Diet Apa yang Cocok untuk Bentuk Tubuh Mesomorph yang Berotot?


Seseorang dengan persentase otot lebih tinggi ketimbang lemak tubuhnya berarti memiliki bentuk tubuh mesomorph. Tipe tubuh mesomorph mungkin tidak terlalu kesulitan menambah atau mengurangi berat badan.

0,0
01 Jul 2021|Azelia Trifiana
Bentuk tubuh mesomorph paling mudah menambah atau mengurangi berat badanBentuk tubuh mesomorph paling mudah menambah atau mengurangi berat badan
Seseorang dengan persentase otot lebih tinggi ketimbang lemak tubuhnya berarti memiliki bentuk tubuh mesomorph. Tipe tubuh mesomorph mungkin tidak terlalu kesulitan menambah atau mengurangi berat badan. Menambah dan mempertahankan massa otot pun bukan hal sulit.Oleh sebab itu, dibandingkan dengan tipe tubuh ectomorph dan endomorph, mereka yang mesomorph memiliki tubuh medium. Bentuknya cenderung persegi panjang dengan postur tegak.

Mengenal bentuk tubuh mesomorph

Bentuk tubuh mesomorph berarti tidak kelebihan atau kekurangan berat badan. Mereka bisa dengan mudah membangun otot serta memiliki lebih banyak otot ketimbang lemak dalam tubuhnya.Selain itu, beberapa karakteristik lain dari bentuk tubuh mesomorph adalah:
  • Kepala berbentuk cenderung kotak
  • Pundak dan dada berotot
  • Jantung besar
  • Tangan dan kaki berotot
  • Distribusi berat badan merata
Terkait dengan pola makan, mesomorph tidak punya pantangan khusus. Sebab, mereka bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Begitu pula sebaliknya. Berat badan mereka juga bisa naik dengan mudah.

Diet mesomorph

Tidak ada jenis diet atau pola makan spesifik untuk orang dengan tipe tubuh mesomorph. Secara alami, tubuh mereka memang lebih berotot dan menyimpan lemak. Jadi, perubahan bentuk tubuh atau naik turunnya berat badan tidak bergantung pada diet saja.Namun, jika ingin mengoptimalkan tipe tubuh sekaligus menjaga berat badan tetap ideal, perbanyak asupan protein dan kurangi karbohidrat.Untuk memudahkan analoginya, bayangkan piring terbagi menjadi 3 bagian dengan komposisi berikut:
  • Protein

ikan salmon
Ikan salmon sebagai sumber protein
Dengan porsi 1/3 piring, protein diperlukan untuk membentuk serta memperbaiki otot. Pilihan yang tepat adalah telur, daging ayam, ikan, biji-bijian, lentil, serta produk olahan susu dengan protein tinggi seperti Greek yogurt.
  • Buah dan sayur

Porsi 1/3 piring berikutnya sebaiknya diisi dengan buah dan sayur. Ini berlaku untuk tipe tubuh apapun. Pilih buah utuh dan segar, bukan yang sudah melalui proses pengolahan berlebihan yang menambah kadar gula atau sodium di dalamnya.Mengonsumsi buah dan sayur juga memberikan asupan serat dan antioksidan yang cukup. Ini dapat mengoptimalkan sistem imun serta memastikan otot berada dalam kondisi terbaiknya.
  • Lemak dan gandum utuh

buah alpukat
Alpukat sebagai sumbbber lemak
1/3 bagian piring terakhir sebaiknya diisi dengan lemak sehat dan juga gandum utuh. Contohnya mulai dari beras cokelat atau oatmeal yang bisa membuat sensasi kenyang bertahan lebih lama.Lemak juga tak kalah penting. Pilih jenis yang sehat seperti minyak kelapa, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan juga biji-bijian.Sementara terkait dengan berapa asupan kalori ideal, tentu setiap orang punya takaran berbeda-beda. Ada baiknya berkonsultasi dengan ahli gizi terlebih dahulu agar bisa menghitung secara akurat.Satu yang penting diingat, tingginya massa otot berarti perlu kalori lebih banyak sebagai bahan bakar otot itu. Bagi orang dengan bentuk tubuh mesomorph dan rutin berolahraga, perlu asupan kalori lagi untuk mengoptimalkan energi dan proses pemulihan.Mengonsumsi camilan sehat sebelum dan sesudah beraktivitas fisik bisa jadi pilihan tepat.

Olahraga untuk bentuk tubuh mesomorph

Baik perempuan maupun laki-laki bisa memiliki bentuk tubuh mesomorph. Untuk olahraga yang direkomendasikan, tidak ada satu formula khusus yang bisa diikuti semua.Namun, ada beberapa aktivitas fisik yang layak dicoba:
  • Latihan dengan beban

Weight training adalah jenis olahraga yang menguntungkan bagi orang dengan tipe tubuh mesomorph. Sebab, secara alami mereka memiliki bentuk tubuh dengan massa otot yang optimal. Jadi, tak ada salahnya orang mesomorph melakukan weight training setiap hari selama sepekan.Anda bisa memilih sendiri 3-4 jenis weight training dengan tambahan beban sedang hingga berat. Repetisi yang direkomendasikan adalah 8-12 kali. Jangan lupa untuk mengambil jeda selama 30-90 detik di antara tiap set.Bagi yang tidak ingin otot terlalu menonjol, pilih olahraga dengan repetisi lebih banyak. Namun, beban yang digunakan sebaiknya lebih ringan.
  • Cardio

Latihan cardio juga bisa menjadi pilihan aktivitas fisik bagi mereka dengan bentuk tubuh mesomorph. Alokasikan waktu antara 30-45 menit selama 3-4 kali sehari setiap minggunya.Bentuknya bisa berupa high intensity interval training (HIIT), berlari, berenang, atau bersepeda. Kombinasikan antara aktivitas berintensitas tinggi dengan yang ringan.Sementara bagi mesomorph yang memiliki lemak tubuh rendah, sebaiknya kurangi sesi olahraga cardio hanya 2 kali sepekan. Tentu, ini kembali lagi pada target masing-masing individu.

Catatan dari SehatQ

Mengetahui bentuk tubuh memang cukup seru, karena jadi bisa mengulik lebih dalam tentang pola makan, kebutuhan kalori, hingga olahraga yang direkomendasikan. Namun, selalu ingat bahwa tidak ada satu formula diet spesifik yang sesuai dengan bentuk tubuh tertentu.Sesuaikan semuanya dengan kondisi tubuh masing-masing. Bagi yang memiliki tubuh mesomorph, sesuaikan kebutuhan kalori dan protein dengan massa otot serta lemak dalam tubuh.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar program diet dan olahraga yang cocok bagi mesomorph, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan dietmenjaga kesehatan
Healthline. https://www.healthline.com/health/mesomorph-body-type-diet
Diakses pada 19 Juni 2021
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/mesomorph-diet/
Diakses pada 19 Juni 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/mesomorph-body-type
Diakses pada 19 Juni 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait