Berkenalan dengan Dopamin, Sang Senyawa Kebahagiaan Otak

(0)
21 Dec 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Dopamin adalah hormon dan neurotransmitter yang berperan dalam rasa kebahagiaanSelain berkontribusi untuk mood yang baik, dopamin juga berperan dalam berbagai sistem tubuh
Hormon kebahagiaan terdiri atas beberapa jenis, salah satunya yaitu dopamin. Kadar dopamin pun bisa ditingkatkan dengan alami.Artikel ini akan membahas mengenai apa itu dopamin, risiko jika kadarnya rendah, serta cara meningkatkan dopamin secara alami.

Apa itu dopamin?

Dopamin adalah neurotransmitter dan hormon di tubuh yang berkaitan dengan rasa bahagia dan kesenangan diri. Sebagai neurotransmitter, dopamin bertugas dalam menyampaikan pesan antar sel saraf. Bersama serotonin, endorfin, dan oksitosin, dopamin dijuluki sebagai happy hormones atau hormon kebahagiaan, karena memengaruhi kesenangan yang kita rasakan.Peran dopamin pun tak hanya berkaitan dengan kebahagiaan. Beberapa fungsi yang dijalankan oleh neurotransmitter ini, yaitu:
  • Cara otak mempelajari sesuatu
  • Motivasi diri
  • Detak jantung
  • Fungsi pembuluh darah dan aliran darah
  • Fungsi ginjal
  • Proses menyusui
  • Siklus tidur
  • Suasana hati
  • Pengendalian mual dan muntah
  • Proses rasa sakit
  • Pergerakan tubuh

Bahaya saat kadar dopamin tidak seimbang

Kadar dopamin yang terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat berbahaya untuk tubuh, dan dikaitkan dengan beragam kondisi mental dan maupun medis. Apabila terlalu sedikit, beberapa gejala yang timbul, yaitu:
  • Sulit terjaga
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kurang motivasi
  • Sulit bergerak
Sementara itu, apabila kadarnya berlebihan, seseorang akan menunjukkan beberapa tanda, seperti:
  • Senang berlebihan (mania)
  • Halusinasi (melihat atau mendengar hal yang sebenarnya tidak ada)
  • Delusi (meyakini suatu hal yang tidak nyata)

Dopamin dan gangguan mental

Beberapa gangguan mental juga dikaitkan dengan masalah kadar dopamin. Gangguan mental tersebut, yaitu:

1. Skizofrenia

Dopamin dikaitkan dengan kondisi halusinasi dan delusi, dua penanda pada gangguan skizofrenia. Halusinasi dan delusi dapat terjadi akibat terlalu tingginya kadar dopamin pada bagian tertentu di otak.

2. Attention-deficit hyperactivity disorder

Attention-deficit hyperactivity disorder atau ADHD adalah gangguan pada anak-anak yang memengaruhi cara mereka memusatkan perhatian, serta ditandai dengan kurangnya kontrol diri. Beberapa studi menemukan bahwa ADHD dapat terjadi karena kurangnya dopamin di tubuh anak tersebut.

3. Depresi

Depresi mungkin menjadi gangguan mental yang paling dikenal. Beberapa gejala yang timbul saat seseorang mengalami depresi yaitu merasa tidak ada yang peduli, sedih terus-menerus, hilangnya motivasi, dan hilangnya ketertarikan atas segala hal.Para ahli percaya bahwa gejala depresi berkaitan dengan disfungsi pada sistem dopamin. Disfungsi tersebut juga dapat dipengaruhi oleh stres, rasa nyeri, maupun trauma atas kejadian masa lalu.

Cara meningkatkan dopamin secara alami

Umumnya, kadar dopamin sudah diatur dengan baik dalam sistem saraf. Namun beberapa orang mungkin mengalami kekurangan senyawa ini.Lupakan obat berbahaya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan dopamin di tubuh, seperti:

1. Konsumsi makanan tinggi protein

Protein terdiri atas beragam asam amino. Salah satunya yaitu tirosin, asam amino yang penting dalam produksi dopamin. Tirosin pun juga bisa dibuat dari asam amino lain, yaitu phenylalanine.Baik tirosin maupun phenylalanine terdapat dalam makanan sumber protein, seperti telur, daging, produk kedelai termasuk tempe, dan produk susu.

2. Kurangi lemak jenuh

Studi pada hewan telah mengungkapkan, konsumsi lemak jenuh berlebihan dapat mengganggu penyampaian sinyal dopamin di otak. Beberapa sumber lemak jenuh yang harus Anda batasi yaitu mentega, minyak kelapa, minyak kelapa sawit, dan susu tinggi lemak.

3. Penuhi kebutuhan sinar mentari

Kurang mendapatkan sinar matahari telah dikaitkan dengan menurunnya neurotransmitter kebahagiaan, termasuk dopamin. Anda bisa berjemur di jam 10-2 siang, selama 15-30 menit, untuk mencukupkan kebutuhan sinar mentari ini.

4. Konsumsi makanan sumber probiotik

Beberapa jenis bakteri baik di usus berperan dalam produksi dopamin. Di usus pun terdapat banyak sel saraf yang menghasilkan neurotransmitter, termasuk dopamin. Beberapa sumber vitamin yaitu tempe, kimchi, yogurt, dan kombucha.

5. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup, yakni sekitar 7-9 jam bagi orang dewasa, membantu kadar dopamin tetap seimbang. Kurang tidur juga mengurangi sensitivitas dopamin di otak, sehingga Anda menjadi lebih mengantuk.Selain 5 tips di atas, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga, melakukan meditasi, dan mendengarkan musik. Aktivitas-aktivitas ini juga berpengaruh dalam peningkatan kadar dopamin.

Catatan dari SehatQ

Dopamin adalah senyawa otak yang penting untuk mengendalikan mood. Cara di atas bisa Anda lakukan untuk meningkatkan produksi dopamin, serta memperbaiki suasana hati secara keseluruhan.
gangguan mentalkesehatan mentalkesehatan otak
Healthline. https://www.healthline.com/health/dopamine-effects
Diakses pada 19 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/dopamine-vs-serotonin
Diakses pada 19 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/happy-hormone
Diakses pada 19 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-increase-dopamine
Diakses pada 19 Desember 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326090.php
Diakses pada 19 Desember 2019
Web MD. https://www.webmd.com/mental-health/what-is-dopamine
Diakses pada 19 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait