan di depan umum adalah salah satu bentuk dukungan emosional. Tindakan tersebut bisa membuat mereka nyaman dan percaya dengan diri sendiri. Tidak hanya itu, memberikan pujian di depan umum juga akan membuat perasaan mereka menjadi senang 

3. Mendengarkan cerita mereka secara mendalam

Dukungan secara emosional dapat diberikan dengan cara mendengarkan cerita orang terdekat Anda secara mendalam. Ketika orang terdekat Anda bercerita, dengarkanlah secara mendalam. Selain itu, sesekali kutiplah perkataan mereka untuk memberitahukan bahwa Anda benar-benar mendengarkan dan peduli.

4. Jangan bersikap menghakimi

Tak ada orang yang suka dihakimi. Maka dari itu, jangan pernah menghakimi orang lain saat mereka tertimpa masalah. Tindakan penghakiman yang Anda lakukan nantinya malah dapat memperburuk keadaan.Hindari memberi pertanyaan yang bisa membuat mereka merasa disalahkan atau tersudutkan. Selain itu, sampaikan juga perkataan Anda dengan suara dan nada yang penuh kasih sayang dan simpati saat berbicara.

5. Hindari memberi nasihat tanpa diminta

Kebanyakan orang seringkali memberikan nasihat kepada orang yang tertimpa masalah tanpa diminta. Mulai saat ini, hindari melakukan hal tersebut. Terkadang, beberapa orang hanya ingin didengarkan saja, bukan dinasihati. Jika Anda ingin membantu memberi solusi, tunggu hingga mereka memintanya sendiri.

6. Dukung solusi yang mereka miliki

Ketika orang terdekat telah menemukan solusi untuk masalah mereka, Anda mungkin memiliki keraguan tentang efektivitasnya. Jika solusi yang mereka ambil tidak berisiko dan berbahaya, cobalah untuk memberi dukungan. Hindarilah memberi tahu mereka apa yang menurut Anda harus dilakukan jika mereka tidak minta pendapat Anda.

Catatan dari SehatQ

Dukungan emosional tak kalah pentingnya dengan fisik. Bentuk dukungan ini bisa membantu seseorang untuk bangkit, serta terhindar dari masalah psikologis. Beberapa cara memberikan dukungan secara emosional di antaranya tidak bersikap menghakimi, memuji di depan umum, mendengarkan cerita secara mendalam, hingga memberi nasihat hanya saat diminta.Jika dukungan emosional yang Anda berikan tidak cukup kuat untuk membantu menyelesaikan masalah, arahkan orang terdekat untuk berkonsultasi dengan dokter. Lakukan dengan perlahan dan lembut agar mereka tidak tersinggung. Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mentalgangguan psikologis
Healthline. https://www.healthline.com/health/mental-health/emotional-support
Diakses pada 16 Agustus 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/emotional-fitness/201112/10-ways-get-and-give-emotional-support
Diakses pada 16 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait