Disengat Tawon Vespa Bisa Meninggal, Adakah Cara Mengobatinya?

Sengatan tawon vespa kembali mendulang korban jiwa, kali ini di Pamulang, Jawa Tengah
Pada orang yang alergi, disengat tawon vespa bisa berakibat fatal

Belum lama setelah kasus sengatan tawon vespa di Klaten, Jawa Tengah, yang menggemparkan warga terjadi, korban jiwa akibat sengatan serangga yang memiliki nama latin vespa affinis ini, kembali muncul di Pemalang, Jawa Tengah.

Sengatan tawon, memang berbeda dari sengatan lebah. Sebab, tawon bisa menyengat mangsanya hingga berkali-kali. Sementara itu, lebah akan langsung mati setelah menyengat korbannya.

Lalu, apa yang membuat sengatan tawon ndas ini bergitu berbahaya? Adakah obat disengat tawon yang bisa mencegah keparahan setelah disengat serangga ini?

Ini penyebab kematian akibat disengat tawon vespa

Perlu diingat, tidak semua orang yang disengat tawon pasti akan meninggal. Kematian akibat sengatan serangga ini sebenarnya jarang terjadi. Namun, apabila tawon ini menyengat orang yang alergi sengatan tawon, maka dapat terjadi dampak yang fatal.

Kematian akibat sengatan tawon vespa, dapat terjadi saat ada reaksi alergi fatal yang disebut anafilaksis.
Anafilaksis terjadi saat tubuh mengalami syok akibat respons terhadap racun dari tubuh tawon. Reaksi anafilaksis ini bisa terjadi dalam waktu yang sangat cepat. Kondisi ini merupakan kegawatdaruratan medis, sehingga perlu segera mendapatkan perawatan.

Gejala anafilaksis yang timbul akibat sengatan tawon di antaranya:

  • Pembengkakan parah di bibir, wajah, dan tenggorokan
  • Bentol-bentol di kulit
  • Sesak napas
  • Pusing
  • Tekanan darah menurun drastis
  • Tidak sadarkan diri
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Kram perut
  • Nadi tidak teraba atau teraba tapi lemah

Banyak orang tidak menyadari adanya syok anafilaksis. Sehingga, saat dibawa ke rumah sakit, kondisinya sudah terlanjur parah. Hal inilah yang membuat sengatan tawon bisa sebabkan kematian.

Pertolongan pertama dan obat disengat tawon yang tepat

Saat disengat tawon, sebaiknya Anda memperhatikan langkah pertolongan pertama yang tepat agar kondisi tidak berkembang menjadi semakin parah, seperti berikut ini.

1. Segera menjauh dari lokasi sengatan

Berbeda dari lebah, tawon vespa tidak meninggalkan ujung alat sengatnya di kulit setelah menyengat. Tawon vespa juga tidak mati setelah menyengat mangsanya dan bisa kembali menyengat berkali-kali.

Sehingga, setelah disengat, jangan lakukan pertolongan pertama di lokasi yang sama dengan tempat Anda disengat. Carilah tempat lain untuk merawatnya, agar serangga ini tidak lagi melukai Anda.

2. Copot pakaian maupun perhiasan di area yang disengat

Jika yang disengat tawon adalah area kaki atau tangan, sebaiknya Anda segera melepas pakaian yang ketat maupun perhiasan yang Anda gunakan. Sebab, area sengatan nantinya akan membengkak dan sulit untuk melepas pakaian maupun perhiasan yang dikenakan.

3. Kompres dengan air dingin

Tempelkan kompres dingin pada area kulit yang disengat. Anda bisa menyiapkan kompres dingin dengan es batu yang dibungkus kain, atau kain yang sudah dicelupkan ke dalam air es. Cara ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri yang dirasakan.

Kompres area ini selama 10 menit, lalu lepas kompres dan diamkan selama 10 menit lagi. Ulangi langkah ini selama 30-60 menit.

4. Posisikan kaki atau tangan lebih ke atas

Jika sengatan terjadi di area kaki atau tangan, posisikan keduanya lebih tinggi. Alasi kaki dan tangan dengan bantal atau benda lain yang bisa membuat posisi tangan dan kaki lebih tinggi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pembengkakan.

5. Bersihkan area kulit yang disengat tawon

Agar tidak terjadi infeksi , segera cuci area bekas sengatan dengan air mengalir dan sabun. Dengan menjaga luka tetap bersih, Anda sudah membantu mengurangi risiko keparahan atau komplikasi yang bisa timbul akibat sengatan tawon.

6. Berikan obat disengat tawon yang tepat

Injeksi epinefrin adalah pengobatan yang paling efektif jika terjadi reaksi anafilaksis dan suntikan harus diberikan segera. Obat disengat tawon lainnya, seperti salep antibiotik, dapat membantu mencegah terjadinya infeksi.

Selain itu, obat golongan antihistamin juga dapat diberikan untuk membantu mengurangi gatal. Ibuprofen atau paracetamol juga dapat diberikan sebagai obat disengat tawon untuk mengurangi nyeri.

Sengatan tawon vespa tidak selalu memakan korban jiwa. Selama penanganan yang tepat telah dilakukan, maka risiko keparahan dan kematian dapat dikurangi. Sebagai langkah antisipasi, segera periksakan diri Anda ke puskesmas atau klinik, segera setelah disengat tawon. Perhatikan juga gejala-gejala alergi dan syok anafilaksis yang mungkin muncul.

Healhtline. https://www.healthline.com/health/wasp-sting
Diakses pada 12 Desember 2019

WebMD. https://www.webmd.com/first-aid/bee-and-wasp-stings-treatment#1
Diakses pada 12 Desember 2019

Johns Hopkins Medicine. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/insect-stings
Diakses pada 12 Desember 2019

Wikihow. https://www.wikihow.com/Treat-a-Wasp-or-Hornet-Sting
Diakses pada 12 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed