Dokter Gigi Spesialis Ortodonti, Apa Bedanya Dengan Dokter Gigi Biasa?


Dokter gigi spesialis ortodonti adalah dokter gigi yang memiliki fokus untuk merawat susunan gigi dan rahang yang abnormal agar fungsi pengunyahan serta fungsi rongga mulut lainnya bisa kembali normal.

0,0
24 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Dokter gigi spesialis ortodonti adalah dokter kawat gigiDokter gigi spesialis ortodonti adalah dokter yang berkompetensi untuk memasang kawat gigi
Dokter gigi spesialis ortodonti adalah dokter gigi yang memiliki fokus untuk memperbaiki susunan gigi maupun rahang dengan cara memasang alat di rongga mulut berupa kawat gigi ataupun alat lain yang dianggap membantu. Dokter gigi spesialis ini memiliki gelar Sp.Ort.Sebelum mendapatkan gelar Sp.Ort, seseorang perlu melalui pendidikan dokter gigi umum terlebih dahulu. Setelah lulus menjadi dokter gigi umum, barulah bisa menempuh pendidikan dokter gigi spesialis ortodonti.Ilmu yang dipelajari secara khusus oleh dokter gigi spesialis ortodonti adalah ortodonsia. Secara ketentuan, dokter gigi dengan gelar Sp.Ort memiliki kompetensi yang berbeda dengan dokter gigi umum.

Peran dokter gigi spesialis ortodonti

Pemasangan kawat gigi di Indonesia masih sering dianggap sebagai kepentingan estetik semata. Padahal, susunan gigi sangat berpengaruh pada kesehatan rongga mulut maupun tubuh secara keseluruhan.Gigi yang berantakan, bentuk rahang yang tidak simetris, hingga kelainan bentuk gigi semuanya bisa menyebabkan kesulitan pengunyahan dan berujung pada berkurangnya nutrisi yang masuk ke tubuh.Susunan gigi yang berantakan juga akan membuat bakteri menumpuk di sela-sela, membuat gigi rentang berlubang. Lagi-lagi, hal ini bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.Karena itu, ilmu untuk merawat susunan gigi yang berantakan dan kelainan rahang, sangatlah diperlukan dan dokter gigi spesialis ortodonti lah yang akan memenuhi kebutuhan tersebut.Beberapa kasus gigi dan mulut yang bisa ditangani oleh dokter spesialis ortodonti antara lain:
  • Susunan gigi yang berantakan, baik yang tingkat ringan maupun berat
  • Susunan gigi yang jarang-jarang atau terlalu berjarak
  • Kelainan gigitan yang disebabkan karena rahang atas terlalu maju atau tonggos atau rahang bawah terlalu maju (cakil)
  • Kelainan posisi rahang
Tujuan utama perawatan dengan dokter gigi spesialis ortodonti adalah mengembalikan estetika sekaligus fungsi pengunyahan sehingga rongga mulut bisa berfungsi dengan maksimal.

Pemeriksaan dan perawatan yang bisa dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti

Dokter gigi spesialis ortodonti memiliki kewanangan atau kompetensi untuk melalukan beberapa pemeriksaan dan perawatan gigi dan mulut, yaitu:
  • Melakukan pengawasan pada tumbuh kembang gigi dan rahang anak
  • Melakukan analisis susunan gigi dan rahang berdasarkan cetakan gigi maupun hasil pemeriksaan radiologi
  • Mendiagnosis kelaianan susunan gigi maupun rahang
  • Membuat rencana perawatan untuk mengembalikan susunan gigi dan rahang
  • Memasang alat untuk membantu merapikan susunan gigi seperti kawat gigi cekat, kawat gigi lepasan beserta alat lain yang biasanya menyertai perawatan behel seperti peninggi gigitan, alat ekspansi rahang dan molar band.
  • Melakukan kontrol selama dan setelah proses perawatan gigi selesai
  • Memasang alat untuk merawat posisi rahang yang abnormal, seperti head gear.
  • Melakukan operasi untuk merapikan susunan gigi dan rahang.

Kapan harus ke dokter gigi spesialis ortodonti dan kapan ke dokter gigi umum?

Dokter gigi umum dan dokter gigi spesialis ortodonti memiliki kompetensi yang berbeda. Sehingga untuk Anda memiliki masalah gigi, berikut ini beberapa kondisi yang bisa diperiksakan di masing-masing dokter.

• Kondisi yang perlu diperiksakan ke dokter gigi spesialis ortodonti

Sederhananya, kalau Anda ingin memasang kawat gigi atau behel, maka datang lah ke dokter gigi spesialis ortodonti.
Anda juga dapat memeriksakan gigi ke dokter gigi spesialis ini apabila belum ada rencana pasang behel, namun sudah memiliki susunan gigi yang berantakan dan ingin mengetahui rencana perawatan lainnya.
Selain susunan gigi, dokter gigi ortodonti juga bisa memperbaiki kelainan posisi rahang. Sehingga kalau Anda merasa memiliki rahang yang terlalu maju, miring, atau kondisi lainnya, bisa memeriksakan diri ke dokter gigi ini.

• Kondisi yang bisa diperiksakan ke dokter gigi umum

Dokter gigi umum bisa merawat berbagai permasalahan gigi dan mulut dasar seperti pembersihan karang gigi alias scaling, menambal gigi berlubang, merawat gusi bengkak, gusi berdarah, sariawan, ataupun mengurangi nyeri sakit gigi.Apabila ada kasus-kasus di rongga mulut yang lebih kompleks, maka dokter gigi umum biasanya akan merujuk Anda untuk mengunjungi dokter gigi spesialis.Ada banyak spesialisasi dalam profesi kedokteran gigi, namun belum banyak orang yang terlalu mengerti perbedaannya dengan dokter gigi umum. Pada dasarnya, dokter gigi spesialis adalah dokter gigi yang merawat gangguan di area gigi dan mulut yang lebih kompleks dan berada di luar kompetensi dokter gigi umum.Apabila Anda ingin merencanakan kunjungan ke dokter gigi spesialis ortodonti, gunakan fitur booking dokter di SehatQ untuk mengetahui jadwal dan dokter yang tersedia sekaligus memudahkan kunjungan ke fasilitas kesehatan terdekat.
kesehatan gigisakit gigikawat gigi
WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/what-is-an-orthodontist
Diakses pada 16 Juni 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/orthodontist-vs-dentist
Diakses pada 16 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait