logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Hidup Sehat

Dijuluki Makanan Super, Inilah Manfaat Cranberry untuk Kesehatan

open-summary

uah cranberry termasuk golongan buah berry yang memiliki nutrisi dan antioksidan yang tinggi. Di balik rasanya yang asam, ada banyak manfaat bagi kesehatan.


close-summary

5

(3)

20 Jun 2020

| Adhenda Madarina

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Manfaat cranberry melimpah sehingga dijuluki makanan super

Buah cranberry yang masih segar

Table of Content

  • Kandungan buah cranberry yang tinggi nutrisi
  • Manfaat cranberry untuk kesehatan
  • Pesan dari SehatQ

Bersama dengan strawberry, blueberry, dan murbei, buah cranberry termasuk dalam buah-buahan berry yang kaya akan nutrisi. Manfaat cranberry untuk kesehatan rupanya juga tak kalah dengan buah berry lainnya.

Advertisement

Banyak orang menganggap buah cranberry sebagai superfood karena kandungan nutrisi dan antioksidannya yang tinggi. Apabila dibandingkan dengan buah lainnya, buah cranberry memiliki kalori dan gula yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes sekalipun.

Baca Juga

  • Potensi Manfaat Kuaci untuk Ibu Hamil yang Tidak Boleh Diremehkan
  • Cemilan Sehat untuk Diet yang Efektif Menurunkan Berat Badan
  • Mengenal Chicory, Tanaman Herbal dengan Segudang Manfaat

Kandungan buah cranberry yang tinggi nutrisi

Buah cranberry memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas. Selain tinggi antioksidan, buah cranberry juga mengandung nutrisi dan mineral penting lainnya, seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, zinc dan sodium.

Namun, meski kaya akan gizi, mengonsumsi buah cranberry tidak boleh berlebihan. Pasalnya, terlalu banyak makan cranberry bisa memicu sakit perut atau penyakit diare, karena rasanya yang cukup asam.

Baca juga: 18 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi untuk Jaga Kesehatan Anda

Manfaat cranberry untuk kesehatan

Di samping beberapa fakta di atas, berikut manfaat buah cranberry yang baik bagi tubuh Anda.

1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat buah cranberry di antaranya adalah membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Buah cranberry terbukti membantu meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah, yang dapat memperlancar sirkulasi dan aliran darah.

Sirkulasi darah yang berjalan dengan lancar juga berkontribusi dalam meningkatkan energi dan fungsi kognitif. Selain itu, buah cranberry juga dapat menurunkan tekanan darah Anda.

2. Mencegah resistensi antibiotik

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Universitas McGill, Kanada, para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak buah cranberry dapat mencegah terjadinya resistensi bakteri berkembang.

Para peneliti memilih beberapa bakteri penyebab penyakit infeksi saluran kemih, pneumonia, dan gastroenteritis, yang biasanya menjadi resisten terhadap pengobatan antibiotik.

Buah cranberry membuat dinding sel bakteri tersebut lebih mudah ditembus oleh antibiotik sehingga bakteri kesulitan memompa antibiotik untuk keluar.

Meski demikian, studi ini masih tergolong sebagai penelitian awal sehingga membutuhkan beberapa studi lanjutan untuk benar-benar membuktikan temuan ini.

3. Mengurangi risiko infeksi saluran kemih

Salah satu manfaat buah cranberry yang cukup populer adalah mencegah infeksi saluran kemih (ISK), baik pada anak-anak maupun wanita. Tingginya kadar proanthocyanidins dalam buah cranberry membantu menurunkan kemampuan bakteri untuk menempel pada dinding saluran kemih dan mencegah terjadinya infeksi.

Akan tetapi, dibutuhkan konsentrasi cranberry yang besar untuk mencegah bakteri menempel di dinding saluran kemih sehingga pengobatan dari dokter tidak boleh diabaikan.

4. Meningkatkan kemampuan otak

Manfaat cranberry lainnya adalah meningkatkan fungsi otak. Senyawa antioksidan dan anti peradangan yang ada dalam buah cranberry dapat meningkatkan daya ingat dan koordinasi. Jadi, jika Anda ingin tetap memiliki daya ingat yang kuat hingga tua nanti, konsumsilah buah cranberry secara rutin.

5. Mencegah kanker

Buah cranberry mengandung polifenol (sejenis antioksidan) dan isoprenoid, yang keduanya dapat berkontribusi pada pencegahan kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah cranberry dapat bermanfaat dalam memperlambat perkembangan tumor dan menunjukkan efek positif terhadap kanker prostat, payudara, hati, usus besar, dan kanker ovarium.

6. Membantu menurunkan berat badan

Buah cranberry memiliki efek pengemulsi pada lemak yang tersimpan dalam tubuh sehingga membantu menurunkan berat badan. Buah cranberry juga kaya akan serat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga sistem pencernaan, menjadikan Anda tetap kenyang lebih lama, dan mencegah perubahan besar dalam gula darah Anda. Dengan begitu, secara tak langsung pola makan Anda dapat terkontrol.

Selain itu, mengonsumsi serat yang cukup juga membantu Anda terhindar dari kembung dan sembelit. Perlu diingat bahwa buah cranberry akan lebih baik dikonsumsi secara langsung saat masih segar, bukan diolah menjadi jus atau semacamnya supaya kandungan serat dapat dimanfaatkan dengan optimal.

7. Mencegah kerusakan pada gigi

Manfaat kesehatan dari buah cranberry bahkan meluas ke mulut Anda karena buah ini dapat membantu mencegah penyakit gusi. Manfaat buah cranberry ini bersumber dari kandungan proanthocyanidins, yaitu senyawa pemberi warna merah dan biru pada buah yang berkhasiat untuk menangkal infeksi.

Senyawa inilah yang mampu mencegah bakteri menempel pada permukaan mulut, seperti gigi dan gusi, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi.

8. Mengontrol gula darah

Seperti yang sudah dibahas di atas, buah cranberry adalah salah satu buah dengan kadar gula yang rendah. Selain itu, cranberry sebenarnya dapat membantu mengendalikan gula darah Anda karena mengandung mineral mangan.

Sebuah penelitian dalam Journal of Research in Medical Science menemukan bahwa makan buah cranberry setiap hari membantu mengatur gula darah pada pasien pria yang memiliki diabetes tipe 2. Namun dengan syarat, pastikan ketika mengonsumsi buah cranberry tidak dibarengi dengan pemanis apa pun.

9. Menjaga kesehatan jantung

Buah cranberry mengandung senyawa polifenol, quercetin, dan antosianin yang diketahui baik untuk kesehatan jantung. Ketiga senyawa tersebut dapat meningkatkan fungsi endotel,  atau sel yang melapisis peredaran darah jantung hingga kapiler.

Dikutip dari penelitian dalam The American Journal of Clincial Nutrition, mengonsumsi jus cranberry selama 4 minggu secara rutin, dapat menurunkan gelombang nadi serta ukuran kekakuan aorta. 

Kecepatan gelombang nadi yang baik mengindikasikan seberapa sehat fungsi organ jantung Anda. Sementara berkurangnya kekakuan aorta diartikan sebagai penurunan tekanan darah.

Baca juga: Tak Hanya Lezat, Ini Beragam Manfaat Buah Blackberry

Pesan dari SehatQ

Pada dasarnya, buah cranberry memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebagian besar manfaat tersebut bisa Anda dapatkan dengan memakannya dalam bentuk utuh dan tanpa pemanis.

Anda bisa membeli buah cranberry di berbagai toko daring apabila Anda kesulitan menemukannya di pasar swalayan. Pilihlah buah cranberry yang segar agar Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Jika ingin berkonsultasi langsung pada dokter, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.

Advertisement

buah dan sayuran

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved