Disukai Banyak Orang, Ternyata Ini Manfaat Kuaci untuk Kesehatan

(0)
19 Dec 2019|Anita Djie
Kuaci memiliki manfaat yang menyehatkanSelain enak, kuaci punya manfaat sehat untuk tubuh
Siapa yang tidak kenal kuaci? Camilan satu ini mudah didapatkan dan akrab di tengah masyarakat Indonesia. Proses mengupas kuaci dari cangkangnya memang menjadi kenikmatan tersendiri saat memakan biji bunga matahari ini. Tapi tahukah Anda, dibalik bentuknya yang kecil dan harganya yang relatif murah, kuaci punya manfaat yang baik bagi kesehatan Anda.Mau tahu apa saja manfaat yang Anda bisa dapatkan dari Si Kecil hitam ini? Simak keterangannya di bawah.

Apa saja manfaat kuaci?

  • Mengecilkan risiko penyakit jantung

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor yang berkontribusi meningkatkan peluang Anda mengalami penyakit jantung.Kuaci memiliki kandungan senyawa magnesium dan asam linoleat yang berfungsi menurunkan risiko penyakit jantung. Kedua senyawa dapat mencegah penyempitan pada pembuluh darah.Senyawa magnesium dapat menurunkan tekanan darah, sementara asam linoleat mampu melemaskan pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.
  • Menanggulangi diabetes

Biji bunga matahari bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah melalui asam klorogeniknya. Asam klorogenik dapat memperlambat pelepasan gula ke dalam darah.
  • Mengurangi peradangan

Peradangan berlebih meningkatkan risiko Anda mengalami penyakit kronis. Kuaci ditemukan dapat menurunkan kadar protein C reaktif yang dapat menimbulkan peradangan pada orang yang mengonsumsinya setidaknya lima kali dalam seminggu.Vitamin E dan flavonoid dalam kuaci juga memiliki peranan dalam mengurangi kadar protein C reaktif.
  • Menjaga kesehatan tiroid

Senyawa selenium dalam biji bunga matahari berperan dalam menjaga fungsi tiroid. Kuaci dapat dijadikan alternatif makanan tambahan untuk menambah selenium dan iodin bagi penderita gangguan tiroid.
  • Mengatasi berkurangnya kepadatan tulang

Uniknya, biji bunga matahari dapat menjaga kepadatan tulang berkat senyawa magnesium di dalamnya. Magnesium berfungsi untuk menjaga keseimbangan kalsium dan potasium dalam tulang, serta mencegah osteoporosis.
  • Baik untuk kulit

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E yang baik untuk kulit. Vitamin E dapat mencegah kulit menjadi kering dan melindunginya dari radikal bebas.
  • Berpotensi mengobati kanker

Manfaat kuaci tidak sekecil ukurannya, biji bunga matahari mengandung antioksidan, vitamin E, dan selenium yang ditemukan mampu menghambat pertumbuhan kanker dan memperbaiki DNA dalam tubuh.Namun, masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan manfaat biji bunga matahari yang satu ini.

Apakah ada efek samping dari konsumsi kuaci?

Di balik manfaat kuaci, Anda harus jeli dalam melihat kandungan sodium atau garam di dalamnya. Biji bunga matahari yang sudah dikemas biasanya memiliki kandungan garam yang tinggi. Pilihlah kuaci yang memiliki kandung garam paling sedikit.Selain itu, konsumsilah kuaci secukupnya karena kuaci memiliki kalori yang cukup tinggi. Anda bisa mengonsumsi kuaci yang belum dikupas agar dapat mengonsumsinya secara perlahan dengan porsi yang secukupnya.Tidak hanya tinggi kalori, biji bunga matahari mengandung banyak kadmium yang dapat membahayakan organ ginjal. Sebaiknya, konsumsi kuaci maksimal 30 gram per harinya.Saat akan mengonsumsi biji bunga matahari, pastikan bahwa kepingan kulit dari kuaci tidak ikut termakan karena mengonsumsi kulit biji bunga matahari dapat membuat sembelit. Hal ini karena kulit kuaci tidak dapat dicerna oleh tubuh.Jangan mengonsumsi biji bunga matahari jika Anda memiliki alergi kuaci. Bila mengalami reaksi alergi, seperti mulut membengkak, ruam-ruam, muntah, asma, gatal-gatal di sekitar mulut, dan sebagainya, hentikan konsumsi kuaci dan segera konsultasikan ke dokter.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
Dr Axe. https://draxe.com/nutrition/sunflower-seeds/
Diakses pada 19 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sunflower-seeds#downsides
Diakses pada 19 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait