Dilanda Gundah dan Lara? Ini Cara Menghibur Diri agar Tak Berlarut


Beberapa cara menghibur diri yang mudah dilakukan yaitu jalan kaki, bersepeda, mencoba resep baru, dan memesan jasa pijat. Anda juga bisa membaca fiksi dan menonton film untuk menghibur diri.

0,0
09 Nov 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cari cara menghibur diri ketika pandemi saat Anda tak bisa keluar rumahTak selalu harus pergi keluar rumah, Anda juga bisa menemukan cara menghibur diri saat di rumah saja
Di tengah rentetan masalah duniawi, rasa sedih dan kecewa merupakan hal yang lumrah dirasakan. Kita memegang kendali penuh untuk mengikis rasa sedih tersebut dan bisa mencari cara untuk menghibur diri. Apa saja cara menghibur diri yang bisa dilakukan? Simak pilihannya.

9 Cara menghibur diri yang mudah dilakukan

Berikut ini beberapa cara menghibur diri untuk bantu kikis rasa sedih Anda:

1. Jalan kaki sebentar keluar rumah

Saat merasa sedih dan kecewa, salah satu cara menghibur diri yang bisa dilakukan adalah jalan kaki keluar rumah. Entah Anda menyusuri taman kota atau komplek perumahan tempat Anda tinggal, berjalan kaki sebentar membantu memperbaiki suasana hati. Selain Anda bisa melepaskan pandangan di taman, berjalan kaki juga sebenarnya menjadi bentuk olahraga. Endorfin yang dilepaskan saat jalan kaki sebagai hormon kebahagiaan akan membantu “menghibur” diri Anda.

2. Bersepeda

Jika malas berjalan kaki, Anda juga bisa bersepeda keluar rumah jika memilikinya. Bersepeda sembari melepaskan pandangan juga akan membantu meringankan beban di pundak. Bersepeda pun menjadi bentuk olahraga – sehingga akan melepaskan endorfin untuk membuat mood lebih bahagia.

3. Mencoba resep baru

Cara menghibur diri lainnya yang patut untuk dicoba adalah mencoba resep baru. Menyiapkan masakan untuk diri sendiri menjadi cara yang menarik untuk membuat pikiran Anda tetap sibuk dan tak larut dalam rasa sedih. 

4. Membaca fiksi

Salah satu cara menghibur diri saat sedih adalah membaca novel fiksi
Membaca novel dapat membantu menghibur hati yang sedih
Realita hidup terkadang memang menyesakkan hati. Sesekali, terlebih Anda sedang bersedih, membaca novel atau komik dapat menjadi cara menghibur diri yang bisa dilakukan di rumah atau taman. Biarkan diri Anda terlarut sejenak dalam rimba kata novel yang dibaca. Membaca pun menjadi cara untuk merangsang dan melatih kerja otak.

5. Bermain game

Cara menghibur diri antigagal lainnya adalah bermain game. Entah game online yang bisa dimainkan di telepon genggam atau dari konsol permainan generasi berapa pun, hiburlah diri Anda dengan bermain game. Bermain game dilaporkan dapat mengurangi stres dan meredakan gejala depresi. Selain game yang modern, Anda juga bisa bermain permainan yang lebih klasik seperti puzzle maupun yang tradisional seperti congklak bersama orang terdekat di rumah. Namun batasi juga waktu dalam bermain game. 

6. Memesan jasa pijat

Di tengah sedih dan kecewa yang mendera, memesan jasa pijat bisa dicoba sebagai cara menghibur diri. Menerima pijatan dapat merilekskan tubuh dan pikiran. Tak hanya itu, aktivitas ini juga membantu melepaskan hormon-hormon kebahagiaan, termasuk endorfin, dopamin, dan serotonin.

7. Me-time di restoran favorit

Jika memungkinkan, Anda bisa mentraktir diri sendiri di kafe atau restoran favorit dan memesan makanan yang menjadi kesukaan Anda. Pilihlah tempat di dekat jendela agar Anda bisa menikmati santapan sembari memandang lepas ke luar kafe. 

8. Menonton film

Meonton film merupakan salah satu cara menghibur diri
Menonton film dapat membantu Anda sejenak melupakan kesedihan
Rasanya, tak ada orang di muka bumi yang tak menikmati film. Walau terdengar klasik, menonton film lama maupun film yang adai wishlist Anda bisa menjadi cara menghibur diri dan mengobati hati yang bersedih. Bahkan, menonton film menjadi terapi yang “diresepkan” profesional pada pasien dengan kondisi psikologis tertentu. Terapi ini disebut dengan terapi film.

9. Yoga

Cara lain yang juga ampuh dan termasyhur untuk menenangkan pikiran yang bersedih adalah yoga. Yoga memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan psikologis – termasuk membantu Anda untuk bisa lebih fokus pada masa sekarang (mindfulness).Anda bisa mengikuti kelas yoga atau mungkin mempelajarinya sendiri di rumah dengan sumber di internet yang sangat melimpah.

Mencari bantuan profesional

Apabila cara menghibur di atas tidak bisa mengikis rasa sedih Anda, tak ada salahnya untuk menemui ahli kejiwaan. Anda bisa membuat janji dengan psikolog terlebih dahulu untuk menyampaikan masalah yang Anda hadapi. Apabila psikolog melihat adanya indikasi depresi dan Anda membutuhkan pengobatan, Anda mungkin akan dirujuk pada psikiater. Namun, penting untuk diingat, hindari mendiagnosis diri sendiri dengan gangguan kejiwaan tertentu. 

Catatan dari SehatQ

Ada banyak cara menghibur diri yang bisa dilakukan, mulai dari aktivitas luar rumah hingga aktivitas di rumah. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait tips menghibur diri, Anda bisa menanyakan ke dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Aplikasi SehatQ tersedia di Appstore dan Playstore yang memberikan informasi kesehatan mental terpercaya.
tips bersepedajalan-jalankecanduan main gamepijat
Advanced Psychiatry Associates. https://advancedpsychiatryassociates.com/resources/blog/solo-activities-for-depression
Diakses pada 23 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/i-dont-want-to-do-anything
Diakses pada 23 Oktober 2020
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/how-watching-movies-can-benefit-our-mental-health
Diakses pada 23 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait