Manfaat Buah Mengkudu yang Baik untuk Kesehatan


Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengurangi gejala infeksi dan inflamasi pada perokok berat

0,0
27 Sep 2019|Armita Rahardini
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Manfaat buah mengkudu berasal dari antioksidan yang terkandung di dalamnyaMengkudu hampir tidak pernah dimakan begitu saja karena rasanya yang pahit
Mengkudu atau noni adalah pohon yang banyak tumbuh di Asia Tenggara, Tahiti, Hawai, Australia, dan India. Manfaat buah mengkudu sudah dikenal sejak jaman dahulu.
Buah ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional di daerah-daerah tersebut. Selain buahnya, daun, kulit pohon dan akar mengkudu juga kerap dijadikan bahan dalam ramuan obat tradisional. 

Kandungan nutrisi buah mengkudu

Kekurangan buah mengkudu adalah aroma dan rasanya yang tidak enak. Akibatnya, jarang ada orang yang sanggup memakan buah ini secara langsung. Mengkudu biasanya dijus dan dicampur dengan gula serta buah-buahan lain untuk menyamarkan aromanya serta membuat rasanya lebih enak.Dalam 100 ml jus buah mengkudu, terkandung nutrisi-nutrisi sebagai berikut:
  • Kalori: 47.
  • Karbohidrat: 11 gram.
  • Protein: kurang dari 1 gram.
  • Lemak: kurang dari 1 gram.
  • Gula: 8 gram.
  • Berbagai vitamin, seperti vitamin C, B7 (biotin), B6 (folat), dan E.
  • Beragam mineral, seperti magnesium, potasium, dan kalsium.
Jus buah mengkudu juga mengandung banyak antioksidan dan vitamin, yang utamanya adalah beta karoten, iridoid, vitamin C dan vitamin E. Antioksidan ini mencegah kerusakan sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.Tubuh memerlukan antioksidan serta radikal bebas dalam jumlah yang berimbang untuk mencapai kondisi kesehatan yang optimal.Baca juga: 10 Manfaat Daun Mengkudu Tak Kalah Baik dari Buahnya

Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan

Sebetulnya masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan khasiat dan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan. Meski begitu, para ilmuwan menduga manfaat buah ini berasal dari kandungan antioksidannya.Berikut ini sederet manfaat buah mengkudu atau buah pace yang sudah diteliti secara medis:

1. Meningkatkan kemampuan sistem imunitas tubuh

Jus buah mengkudu mengandung banyak vitamin C. Dalam 100 ml jus buah mengkudu saja sudah menawarkan kira-kira 33% asupan harian vitamin C yang disarankan.Vitamin ini membantu kerja sistem imunitas tubuh dengan cara melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas serta racun-racun dari polutan di lingkungan sekitar. Antioksidan, seperti beta karoten, dalam buah mengkudu juga membantu dalam meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.Berdasarkan sebuah riset, orang sehat yang mengonsumsi 330 ml jus buah mengkudu setiap hari dapat mengalami peningkatan aktivitas pada sel-sel imunnya dan penurunan stres oksidatif yang merusak sel. 

2. Mengurangi gejala infeksi dan inflamasi pada perokok berat

Berdasarkan sejumlah penelitian ilmiah, ada satu kelompok yang sangat merasakan manfaat buah pace, yaitu para perokok. Pada kelompok perokok berat yang mengidap penyakit infeksi atau peradangan kronis, konsumsi sari buah mengkudu mampu mengurangi gejala penyakit yang dirasakan. Tetapi hal ini bukan berarti konsumsi buah mengkudu otomatis bisa mengatasi dampak kebiasaan merokok terhadap kesehatan. Merokok tetap buruk bagi tubuh Anda.

3. Berpotensi mengurangi rasa sakit akibat artritis

Sejak berabad-abad yang lalu, buah mengkudu sudah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional sebagai penghilang rasa sakit. Beberapa riset ilmiah masa kini nampaknya mendukung hal ini. Pada suatu penelitian, sekelompok penderita artritis degeneratif pada tulang belakang diminta untuk minum 15 ml jus buah mengkudu dua kali per hari selama sebulan.Hasilnya, mereka menyatakan bahwa rasa sakit akibat artritis berkurang secara signifikan. Bahkan sebanyak 60% partisipan mengaku rasa sakit pada leher mereka mereda. Manfaat buah mengkudu ini dirasakan pula oleh kelompok pengidap osteoartritis yang diberi 89 ml jus buah mengkudu setiap hari. Setelah 90 hari mereka mengakui ada penurunan tingkat rasa sakit dan frekuensi munculnya gejala osteoartritis. Rasa sakit yang dialami penderita arthritis disebabkan oleh peradangan. Jus buah mengkudu diduga mampu mengatasi rasa sakit dengan cara meredakan inflamasi dan membasmi radikal bebas. 

4. Membantu dalam meningkatkan ketahanan beraktivitas fisik

Salah satu manfaat buah mengkudu bagi para penduduk di Kepulauan Pasifik adalah meningkatkan ketahanan fisik.Penduduk asli kepulauan Pasifik percaya bahwa mengonsumsi mengkudu mampu membantu dalam menjaga ketahanan fisik para nelayan saat melakukan pelayaran jauh. Hasil dari beberapa penelitian ilmiah ternyata mendukung kepercayaan tersebut.Penelitian dilakukan terhadap para pelari jarak jauh yang mengonsumsi 100 ml jus buah mengkudu setiap hari selama tiga minggu. Hasilnya menunjukkan bahwa ketahanan fisik mereka meningkat sebanyak 21%.Manfaat buah mengkudu bagi ketahanan fisik diduga berasal dari antioksidannya yang mengurangi kerusakan jaringan otot yang biasa terjadi saat kita berolahraga.

5. Menurunkan demam

Secara tradisional, daun mengkudu juga kerap dijadikan sebagai ramuan penurun panas. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, konsumsilah daun mengkudu segar yang telah diambil airnya ataupun diolah sedemikian rupa.Belum ada penelitian yang membuktikan manfaat daun mengkudu untuk obat demam, sehingga Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya.

6. Dijadikan sebagai obat herbal

Dalam budaya pengobatan tradisional, sari buah mengkudu dipercaya berkhasiat mengatasi gangguan pencernaan (seperti konstipasi dan diare), infeksi kulit, dan sariawan. Ramuan dari daun mengkudu juga dapat dibubuhkan di kulit untuk mempercepat penyembuhan luka. Sari buah mengkudu diketahui banyak mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan, yang membantu dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh. Khasiat antiperadangannya juga seringkali dielu-elukan oleh produsen obat herbal.

7. Mengatasi darah tinggi

Apakah mengkudu bisa mengobati darah tinggi? Buah mengkudu dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung zat skopoletin yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah. Tidak heran, buah mengkudu ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin menurunkan tekanan darah tinggi secara alami atau tanpa obat kimia. Meminum empat ons jus mengkudu (Tahitian Noni) tiap hari selama sebulan bisa membantu mengurangi tekanan darah.

8. Menjaga kadar kolesterol dalam darah

Banyak penelitian menyebutkan bahwa ekstrak buah mengkudu bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah, sehingga baik untuk mencegah penumpukan kolesterol. Manfaat buah mengkudu ini bisa mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke hingga mendukung kesehatan jantung.

9. Menurunkan gula darah

Manfaat buah mengkudu lainnya adalah dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan menjaganya tetap stabil. Manfaatnya adalah dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2 dan menjaga kesehatan tubuh.

10. Menjaga berat badan tetap stabil

Kemampuan buah mengkudu yang bisa mengurangi kolesterol dan lemak serta meningkatkan metabolisme bermanfaat untuk menjaga berat badan tetap stabil. Penelitian menunjukkan bahwa mengkudu bisa mencegah obesitas jika dikonsumsi bersamaan dengan gaya hidup sehat, seperti berolahraga dan menjalani diet.Baca juga: Khasiat Buah Mengkudu untuk Pria yang Jarang Diketahui

Efek samping mengonsumsi buah mengkudu secara berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi buah mengkudu bisa menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan, seperti mengalami kelebihan kalium atau hiperkalemia. Tingginya kadar kalium dalam darah dapat memicu terjadinya serangan jantung hingga kematian.Jika Anda mengonsumsi buah mengkudu sebagai obat herbal, sebaiknya perlu berkonsultasi langsung dengan dokter terlebih dahulu. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi buah mengkudu jika berada dalam kondisi seperti berikut:

1. Memiliki masalah pada ginjal

Seperti disebutkan di atas, tingginya kandungan kalium di dalam buah mengkudu dapat memperberat kerja ginjal sehingga bisa sampai mengakibatkan kerusakan pada organ tersebut.

2. Memiliki masalah pada organ hati

Pun telah disebutkan di atas, minum jus atau olahan buah mengkudu secara rutin mungkin dapat mengakibatkan kerusakan hati. Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi buah mengkudu bila tengah mengonsumsi obat penyakit hati.

3. Sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah

Beberapa obat penurun tekanan darah dapat sekaligus meningkatkan kadar kalium di dalam darah. Dengan kata lain, menambah dosis kalium lewat konsumsi jus mengkudu hanya akan membuat tubuh Anda kelebihan kalium.

4. Mengonsumsi obat lainnya

Hindari mengonsumsi buah mengkudu ketika Anda mengonsumsi obat lainnya, seperti warfarin. Obat ini ditujukan untuk memperlambat penggumpalan darah, namun konsumsi buah mengkudu berpotensi menurunkan efektivitas obat tersebut.Buah mengkudu juga harus dihindari saat Anda tengah mengonsumsi obat yang bersifat diuretik. Obat ini pun biasanya menghasilkan sejumlah kalium yang dilepas ke tubuh sehingga konsumsi buah mengkudu hanya akan menambah tingginya kadar kalium  di dalam darah.

Pesan dari SehatQ

Mengingat manfaat buah mengkudu yang luar biasa di atas, tidak mustahil Anda menjadi ingin mengkonsumsinya. Namun Anda sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum mencobanya. Apalagi bila Anda memiliki kondisi medis tertentu.Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter seputar manfaat buah pace atau mengkudu untuk kesehatan, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
makanan sehatsuperfoodherbalbuah dan sayuran
Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/noni-juice-what-you-need-to-know-88326
Diakses pada 25 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/noni-juice#benefits
Diakses pada 25 september 2019
Journal of Dentistry Indonesia. https://scholarhub.ui.ac.id/jdi/vol23/iss3/1/
Diakses pada 10 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait