Obat Digigit Kelabang, Bagaimana Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan?


Gigitan kelabang dapat memicu infeksi dan kemuncuan gejala seperti demam, gatal-gatal, hingga jantung berdebar. Cara mengatasi gigitan dapat dilakukan dengan perawatan rumahan dan tindakan medis.

(0)
30 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Digigit kelabang ternyata bisa menimbulkan efek samping yang mengerikanDigigit kelabang bukanlah hal yang sepatutnya disepelekan.
Digigit kelabang mungkin pernah dialami banyak orang. Namun, masih jarang yang tahu efek samping dan bahaya racun kelabang saat sudah masuk ke dalam tubuh manusia.Perlu diketahui, kelabang bukan serangga yang agresif terhadap manusia. Meski begitu, ketika merasa "diserang", serangga yang masuk dalam kelas chilipoda ini akan melawan dengan cara menggigit siapapun yang dianggap lawannya.Mari pahami efek samping, bahaya digigit kelabang, beserta pertolongan pertama jika Anda, teman, atau keluarga digigit kelabang hingga cara mencegah kelabang masuk rumah berikut.

Digigit kelabang, apa saja gejalanya?

Digigit kelabang akan terasa menyakitkan bagi beberapa orang. Semakin besar ukuran kelabang, semakin sakit juga gigitannya.Gejala digigit kelabang dapat sangat terlihat dari bekas gigitannya, yakni berupa dua lubang kecil yang menjadi “pintu” masuk racun ke dalam tubuh manusia.Gejala sakit akibat digigit kelabang tidaklah sama. Rasa nyerinya bervariasi, sesuai dengan jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh kita.Biasanya, kelabang berukuran kecil hanya akan mengeluarkan sedikit racun, sehingga menyebabkan rasa sakit seperti disengat lebah.Namun, kelabang berukuran “jumbo” bisa memproduksi racun dalam jumlah besar, sehingga rasa sakit yang dirasakan akibat gigitan lipan mungkin akan lebih intens.Selain rasa sakit, pembengkakan dan kemerahan kulit juga akan muncul seusai digigit kelabang. Sejumlah gejala lain akibat gigitan kelabang, yang perlu Anda waspadai meliputi:Walau jarang terjadi, digigit kelabang juga bisa menimbulkan reaksi anafilaksis yang bisa mengancam nyawa. Ditambah lagi, pernah ada kasus kematian setelah digigit kelabang.Selain itu, ada juga kasus digigit kelabang yang menimbulkan gejala lebih parah, berupa kurangnya oksigen ke otot jantung, serangan jantung, darah dalam urine, hemoglobin dalam urine, perdarahan hebat, hingga infeksi kulit.Meski jarang terjadi, gejala digigit kelabang ini tetap harus diwaspadai. Jangan pernah remehkan gigitan serangga yang satu ini, walau lukanya berukuran mungil.

Pertolongan pertama digigit kelabang

Kelabang
Digigit kelabang, kenali pertolongan pertamanya
Digigit kelabang akan menimbulkan luka gigitan yang hampir mirip seperti gigitan serangga berbahaya lainnya. Masalahnya, digigit kelabang bisa terjadi di berbagai kesempatan tanpa Anda sadari.Sebagai contoh, saat Anda sedang tidur atau sedang mandi. Itu sebabnya, mengetahui jenis serangga apa yang menggigit Anda sangatlah penting.Sejatinya, berkonsultasi dengan dokter adalah opsi yang paling bijak saat digigit kelabang. Namun, beberapa pertolongan pertama ini bisa Anda lakukan, untuk mengurangi risiko terjadinya komplikasi yang lebih parah.Berikut cara mengobati gigitan kelabang melalui perawatan rumahan:
  • Letakkan kompres hangat ke area yang terdampak atau rendam bagian kulit yang digigit kelabang dengan air hangat. Langkah ini diharapkan bisa “mematikan” racun kelabang yang masuk ke dalam tubuh.
  • Letakkan kompres dingin untuk mengatasi pembengkakan akibat digigit kelabang.
  • Konsumsi obat-obatan untuk mengatasi nyeri, reaksi alergi, hingga peradangan.
Gigitan kelabang harus diperlakukan layaknya luka biasa. Maka dari itu, Anda juga bisa mengoleskan salep antibiotik dan wajib menjaganya dari kotoran.Jika gejalanya tidak mereda, datanglah ke dokter untuk memeriksakan diri. Sebab, dokter bisa meresepkan obat kortikosteroid untuk menyembuhkan gigitan kelabang.Perlu Anda ingat, jangan pernah meremehkan gigitan kelabang. Sebab, ada kemungkinan munculnya efek samping yang sangat berbahaya.

Digigit kelabang, apakah ada komplikasinya?

Kelabang
Digigit kelabang bukanlah kondisi yang bisa disepelekan
Komplikasi akibat digigit kelabang bisa muncul akibat infeksi, kerusakan pada kulit dan jaringan tubuh, yang disebabkan oleh gigitan kelabang tersebut.Itulah sebabnya dokter akan memberikan suntik tetanus atau antibiotik, jika ada infeksi yang disebabkan oleh gigitan kelabang.Segera datang ke dokter jika gejala digigit kelabang semakin parah, dan tidak sembuh dalam waktu 48 jam. Apalagi jika gejala digigit kelabang sampai menyebabkan demam.Selain itu, jika ada pembengkakan di bagian mulut, lidah, bibir, hingga tenggorokan setelah digigit kelabang, mintalah seseorang untuk mengantar Anda ke rumah sakit secepatnya.

Cara mencegah kelabang masuk rumah

Mengingat bahaya yang bisa ditimbulkan akibat digigit kelabang, salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah mencegah kelabang-kelabang tersebut masuk ke rumah. Berikut adalah beberapa cara yang direkomendasikan untuk mencegah kelabang masuk ke rumah. 
  • Gunakan dehumidifier atau penyedot udara agar ruangan tidak lembab
  • Tutup semua jalur masuk kelabang seperti jendela hingga lubang di sela dinding 
  • Gunakan jebakan serangka atau sticky traps di bagian rumah yang menjadi tempat masuk kelabang, seperti di jendela dekat area kebun, di pot tanaman dan di tempat potensial lainnya
  • Bersihkan rumah dari sumber makanan kelabang seperti sumber genangan air, serangga, bau busuk dan lainnya

Catatan dari SehatQ

Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk mengatasi gigitan kelabang. Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat memberikan kompres hangat untuk mematikan racun, serta kompres dingin guna mengurangi bengkak.Obat digigit serangga yang bisa Anda konsumsi antara lain pereda nyeri, antihistamin, hingga anti-peradangan. Anda juga bisa mengoleskan salep antibiotik untuk mempercepat proses penyembuhan.Jika luka tak kunjung membaik dan bertambah parah usai Anda melakukan perawatan rumahan, segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan memberikan suntik tetanus, obat antibiotik, dan kortikosteroid untuk menyembuhkan gigitan kelabang.
penyakitkeracunangigitan serangga
Healthline. https://www.healthline.com/health/centipede-bites
Diakses pada 16 Juni 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/centipede-bites#effects
Diakses pada 16 Juni 2020
Pest control zone. https://pestcontrolzone.com/how-to-get-rid-of-centipedes-naturally/ Diakses pada 13 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait