Dimiliki Kurang dari 50 Orang di Dunia, Apa Itu Golongan Darah Emas?


Langka tapi nyata, di dunia ada jenis golongan darah langka berupa darah emas. Lebih jauh lagi, golden blood ini adalah nama lain dari Rh-null yang sangat jarang terjadi. Begitu langkanya, dokter menyebut embrio dalam golongan darah ini sukar bertahan dalam kandungan.

(0)
11 May 2021|Azelia Trifiana
Darah emas sangat langkaDarah emas sangat langka
Langka tapi nyata, di dunia ada jenis golongan darah langka berupa darah emas. Lebih jauh lagi, golden blood ini adalah nama lain dari Rh-null yang sangat jarang terjadi. Begitu langkanya, dokter menyebut embrio dalam golongan darah ini sukar bertahan dalam kandungan.Setidaknya ada 33 jenis golongan darah di dunia. Dua yang paling sering digunakan adalah sistem kelompok darah ABO dan Rh-positif/Rh-negatif. Golongan darah emas berada di luar sistem itu.

Sistem golongan darah

Faktor genetik merupakan penentu utama golongan darah seseorang. Setiap individu mewarisi gen dari kedua orangtua. Sistem golongan darah yang umum digunakan adalah:
  • Sistem ABO

Ketika mewarisi antigen golongan darah dari orangtua, ini dapat berpengaruh pada golongan darahnya. Sebagai contoh ketika mendapatkan antigen A dari ibu dan antigen B dari ayah, maka golongan darah bisa menjadi AB. Hal yang sama berlaku ketika antigen yang diperoleh sama-sama A (AA) atau sama-sama B (BB).Sementara golongan darah tipe O tidak memiliki antigen. Artinya, tidak berdampak pada golongan darah A dan B. Sebagai contoh, seorang yang mendapatkan antigen A dari ibu dan antigen O dari ayah, maka golongan darahnya akan tetap A.Total terdapat 6 kombinasi yaitu AA, AB, BB, AO, BO, dan OO. Empat golongan darah yang umum dikenal yaitu A, B, AB, dan O berakar dari genotype tersebut.
  • Rh factor

Selain itu, darah juga bisa terklasifikasi berdasarkan Rh factor yang dimilikinya. Ini adalah jenis antigen lain yang juga ada di dalam sel darah merah. Ketika sel memiliki antigen ini, artinya adalah Rh-positif.Sementara apabila tidak terdeteksi antigen ini, maka maknanya adalah Rh-negatif. Bergantung pada ada atau tidaknya antigen, tiap golongan darah akan memiliki klasifikasi dengan simbol positif (+) atau negatif (-).

Mengenal golongan darah langka

Setidaknya ada 36 sistem kelompok golongan darah yang dikenal secara umum. Salah satu jenis golongan darah langka di dunia adalah darah emas atau Rh-null. Orang dengan golongan darah ini sama sekali tidak memiliki Rh antigen.Golongan darah dianggap Rh-null apabila mengandung kurang dari 61 protein potensial dalam sistem Rh. Menariknya lagi, darah emas ini bisa diterima oleh orang dengan golongan darah langka dalam sistem Rh lainnya. Sesuai dengan namanya, golden blood yang berharga layaknya emas.Pertama kali, golden blood ditemukan pada orang asal Aborigin Australia pada tahun 1961. Hingga 50 tahun sejak pertama kali ditemukan, kurang dari 50 orang memiliki darah emas.Kelangkaan ini berarti donasi Rh-null tentu luar biasa langka dan sulit. Harus ada jaringan dari pemilik golongan darah emas di penjuru dunia untuk mencari celah kemungkinan donor. Bahkan, jika ada pun, proses pemindahan darah dari negara asal ke negara tujuan pun luar biasa sulit.Di penjuru dunia, pengurutan apa saja golongan darah langka tidaklah mudah karena berkaitan dengan faktor genetik. Apa yang menjadi langka di Amerika Serikat mungkin berbeda dengan di Australia atau Indonesia.

Mengapa golongan darah penting?

Secara alami, sistem kekebalan tubuh manusia mengandung zat pelindung berupa antibodi. Ini adalah tameng untuk melawan zat berbahaya seperti virus dan bakteri.Meski demikian, antibodi juga bisa menyerang antigen yang tidak ada di golongan darah secara alami. Contohnya ketika orang dengan golongan darah B mendapatkan transfusi tercampur dengan golongan darah A, antibodi akan menyerang antigen A tersebut.Konsekuensinya bisa mengancam nyawa. Itulah mengapa prosedur penyimpanan golongan darah harus mengikuti protokol ketat untuk mencegah terjadinya hal semacam ini.Sementara berkaitan dengan Rh factor, orang dengan Rh+ bisa menerima darah dengan Rh- maupun Rh+. Sementara orang dengan Rh- hanya bisa menerima Rh-.

Pada beberapa kasus, perempuan dengan Rh- bisa melahirkan anak dengan Rh+ yang menyebabkan kondisi berbahaya berupa inkompatibilitas Rh.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar golongan darah serta pendonoran, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kesehatanhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/rarest-blood-type
Diakses pada 24 April 2021
Big Think. https://bigthink.com/surprising-science/golden-blood?rebelltitem=7#rebelltitem7
Diakses pada 24 April 2021
Australian Academy of Science. https://www.science.org.au/curious/people-medicine/rare-blood-types
Diakses pada 24 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait