Diet Hingga Operasi, Ini Cara Aman Mengecilkan Payudara

Berbagai cara mengecilkan payudara bisa Anda jalani, baik secara alami maupun operasi.
Ada beberapa cara mengecilkan payudara secara alami yang bisa dilakukan

Sebagian besar wanita yang mencari cara membesarkan payudara, tapi tidak sedikit juga yang mencari cara mengecilkan payudara. Bukan hanya karena estetika, alasan wanita yang ingin mengecilkan payudara juga bisa didasari atas pertimbangan medis maupun faktor psikologis.

Setiap wanita memiliki ukuran payudara berbeda-beda, ada yang kecil dan ada yang besar. Faktor genetik, berat badan, serta usia bisa memengaruhi ukuran payudara Anda, begitu pula faktor hormonal (misalnya kehamilan, konsumsi obat-obatan tertentu, atau masalah pada kelenjar tiroid).

Bagi sebagian orang, memiliki payudara terlalu besar dapat menimbulkan masalah kesehatan, misalnya sakit leher dan pundak. Jika Anda adalah salah satu wanita yang memiliki masalah demikian, berikut cara mengecilkan payudara yang bisa Anda pilih, mulai dari cara alami hingga operasi.

Bagaimana cara mengecilkan payudara secara alami?

Berolahraga merupakan salah satu cara mengecilkan payudara secara alami

Cara cepat mengecilkan payudara tentu adalah lewat jalan operasi. Namun sebelum Anda memilih jalan yang sangat mahal tersebut, terdapat cara alami mengecilkan payudara yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Diet

Makanan merupakan salah satu penyebab utama payudara Anda berukuran besar mengingat lemak yang dihasilkan dari makanan tersebut juga ‘diserap’ oleh payudara. Semakin gemuk tubuh Anda, maka semakin besar pula ukuran payudara Anda.

Oleh karena itu, untuk mengecilkan payudara, Anda juga harus menurunkan berat badan. Jadikan daging putih, ikan, sayur, dan buah-buahan sebagai makanan diet Anda. Sebaliknya, hindari makanan olahan dan makanan atau minuman yang mengandung gula.

  • Berolahraga

Selain mengatur pola makan, Anda juga sangat disarankan melakukan olahraga secara rutin, setidaknya 4 kali seminggu selama 30 menit pada masing-masing sesi. Selain mempercepat proses pembakaran lemak tubuh, olahraga juga berpengaruh terhadap otot di bawah payudara sehingga payudara lebih kencang berukuran lebih kecil.

Anda bisa memfokuskan latihan pada olahraga kardio atau aerobik, semisal menaiki tangga, bersepeda, atau jalan cepat, untuk mempercepat metabolisme tubuh sehingga mampu membakar lebih banyak lemak. Latihan kekuatan, misalnya push up, juga bisa mengencangkan otot dada dan memperkecil ukuran payudara jika dilakukan bersamaan dengan kardio.

  • Konsumsi teh hijau dan jahe

Teh hijau dan jahe mengandung antioksidan yang dipercaya bisa membantu Anda menurunkan berat badan dan mempercepat metabolisme tubuh. Fungsi inilah yang membuat keduanya juga digadang-gadang sebagai salah satu cara alami mengecilkan payudara.

  • Konsumsi asam omega-3

Omega-3 merupakan asam esensial yang diperlukan tubuh untuk memaksimalkan fungsi otak, menurunkan tekanan darah, dan mengatur keseimbangan hormon. Fungsi terakhir sangat penting mengingat besarnya payudara dapat dipengaruhi oleh kondisi hormon yang tidak stabil.

Asam omega-3 tidak diproduksi oleh tubuh, tapi Anda bisa mendapatkannya pada biji-bijian, ikan tuna, dan salmon. Suplemen yang mengandung omega-3 juga banyak dijual bebas.

  • Memakai pakaian ketat

Jika cara mengecilkan payudara di atas tidak berhasil, Anda bisa menyamarkan payudara besar Anda dengan pakaian atau bra yang ketat. Pastikan Anda tetap merasa nyaman dengan bahan pakaian tersebut dan tidak memasakan diri jika Anda malah merasa kesakitan dengan memakai bra yang terlalu menekan payudara.

Bila Anda merasa tidak nyaman dengan cara-cara di atas, silakan kunjungi dokter dan mendiskusikan langkah tepat untuk mengecilkan payudara Anda. Salah satu opsi yang Anda miliki adalah operasi payudara atau disebut sebagai mammaplasti.

Cara mengecilkan payudara dengan jalan operasi

Mammaplasti adalah prosedur yang digunakan untuk menghilangkan lemak, jaringan, dan kulit payudara agar buah dada Anda mengecil. Penting diingat bahwa cara mengecilkan payudara ini hanya boleh dilakukan oleh dokter bedah plastik yang kompeten karena terdapat risiko serta efek samping yang harus Anda ketahui sebelum menjalani mammaplasti.

Beda dokter bedah, biasanya beda pula cara mereka melakukan mammaplasti. Namun secara umum, Anda akan dibius total kemudian dokter melakukan insisi di sekitar areola, lalu melakukan liposuksi untuk mengambil lemak berlebih pada payudara Anda, kemudian menutup kembali area insisi tersebut.

Dokter akan berusaha untuk menyamakan ukuran kedua payudara, tapi kemungkinan ukuran payudara Anda tidak sama (asimetris) pascaoperasi bisa saja terjadi. Selain itu, luka bekas insisi bisa memudar seiring berjalannya waktu, tapi tidak bisa sepenuhnya sembuh seperti sedia kala.

Ukuran sukses atau tidaknya suatu cara mengecilkan payudara bergantung dari tujuan Anda mengecilkan payudara itu sendiri. Bagi orang yang memiliki masalah kesehatan, pengecilan payudara bisa mengurangi tekanan pada punggung, leher, dan bahu Anda. Sedangkan pada orang yang mengecilkan payudara karena estetika, maka ia seharusnya menjadi lebih percaya diri.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323920.php
Diakses pada 15 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-reduce-breast-size#remedies
Diakses pada 15 September 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/breast-reduction-surgery/about/pac-20385246
Diakses pada 15 September 2019

Banner Telemed