Makan Banyak Tapi Tetap Langsing? Ini Rekomendasi Diet untuk Tipe Tubuh Ectomorph


Ada orang yang makan apa saja namun berat badannya tetap stabil. Bisa jadi, mereka memiliki tipe tubuh ectomorph yang metabolismenya cukup tinggi. Pilihan diet ectomorph adalah yang mengonsumsi karbohidrat lebih tinggi dibandingkan dengan lemak.

0,0
02 Jul 2021|Azelia Trifiana
Pemilik tubuh ectomorph bisa menjaga tubuh tetap langsing walau makan banyakPemilik tubuh ectomorph bisa menjaga tubuh tetap langsing walau makan banyak
Pernah tak habis pikir dengan orang-orang yang makan apa saja namun berat badannya tetap stabil? Bisa jadi, mereka memiliki tipe tubuh ectomorph yang metabolismenya cukup tinggi. Pilihan diet ectomorph adalah yang mengonsumsi karbohidrat lebih tinggi dibandingkan dengan lemak.Namun perlu diingat bahwa memiliki tipe tubuh ectomorph bukan berarti bebas makan apa saja. Gaya hidup kurang sehat juga bisa membuat mereka rentan menderita penyakit.

Mengenal tipe tubuh ectomorph

Orang dengan tipe tubuh ectomorph akan tampak tinggi, langsing, dan tidak mudah gemuk. Kadar sensitivitas insulin mereka lebih tinggi, itu sebabnya bisa saja mereka mengonsumsi pizza atau spaghetti dan tidak ada dampak apa-apa terhadap berat badannya.Biasanya, individu dengan ectomorph memiliki faktor genetik dengan metabolisme tubuh cukup cepat. Jadi, jelas bentuk tubuh mereka lebih langsing. Idealnya, diet ectomorph terdiri dari:
  • Karbohidrat 45%
  • Protein 35%
  • Lemak 20%
Secara teori, mungkin banyak yang mendambakan tipe tubuh semacam ini. Mereka bisa bebas makan apa saja tanpa khawatir berat badan akan bertambah. Namun, benarkah seideal itu?

Bukan berarti bebas makan apa saja

Faktanya, orang dengan tipe tubuh ectomorph tetap bukan berarti bebas makan apa saja. Dari waktu ke waktu, gaya hidup jarang bergerak sekaligus pola makan tak terjaga bisa membuat seseorang memiliki tumpukan lemak di bagian tubuh tertentu.Istilahnya adalah skinny fat, yaitu orang dengan berat badan normal namun massa lemaknya berlebih. Dalam jangka panjang, kondisi ini bisa berdampak pada kesehatan.Seperti yang tertera dalam studi Clinical Interventions in Aging, bahwa orang dengan massa otot rendah dan kelebihan lemak justru berisiko lebih tinggi mengalami gangguan kognitif.Perlu diingat pula bahwa pola makan sembarangan juga akan berdampak pada kesehatan seseorang, terlepas dari stabilnya berat badan atau indeks massa tubuh mereka.

Diet untuk tipe tubuh ectomorph

daging ayam rebus
Daging ayam baik untuk pemilik bentuk tubuh ectomorph
Jenis diet yang mengurangi asupan lemak adalah yang paling cocok bagi individu dengan tipe tubuh ectomorph. Contohnya termasuk vegan dan vegetarian yang memaksimalkan asupan protein berbahan nabati.Tak kalah penting, diet ectomorph yang sangat tidak direkomendasikan adalah diet keto yang menganjurkan konsumsi lemak lebih tinggi ketimbang karbohidrat. Sebab, diet keto justru bisa meningkatkan stres fisik dan memerintah tubuh untuk menahan kelebihan berat badan.Untuk mengoptimalkan kesehatan mereka yang punya tipe tubuh ectomorph, pilih konsumsi makanan berikut:
  • Daging ayam
  • Makanan laut
  • Ikan
  • Telur
  • Daging rendah lemak
  • Yogurt atau susu rendah lemak
  • Buah-buahan (beri, jeruk, mangga, apel, pisang)
  • Sayuran (kembang kol, brokoli, asparagus, buncis)
  • Kacang-kacangan (almond, biji bunga matahari, biji labu kuning, pistachio)
  • Gandum (roti gandum, oat, beras cokelat, quinoa, ubi)
Dibandingkan dengan pola diet untuk mereka dengan tipe tubuh mesomorph dan endomorph, diet ectomorph lebih menonjolkan asupan karbohidrat. Jadi, sangat cocok bagi yang tidak sejalan dengan konsep bahwa diet itu membatasi asupan karbohidrat.Berkat metabolisme yang cepat serta kemampuan tubuh ectomorph dalam memproses karbohidrat, maka tak ada masalah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Sebut saja pasta. Risikonya tidak setinggi individu dengan tipe tubuh lain.Namun meski tak ada pantangan, tentu konsumsi karbohidrat ini tetap harus dalam porsi sewajarnya.Di sisi lain, individu dengan hybrid ectomorph atau memiliki kelebihan lemak di pinggang sebaiknya tidak menjalani diet tinggi karbohidrat. Tak kalah penting, pilih karbohidrat kompleks yang rendah gula sekaligus rendah kalori.

Olahraga untuk tipe tubuh ectomorph

olahraga lari
Olahraga lari cocok untuk pemilik tubuh ectomorph
Individu dengan tipe tubuh ectomorph memiliki tulang panjang dan serat otot tipe 1. Jenis serat otot ini lebih tahan lelah dan juga bisa kontraksi berulang karena kandungan oksigen dan mitokondria yang tinggi.Oleh sebab itu, olahraga yang direkomendasikan untuk tipe tubuh ectomorph adalah angkat beban. Selain itu, aktivitas yang memerlukan daya tahan tubuh seperti bersepeda dan berlari juga bisa jadi pilihan.Jangan lupa masukkan strength training dalam rutinitas olahraga fisik Anda. Contohnya gerakan seperti push up, squat, atau jumping jack bisa dilakukan 2 kali sehari dan dikombinasikan dengan olahraga dengan beban sebanyak 3 kali sehari.Dengan mencoba beberapa kombinasi olahraga di atas, massa otot akan bertambah. Sebab, individu dengan tipe tubuh ectomorph cenderung memiliki massa otot rendah.

Catatan dari SehatQ

Sebenarnya, tidak ada satu pola diet sempurna yang cocok untuk semua orang. Begitu pula dengan diet ectomorph. Meski tubuh orang dengan tipe ini cenderung bisa toleransi karbohidrat dan tidak mudah naik berat badan, tetap saja ada risiko jika pola makan tak terkendali.Apabila targetnya adalah mengurangi berat badan, rancangan diet lain yang membatasi kalori ketimbang karbohidrat lebih mungkin mencapai target.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar aturan porsi makan orang dengan tipe tubuh ectomorph, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan diethidup sehat
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/ectomorph-diet/
Diakses pada 19 Juni 2021
Clinical Interventions in Aging. https://www.dovepress.com/sarcopenic-obesity-and-cognitive-performance-peer-reviewed-fulltext-article-CIA
Diakses pada 19 Juni 2021
Ace Fitness. https://www.acefitness.org/education-and-resources/lifestyle/blog/5102/how-to-eat-and-train-for-an-ectomorph-body-type/
Diakses pada 19 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait