Manfaat daun tin ada beragam mulai dari turunkan gula darah hingga cegah TBC
Manfaat daun tin salah satunya adalah untuk menurunkan gula darah

Pernah dengar manfaat daun tin untuk kesehatan? Tanaman yang satu ini, kerap digadang-gadang membantu menurunkan gula darah. Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang menarik untuk diketahui, mulai dari potensinya untuk mencegah herpes, hingga TBC.

Lalu, apa itu sebenarnya daun tin? Apakah Anda pernah lihat patung romawi kuno yang bebentuk seperti manusia? Biasanya ada tiruan selembar daun yang menutupi bagian genital patung. Daun tersebut adalah daun tin.

Daun ini memang sudah sejak lama digunakan masyarakat untuk berbagai keperluan. Bahkan, pohon tin, juga dijuluki sebagai tanaman surga.

Manfaat daun tin untuk kesehatan

Alat ukur kadar gula darah berkaitan dengan manfaat daun tin untuk kesehatan
Daun tin baik untuk dikonsumsi penderita diabetes

Dari sekian banyak mitos mengenai manfaat daun tin untuk kesehatan, berikut ini manfaat yang sudah diteliti secara ilmiah.

1. Baik untuk penderita diabetes

Manfaat daun tin yang cukup terkenal adalah sebagai penurun gula darah. Sudah ada beberapa penelitian yang mencoba membuktikan khasiat tin yang berhubungan dengan diabetes.

Hasilnya, ekstrak daun tin yang dikonsumsi setelah makan, dapat mengurangi kadar gula darah di tubuh. Konsumsi ekstrak daun tin juga dinilai dapat menurunkan ketergantungan terhadap suntikan insulin dosis tinggi, serta memperlambat produksi glukosa di hati.

Meski begitu, riset ini belum dilakukan pada skala yang besar. Masih dibutuhkan penelitan tambahan untuk benar-benar memastikan khasiat daun tin yang satu ini.

2. Menurunkan kadar trigliserida

Selain membantu menurunkan kadar gula darah, daun tin juga dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh. Trigliserida adalah lemak yang tersimpan di dalam tubuh manusia, yang umumnya digunakan sebagai cadangan energi.

Jika kadar trigliserida di dalam tubuh berlebihan, maka risiko seseorang terkena obesitas, stroke, dan penyakit jantung pun akan meningkat.

3. Memelihara kesehatan hati

Pada penelitian yang dilakukan menggunakan hewan uji, ekstrak daun tin terbukti dapat melakukan aktivitas hepatoprotektif. Artinya, ekstrak daun ini berpotensi untuk melindungi jaringan hati dari kerusakan.

4. Mencegah TBC

Ekstrak daun tin juga dinilai dapat membasmi Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab TBC. Manfaat buah tin ini didapatkan dari penelitian menggunakan ekstrak ethanol dengan kadar yang sudah disesuaikan.

5. Menghilangkan parasit

Ekstrak daun tin juga terbukti dapat menimbulkan aktivitas nematicidal. Artinya, ekstrak daun ini mampu untuk membunuh parasit-parasit penyebab penyakit.

6. Mencegah herpes

Ekstrak daun tin, sudah pernah diteliti untuk melihat pengaruhnya terhadap herpes simplex virus (HSV), virus penyebab herpes. Hasilnya, tanaman ini terbukti dapat membunuh HSV, apabila diberikan dalam dosis tertentu.

Perlu diingat, kebanyakan manfaat daun tin di atas, didapatkan dari ekstraknya. Manfaat ekstrak daun tin tidak bisa diperoleh secara langsung dengan mengonsumsinya. Perlu ada metode khusus untuk bisa mendapatkan ekstrak daun tin.

Selain itu, ekstrak yang didapatkan pun bisa memiliki kandungan yang berbeda-beda, tergantung dari jenis komponen kimiawi yang ingin diambil.

Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen herbal yang mengandung daun tin, pastikan suplemen tersebut adalah produk asli dan sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Risiko mengonsumsi daun tin

Tangan gatal salah satu ciri alergi daun tin
Bagi beberapa orang, daun tin bisa menimbulkan gejala alergi seperti gatal-gatal

Di balik manfaat daun tin yang beragam, tetap ada risiko yang dapat muncul apabila Anda mengonsumsinya. Pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, ekstrak methanol dan triterpenoid dari daun tin, memiliki sifat iritan. Artinya, pada beberapa orang, ekstrak ini dapat memicu timbulnya iritasi.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan risiko alergi yang mungkin muncul. Apabila setelah mengonsumsi suplemen maupun olahan daun tin, muncul gejala alergi seperti kemerahan di kulit, bentol-bentol, hingga sesak napas, segera periksakan diri ke dokter.

Catatan dari SehatQ

Manfaat daun tin untuk kesehatan begitu beragam, mulai dari menurunkan kadar gula darah, hingga mencegah infeksi herpes dan TBC. Meski begitu, dalam menggunakan bahan-bahan herbal atau alami untuk mengobati penyakit, diperlukan cara-cara khusus yang tidak sembarangan.

Sebab, penggunaannya secara sembarangan dikhawatirkan justru akan memperparah kondisi atau menyebabkan timbulnya efek samping yang sebenarnya bisa dicegah. Ada baiknya, sebelum menggunakan bahan alami apapun, termasuk daun tin, konsultasikan terlebih dahulu ke dokter dan cari tahu sebanyak-banyaknya mengenai khasiat dan cara pakai tanaman tersebut.

Hindawi. https://www.hindawi.com/journals/ecam/2013/974256/
Diakses pada 27 Desember 2019

Live strong. https://www.livestrong.com/article/267172-can-you-eat-fig-leaves/
Diakses pada 27 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327207.php
Diakses pada 27 Desember 2019

Artikel Terkait