Dong Quai, Herbal dari Asia Timur yang Tawarkan Khasiat Kesehatan


Dong quai adalah tanaman herbal yang berasal dari China, Korea, dan Jepang. Dong quai menawarkan manfaat untuk kesehatan dan dikenal sebagai ginsengnya wanita.

(0)
01 Jan 2021|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Angelica sinensis atau dong quai adalah tanaman herbal yang berasal dari China, Korea, dan JepangDong quai seringkali diresepkan pada wanita untuk meredakan gejala PMS maupun menopause
Angelica sinensis atau dong quai adalah tanaman herbal yang berasal dari China, Korea, dan Jepang. Tanaman yang masih berkerabat dengan wortel dan seledri ini sudah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional bahkan sejak 2.000 tahun lalu. Dong quai seringkali diresepkan pada wanita untuk mengatasi masalah khas kaum hawa, termasuk untuk meredakan gejala PMS (premenstrual syndrome) maupun menopause. Untuk alasan ini, dong quai mendapatkan julukan sebagai ginsengnya wanita. Namun, selain untuk masalah kesehatan wanita tersebut, ada sejumlah manfaat lain dari dong quai. Apa saja?

Ragam manfaat dong quai untuk kesehatan

Menjadi herbal yang termasyhur dari Asia Timur, dong quai menawarkan beberapa manfaat berikut ini:

1. Menghambat kerusakan akibat peradangan di sendi

Kajian ilmiah terkait khasiat dong quai untuk kesehatan sebenarnya masih terbatas. Salah satu potensi yang mulai diteliti yakni manfaatnya untuk meredakan arthrtitis dan osteoarthritis.Sebuah studi isolasi pada sel tulang rawan manusia dan tikus menemukan, senyawa yang diekstrak dari dong quai dapat menghambat kerusakan tulang rawan akibat osteoarthritis. Namun, meskipun hasil ini menjanjikan, uji coba pada manusia yang menggunakan kontrol plasebo belum dilakukan.

2. Membantu melancarkan aliran darah

Dong quai berpotensi menjadi herbal yang dapat melancarkan aliran darah sekaligus meredakan nyeri. Ekstrak air dan etanol dari dong quai juga dilaporkan efektif untuk mengurangi penumpukan lemak. Efek ini tentunya menarik karena penumpukan jaringan lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.Tak sampai di situ saja, menurut European Medicines Agency, hewan yang menerima injeksi minyak dong quai mengalami peningkatan aliran darah sekaligus penurunan tekanan darah.

3. Meredakan kram saat menstruasi

Dong quai memiliki kandungan yang disebut ligustilide. Kandungan ini dilaporkan dapat memberikan efek antispasmodik terutama pada otot-otot rahim. Menurut riset lain, 39% wanita yang mengonsumsi konsentrat dong quai dua kali sehari melaporkan penurunan nyeri di perut serta siklus menstruasi menjadi lebih teratur.

4. Meredakan hot flashes saat memasuki fase menopause

Beberapa wanita juga mengonsumsi dong quai untuk menangani hot flashes, yakni kondisi tubuh terasa hangat saat melewati fase menopause. Hanya saja, riset ilmiah terkait klaim ini masih diperlukan lebih lanjut.

5. Berpotensi untuk melawan sel kanker kanker

Layaknya herbal-herbal lain, dong quai juga berpotensi untuk menumpas sel-sel kanker. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Chinese Medicine, ekstrak dong quai berpotensi untuk membunuh sel kanker dan tumor otak, leukemia, dan kanker usus besar. Hanya saja, riset lain gagal menemukan bukti signifikan sehingga studi lanjutan masih sangat diperlukan.

Penggunaan lain dari dong quai

Selain manfaat di atas, dong quai juga digunakan untuk mengatasi masalah-masalah lain. Ragam masalah medis yang mungkin berpotensi untuk diatasi dengan dong quai, yaitu:
  • Masalah jantung
  • Tekanan darah tinggi
  • Peradangan
  • Sakit kepala
  • Infeksi
  • Nyeri saraf
  • Masalah hati atau ginjal
Hanya saja, karena uji klinis masih sangat diperlukan untuk menguatkan klaim di atas, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi dong quai. Pasalnya, dong quai berisiko menimbulkan efek samping serta interaksi zat dengan obat yang tengah Anda minum.

Risiko efek samping penggunaan dong quai

Terdapat sejumlah efek samping yang dilaporkan dari penggunaan dong quai, misalnya:
  • Sulit bernapas
  • Penurunan tekanan darah
  • Rasa kantuk
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Peningkatan risiko perdarahan
  • Gula darah rendah
  • Sakit perut
  • Perut kembung
  • Diare
  • Penurunan nafsu makan
  • Badan berkeringat
  • Sulit tidur
  • Gangguan penglihatan

Efek samping dong quai pada wanita

Dong quai cukup populer di kalangan wanita. Namun, ada beberapa efek samping khusus dong quai yang harus diperhatikan kaum hawa. Misalnya, dong quai dapat menstimulasi otot-otot di rahim – sehingga berisiko menimbulkan keguguran pada ibu hamil. Dong quai juga sebaiknya tidak dikonsumsi ibu menyusui karena efek menenangkan dan rasa kantuknya.Dong quai turut dilaporkan dapat bertindak seperti estrogen di dalam tubuh. Dengan begitu, kandungan herbal ini berisiko memperburuk penyakit yang sensitif terhadap hormon seperti kanker payudara.Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen dong quai. Suplemen ini juga tidak bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Catatan dari SehatQ

Dong quai adalah herbal yang berasal dari Asia Timur. Dong quai populer sebagai ginsengnya wanita walau manfaat herbal ini juga bisa dirasakan oleh pria. Jika masih memiliki pertanyaan terkait dong quai, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia gratis di Appstore dan Playstore yang berikan informasi herbal terpercaya.
menopausepremenstrual syndrome (PMS)herbalosteoarthritistanaman obat
European Medicines Agency. https://www.ema.europa.eu/en/documents/herbal-report/final-assessment-report-angelica-sinensis-oliv-diels-radix-first-version_en.pdf
Diakses pada 20 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/dong-quai-ancient-mystery
Diakses pada 20 Desember 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3170324
Diakses pada 20 Desember 2020
PLOS. https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0107024
Diakses pada 20 Desember 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-dong-quai-89448
Diakses pada 20 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait