Diklaim Bisa Menenangkan, Ini Manfaat Passion Flower


Passiflora atau passion flower adalah jenis bunga yang diklaim memiliki manfaat kesehatan. Digunakan sebagai obat tradisional untuk luka, sakit telinga, penyakit hati, hingga bisul.

(0)
27 Jan 2021|Azelia Trifiana
Bunga passiflora sebagai tanaman obatBunga passiflora digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi luka hingga penyakit hati
Passiflora atau passion flower adalah jenis bunga yang diklaim memiliki manfaat kesehatan. Dulu, suku Indian menggunakan bunga ini untuk mengobati masalah kesehatan seperti luka, sakit telinga, penyakit hati, hingga bisul.Nama “passion flower” disebut pertama kali muncul ketika misionaris Kristen tiba di Amerika Selatan pada abad 16. Kala itu, mereka menemukan tanaman yang dirasa sebagai pertanda baik untuk misi mereka serta dianggap simbol kematian Yesus Kristus.

Manfaat passion flower

Di Eropa, orang-orang juga banyak menggunakan bunga dengan 550 spesies ini untuk mengatasi susah tidur atau cemas. Selain itu, beberapa studi yang bisa menjadi acuan manfaat dari passion flower adalah:

1. Potensi menenangkan pikiran

Bunga dengan nama lain maypop ini disebut bisa mengatasi insomnia hingga cemas berlebih. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan level gamma-aminobutyric acid atau GABA di dalam otak. Zat ini dapat membuat kinerja otak lebih perlahan sehingga membuat pikiran rileks dan tidur nyenyak.Dalam percobaan yang dipublikasikan di Phytotherapy Research, partisipan yang setiap harinya mengonsumsi teh herbal dengan passion flower ungu merasakan kualitas tidurnya membaik. Eksperimen ini dilakukan selama 7 hari.Selain itu, ada juga studi yang menunjukkan jenis bunga serupa mengurangi kecemasan berlebih. Studi dilakukan terhadap pasien yang akan menjalani prosedur operasi. Mereka mengaku tidak merasa terlalu cemas.

2. Potensi membuat perut lebih nyaman

Ada anggota lain dari Passiflora yang bisa mengobati masalah pencernaan, yaitu Passiflora foetida. Nama lain untuk tanaman ini adalah stinking passionflower. Dalam studi yang dipublikasikan dalam Indian Journal of Pharmacology, peneliti mencari tahu lebih lanjut potensinya dalam mengobati tukak lambung pada tikus.Lebih jauh lagi, studi yang dipublikasikan di BioMed Research International memperlihatkan manfaat dari Passiflora serratodigitata. Ekstrak dari daun dan batangnya dapat menyembuhkan tukak lambung pada tikus. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut pada manusia.Kedua manfaat di atas masih perlu penelitian lebih lanjut, apakah juga berdampak sama pada manusia. Berbeda jenis passion flower, bisa berlainan pula efek yang ditimbulkan.Ada yang menyebut ekstrak bunga ini dapat mengurangi stres atau meredakan gejala attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD), rasa nyeri, dan keluhan lainnya.Namun lagi-lagi, belum ada banyak penelitian ilmiah yang mendukung klaim itu.Zat kimia yang ada dalam passion flower memiliki efek menenangkan, menyebabkan kantuk, serta membuat otot lebih rileks. Dulunya, penggunaan ekstrak ini sempat disetujui sebagai kandungan obat penenang dan obat tidur yang dijual bebas.Namun pada tahun 1978, Food and Drug Administration AS menarik izin edarnya. Alasannya, tidak diketahui pasti bukti keamanan dan efektivitas penggunaannya.

Efek samping dan risiko

ibu hamil pusing
Passiflora dapat menyebabkan pusing
Secara umum, ekstrak dari passion flower aman dikonsumsi. Meski demikian, tetap ada kemungkinan muncul efek samping seperti:Oleh sebab itu, disarankan tidak mengonsumsinya bersamaan dengan obat penenang. Contohnya seperti pentobarbital, phenobarbital, secobarbital, clonazepam, lorazepam, zolpidem, dan lainnya.Jika dikonsumsi bersamaan, dikhawatirkan efeknya menjadi berlebihan. Ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan mengonsumsinya karena dapat memicu kontraksi rahim.

Mengonsumsi ekstrak bunga ini biasanya dilakukan dengan mendidihkannya sehingga menjadi teh herbal. Kemasan passion flower kering atau dalam bentuk teh banyak dijual di pasaran.Selain itu, ada juga yang dikemas dalam bentuk ekstrak cairan, kapsul, serta tablet. Apapun bentuknya, pastikan sudah tahu betul apa risiko dan efek samping yang menyertai. Utamanya jika dikonsumsi bersamaan dengan obat lain, tanyakan kepada dokter apakah ada risiko interaksi.
makanan sehathidup sehatpola hidup sehat
WebMD. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-871/passionflower
Diakses pada 10 Januari 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/anxiety/calming-effects-of-passionflower
Diakses pada 10 Januari 2021
NCCIH. https://www.nccih.nih.gov/health/passionflower
Diakses pada 10 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait