Intip Cara Mengecilkan Payudara Tanpa Operasi


Cara mengecilkan payudara secara alami antara lain dengan berolahraga, mengonsumsi teh hijau dan omega-3, hingga pijat. Meski hasilnya tidak sesignifikan operasi, namun cara-cara tersebut dianggap aman.

(0)
16 Sep 2019|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Cara mengecilkan payudara tanpa operasi bisa dilakukanAda beberapa cara mengecilkan payudara secara alami yang bisa dilakukan
Bagi Anda yang merasa memiliki payudara yang terlalu besar, ada beberapa cara mengecilkan payudara yang dapat dilakukan, antara lain berolahraga secara teratur, menghindari lemak dan gula, hingga mengonsumsi teh hijau dan kopi.Setiap wanita memiliki ukuran payudara berbeda-beda, ada yang kecil dan ada yang besar. Faktor genetik, berat badan, serta usia bisa memengaruhi ukuran payudara, begitu pula faktor hormonal (misalnya kehamilan, konsumsi obat-obatan tertentu, atau masalah pada kelenjar tiroid).Bagi sebagian orang, memiliki payudara terlalu besar dapat menimbulkan masalah kesehatan, misalnya sakit leher dan pundak. Jika Anda adalah salah satu wanita yang memiliki masalah demikian, berikut cara mengecilkan payudara secara alami yang bisa Anda pilih.

Cara mengecilkan payudara tanpa operasi

Cara cepat mengecilkan payudara tentu adalah lewat jalan operasi. Namun bagi Anda yang lebih memilih untuk melakukannya secara alami, berikut ini beberapa cara mengecilkan payudara yang bisa Anda lakukan di rumah.
cara mengecilkan payudara secara alami salah satunya dengan olahraga
Cara mengecilkan payudara secara alami salah satunya dengan olahraga

1. Berolahraga

Selain mengatur pola makan, berolahraga secara teratur juga merupakan cara mengecilkan payudara alami yang efektif. Anda disarankan melakukan olahraga secara rutin, setidaknya 4 kali seminggu selama 30 menit pada masing-masing sesi.Selain mempercepat proses pembakaran lemak tubuh, olahraga juga berpengaruh terhadap otot di bawah payudara sehingga payudara lebih kencang berukuran lebih kecil.Tentu, tidak semua olahraga bisa membantu mengecilkan payudara. Beberapa justru ada yang bisa membuat ukuran payudara menjadi lebih besar. Namun yang pasti, semua olahraga pada dasarnya bisa membuat payudara menjadi lebih kencang.Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan payudara adalah latihan kardio atau aerobik, semisal menaiki tangga, bersepeda, atau jalan cepat, untuk mempercepat metabolisme tubuh sehingga mampu membakar lebih banyak lemak.Latihan kekuatan, misalnya push up, juga bisa mengencangkan otot dada dan memperkecil ukuran payudara jika dilakukan bersamaan dengan kardio.

2. Diet

Makanan merupakan salah satu penyebab utama payudara Anda berukuran besar mengingat lemak yang dihasilkan dari makanan tersebut juga ‘diserap’ oleh payudara. Semakin gemuk tubuh Anda, maka semakin besar pula ukuran payudara Anda.Oleh karena itu, salah satu cara mengecilkan payudara alami yang paling efektif adalah dengan memangkas berat badan berlebih.Caranya, dengan menjadikan daging putih, ikan, sayur, dan buah-buahan sebagai makanan diet Anda. Sebaliknya, hindari makanan olahan dan makanan atau minuman yang mengandung gula.

3. Konsumsi teh hijau

Teh hijau diketahui dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Minuman ini mengandung antioksidan dan dapat meningkatkan metabolisme di tubuh, sehingga pembakaran lemak dan kalori berlangsung lebih efektif.Kemampuan tersebut membuat teh hijau juga memangkas tumpukan lemak di area payudara, sehingga ukuran payudara akan mengecil secara alami.  
Mengonsumsi jahe bisa membantu mengecilkan payudara
Jahe dinilai bisa membantu mengecilkan payudara

4. Konsumsi jahe

Tak jauh berbeda dari teh hijau, jahe juga dapat membuat metabolisme tubuh berlangsung lebih efektif sekaligus memangkas tumpukan lemak berlebih di seluruh tubuh, termasuk payudara. Hal ini lah yang membuat rempah tersebut didapuk sebagai salah satu cara mengecilkan payudara yang bisa dicoba.

5. Konsumsi omega-3

Omega-3 merupakan asam esensial yang diperlukan tubuh untuk memaksimalkan fungsi otak, menurunkan tekanan darah, dan mengatur keseimbangan hormon. Fungsi terakhir sangat penting mengingat besarnya payudara dapat dipengaruhi oleh kondisi hormon yang tidak stabil.Asam omega-3 tidak diproduksi oleh tubuh, tapi Anda bisa mendapatkannya dari makanan, termasuk biji-bijian seperti flaxseed, ikan tuna, dan salmon. Suplemen yang mengandung omega-3 juga banyak dijual bebas.

6. Seimbangkan hormon

Hormon estrogen memegang peranan penting dalam pertumbuhan jaringan payudara. Saat Anda memiliki estrogen berlebih di tubuh, ukuran payudara pun akan ikut membesar. Karena itu, menyeimbangkan hormon bisa menjadi cara mengecilkan payudara yang efektif.Bagi Anda yang rutin mengonsumsi pil KB, kadar estrogen dan progesteron yang ada di dalam pil tersebut bisa membuat payudara bertambah besar, sehingga menghentikan konsumsinya bisa menjadi cara mengecilkan payudara yang efektif.

7. Manfaatkan putih telur

Cara lain untuk mengecilkan ukuran payudara adalah dengan mengencangkan kulit di sekitar payudara. Sebab payudara yang kendur bisa membuatnya terlihat lebih besar.Untuk membuat kulit payudara kembali kencang, Anda dapat mengoleskan masker yang terbuat dari putih telur di area tersebut.Cara membuatnya mudah. Anda cukup mengocok dua putih telur hingga berbusa dan mengembang, lalu oleskan ke area payudara dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.Namun, cara ini hanya akan membuat payudara kencang untuk sementara waktu, sehingga setelah efeknya hilang, payudara mungkin akan kembali terlihat kendur dan membesar.
Memilih bra yang tepat bisa membuat payudara terlihat lebih kecil
Memilih bra yang tepat bisa membantu mengecilkan payudara

8. Pilih bra yang tepat

Penggunaan bra memang tidak bisa mengecilkan ukuran payudara secara permanen, tapi cara ini bisa membantu Anda untuk menutupi besarnya organ ini untuk sementara waktu di acara-acara tertentu yang diperlukan.Jenis yang bisa Anda pilih adalah minimizer bra. Pada jenis ini, bentuk bra yang ada akan menutupi seluruh bagian payudara dan jaringan di sekitarnya, sehingga payudara akan terlihat lebih kecil.

9. Memakai pakaian ketat

Jika cara mengecilkan payudara di atas tidak berhasil, Anda bisa menyamarkan payudara besar Anda dengan pakaian atau bra yang ketat.Pastikan Anda tetap merasa nyaman dengan bahan pakaian tersebut dan tidak memasakan diri jika Anda malah merasa kesakitan dengan memakai bra yang terlalu menekan payudara.

10. Pijat payudara

Memijat area payudara secara rutin akan melancarkan sirkulasi darah di area tersebut dan membantu membakar lemak berlebih di payudara. Meski begitu, tentu cara ini tidak akan memberikan hasil yang signifikan dalam waktu singkat.Bila Anda merasa tidak nyaman dengan cara-cara di atas, silakan kunjungi dokter dan mendiskusikan langkah tepat untuk mengecilkan payudara Anda. Salah satu opsi yang Anda miliki adalah operasi payudara atau disebut sebagai mammaplasti.Baca Juga: Benarkah Memegang Payudara Membuatnya Jadi Semakin Besar?

Cara mengecilkan payudara dengan jalan operasi

Mammaplasti adalah prosedur yang digunakan untuk menghilangkan lemak, jaringan, dan kulit payudara agar buah dada Anda mengecil. Penting diingat bahwa cara mengecilkan payudara ini hanya boleh dilakukan oleh dokter bedah plastik yang kompeten karena terdapat risiko serta efek samping yang harus Anda ketahui sebelum menjalani mammaplasti.Beda dokter bedah, biasanya beda pula cara mereka melakukan mammaplasti. Namun secara umum, Anda akan dibius total kemudian dokter melakukan insisi di sekitar areola, lalu melakukan liposuksi untuk mengambil lemak berlebih pada payudara Anda, kemudian menutup kembali area insisi tersebut.Dokter akan berusaha untuk menyamakan ukuran kedua payudara, tapi kemungkinan ukuran payudara Anda tidak sama (asimetris) pascaoperasi bisa saja terjadi. Selain itu, luka bekas insisi bisa memudar seiring berjalannya waktu, tapi tidak bisa sepenuhnya sembuh seperti sedia kala.Ukuran sukses atau tidaknya suatu cara mengecilkan payudara bergantung dari tujuan Anda mengecilkan payudara itu sendiri. Bagi orang yang memiliki masalah kesehatan, pengecilan payudara bisa mengurangi tekanan pada punggung, leher, dan bahu Anda. Sedangkan pada orang yang mengecilkan payudara karena estetika, maka ia seharusnya menjadi lebih percaya diri.

Apakah minyak kayu putih bisa membuat payudara mengecil?

Minyak kayu putih merupakan hasil dari ekstraksi pohon kayu putih yang biasanya digunakan untuk menghangatkan badan dan mengurangi sakit kepala.Untuk penggunaan pada kulit, minyak kayu putih memang diperbolehkan selama tidak menunjukan reaksi alergi. Namun, belum ada penelitian lebih lanjut yang menemukan bahwa adanya efek mengecilkan ukuran payudara menggunakan minyak tersebut.Tak selamanya memiliki ukuran payudara yang besar itu menyenangkan. Nyatanya beberapa wanita sering mengalami keluhan seperti nyeri pada leher ataupun nyeri pada punggung.Jika keluhan ini sering muncul dalam waktu yang lama, sebaiknya Anda memeriksakan ke Dokter untuk penanganan lebih lanjut. Dokter umum biasanya akan merujuk ke Dokter Spesialis Bedah Plastik jika memerlukan tindakan operasi. Tindakan operasi merupakan pilihan terakhir yang bisa Anda coba jika pilihan yang telah diuraikan di atas tidak membantu Anda.
payudarakesehatan wanitatips kesehatan
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323920.php
Diakses pada 15 September 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-breast-size#remedies
Diakses pada 15 September 2019
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/breast-reduction-surgery/about/pac-20385246
Diakses pada 15 September 2019
First Cry Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/how-to-reduce-breast-size-naturally-10-easy-remedies-for-you/
Diakses pada 17 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait