Dikenal Membahayakan Kesehatan, Ternyata Ini Manfaat Minuman Bersoda

(0)
Ada manfaat minuman bersoda yang jarang orang ketahuiManfaat minuman bersoda dapat melepas dahaga, terlebih jika diminum saat cuaca panas
Minuman bersoda memang seringkali dianggap sebagai salah satu jenis minuman yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Hal ini tak bisa dipungkiri karena sejumlah penelitian telah membuktikannya. Namun di balik bahayanya yang mengintai, ternyata terselip manfaat minuman bersoda yang jarang orang ketahui.

Benarkah ada manfaat minuman bersoda?

Manfaat minuman bersoda jarang orang ketahui
Manfaat minuman bersoda ternyata dapat melepas dahaga
Minuman bersoda adalah jenis minuman yang mengandung karbon dioksida. Hal ini yang membuat munculnya gelembung-gelembung dalam air yang menempel di dinding wadahnya.Dengan adanya gelembung dalam minuman bersoda, tak ayal orang yang meminumnya akan merasakan sensasi tersendiri saat menenggaknya.Selain karbon dioksida, minuman bersoda juga mengandung campuran gula, asam sitrat, kafein, pemanis buatan seperti sirup jagung fruktosa, dan kandungan lainnya.Akibat berbagai kandungan minuman bersoda itulah para pelaku diet dan ahli kesehatan mengingatkan bahaya minuman bersoda. Akan tetapi, di balik bahaya minuman bersoda yang mengintai, nyatanya terselip manfaat minuman bersoda bagi kesehatan.Berikut adalah manfaat minuman bersoda selengkapnya.

1. Melepas dahaga

Salah satu manfaat minuman bersoda adalah dapat membantu menghilangkan rasa dahaga yang dirasakan. Terlebih saat cuaca sedang panas-panasnya dan Anda membutuhkan asupan cairan untuk membuat Anda merasa segar kembali.Akan tetapi, jenis minuman paling baik untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang tetaplah air putih.Sebab, minuman bersoda mengandung kafein yang bersifat diuretik sehingga berisiko membuat Anda mengalami dehidrasi karena sering buang air kecil.

2. Mengurangi sembelit

Manfaat minuman bersoda berikutnya adalah mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut dan mengurangi sembelit.Sebuah hasil penelitian dilakukan pada 40 orang dewasa tua yang pernah mengalami stroke, rata-rata mengalami frekuensi buang air besar dua kali lipat ketika minum minuman bersoda. Terlebih, para peserta penelitian melaporkan adanya penurunan gejala sembelit sebesar 58%.Kemudian, sebuah hasil studi terkontrol melibatkan 21 orang partisipan dengan gangguan pencernaan kronis yang mengonsumsi minuman bersoda selama 15 hari berturut-turut.Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya pengurangan gejala gangguan pencernaan yang signifikan, termasuk sembelit dan pengosongan kantong empedu.Meski demikian, perlu diingat bahwa manfaat minuman bersoda ini bukanlah cara yang sehat untuk melancarkan pencernaan.

3. Meningkatkan rasa kenyang

Minuman bersoda bisa meningkatkan rasa kenyang dibandingkan dengan minum air putih.Ya, minuman bersoda dapat membantu makanan tetap berada di dalam perut lebih lama sehingga meningkatkan rasa kenyang. Hal ini tak terlepas dari kandungan gula dan gas yang tinggi di dalam minuman soda.Kendati demikian, manfaat minuman bersoda satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna membuktikan keefektifannya.

4. Meningkatkan kemampuan menelan

Sebuah hasil studi menunjukkan bahwa manfaat minuman bersoda dapat meningkatkan kemampuan menelan pada orang dewasa muda dan tua.Sebuah penelitian melibatkan 16 orang partisipan dalam kondisi sehat yang diminta berulang kali menelan berbagai jenis cairan. Hasilnya, minuman bersoda ternyata dapat merangsang saraf yang bertanggung jawab untuk menelan.Lebih lanjut, hasil studi lain menunjukkan bahwa konsumsi minuman bersoda yang dingin dapat memaksimalkan manfaat minuman bersoda ini.

Bahaya minuman soda untuk kesehatan

Manfaat minuman bersoda adalah melepas dahaga
Bahaya minuman soda berasal dari kandungan gas dan gula yang tinggi
Meski ada berbagai manfaat minuman bersoda bagi kesehatan, perlu digarisbawahi bahwa minuman bersoda biasanya sudah ditambahkan dengan berbagai macam rasa dan gula dalam jumlah tinggi.Hal tersebut yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan hingga kondisi medis lainnya, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini:

1. Merusak gigi

Kandungan asam dan gula yang terkandung pada minuman bersoda ternyata memainkan peran penting pada kerusakan gigi.Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa kombinasi kandungan keduanya dapat menyebabkan lapisan email gigi menjadi terkikis. Inilah yang menjadi salah satu bahaya minuman bersoda yang mengintai.

2. Memengaruhi kesehatan tulang

Bahaya minuman bersoda juga dapat memengaruhi kesehatan tulang.Minuman bersoda mengandung kadar fosfor yang tinggi, serta tidak memiliki kalsium dan nutrisi sehat lainnya. Padahal, manfaat kalsium sangat penting selama pertumbuhan masa kanak-kanak dan remaja.Jika anak-anak mengonsumsi lebih banyak minuman bersoda dibandingkan kalsium, maka dapat merusak kesehatan tulang sehingga membuatnya cepat keropos.

3. Meningkatkan risiko obesitas

Bahaya minuman soda berikutnya adalah meningkatkan risiko obesitas. Hal ini disebabkan oleh kandungan minuman bersoda yang kaya akan kalori.Ketika kalori berlebihan masuk ke dalam tubuh maka dapat meningkatkan risiko obesitas. Tidak hanya bagi orang yang sudah dewasa, anak-anak juga dapat berisiko menderita obesitas.

4. Meningkatkan risiko diabetes

Bahaya minuman soda bisa meningkatkan risiko diabetes. Hal ini karena kandungan gula yang sangat tinggi pada minuman soda dapat berpotensi tinggi memicu hati gagal dalam memproduksi hormon insulin yang berguna untuk mengolah glukosa.Akibatnya, kadar gula darah Anda dapat meningkat sehingga menyebabkan kondisi resisten insulin. Resistensi insulin bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung.

5. Meningkatkan risiko penyakit jantung

Konsumsi gula yang berasal dari minuman soda terus menerus nyatanya dapat meningatkan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk tekanan darah tinggi hingga peningkatan kolesterol. Inilah yang menjadi bahaya minuman bersoda lainnya.

6. Mengganggu kinerja otak

Bahaya minuman bersoda yang tak kalah penting adalah dapat mengganggu kinerja otak lantaran kandungan pemanis buatan di dalamnya.Pemanis buatan, seperti aspartam, yang biasanya mengandung fenilalanin dapat menimbulkan sakit kepala, gejala kejang pada individu yang rentan, insomnia, fungsi otak terganggu, demensia, hingga penyakit stroke.

Catatan dari SehatQ

Jika Anda ingin sesekali minum minuman bersoda, sebaiknya konsumsi jenis minuman soda diet. Umumnya soda diet relatif aman karena kadar pemanis buatannya dianggap tidak membahayakan kesehatan.Meski ada berbagai manfaat minuman bersoda yang diyakini baik untuk kesehatan, nyatanya manfaat tersebut tidak sebanding dengan bahaya minum soda yang mengintai.Jadi, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya.
minuman tidak sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/carbonated-water-good-or-bad#digestive-health
Diakses pada 7 Juli 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-ways-sugary-soda-is-bad-for-you#section1
Diakses pada 7 Juli 2020
Live Strong. https://www.livestrong.com/article/493032-are-there-any-health-benefits-for-soda/
Diakses pada 7 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6080735/
Diakses pada 7 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/21551998
Diakses pada 7 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12352219
Diakses pada 7 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26607248
Diakses pada 7 Juli 2020
NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22843761
Diakses pada 7 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait