Diet Golongan Darah O, Apa Saja Makanan dan Menu yang Direkomendasikan?

03 Mei 2019 | Oleh
Bayam dan brokoli termasuk sayuran yang pas untuk menu diet golongan darah O
Sayuran, termasuk bayam dan brokoli, cocok untuk diet golongan darah O.

Diet sesuai dengan golongan darah telah populer sejak lama. Metode diet ini dipopulerkan oleh dr. Peter D’Adamo yang merupakan seorang dokter neuropati dan penulis buku “Eat Right 4 Your Type”. Dalam bukunya, ia menjelaskan tentang diet yang spesifik dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sesuai dengan golongan darah. Cara ini dianggapnya lebih optimal untuk menjaga kesehatan, dibandingkan diet lain.

Menurut Peter, golongan darah O merupakan golongan yang paling tua dibandingkan golongan darah lainnya. Pemilik golongan darah ini cenderung kuat, bisa diandalkan, dan produktif. Untuk mengenal lebih lanjut seputar diet golongan darah O, simak penjelasan berikut ini.

Rekomendasi Makanan Diet Golongan Darah O

Dalam menjalani diet ini, para pemilik golongan darah O disarankan mengonsumsi makanan tinggi protein, seperti halnya diet paleo maupun diet rendah karbohidrat. Bahan makanan yang direkomendasikan dalam diet untuk golongan darah O adalah:

  1. Daging, terutama daging tanpa lemak
  2. Ikan
  3. Sayuran, terutama bayam, brokoli, dan rumput laut
  4. Buah-buahan
  5. Minyak zaitun

Selain mengonsumsi makanan yang disebutkan, diet golongan darah O juga disertai olahraga seperti aerobik. Anda juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin yang dapat menunjang diet ini.

Selain makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh pemilik golongan darah O, ada pula makanan yang harus dihindari, seperti:

  1. Gandum
  2. Jagung
  3. Kacang-kacangan
  4. Kacang merah
  5. Produk susu
  6. Kopi
  7. Alkohol

Menu makanan yang paling tepat untuk diet golongan darah O juga ditentukan berdasarkan jam makan. Berikut adalah beberapa contoh menu sarapan, makan siang, dan makan malam untuk diet golongan darah O.

Menu Sarapan

Menu sarapan pagi yang disarankan bagi pemilik golongan darah O adalah roti panggang dengan mentega, yang dapat dikombinasikan dengan salad atau buah-buahan. Minuman yang pas diseduh saat pagi hari adalah teh hijau atau air minum hangat.

Menu Makan Siang

Di siang hari, pelaku diet golongan darah O dapat mengonsumsi semangkuk salad sayur atau buah, seperti selada dan tomat dengan minyak zaitun. Anda bisa menambahkan daging sebanyak 200 gram yang dipanggang. Mengonsumsi jus buah juga bisa menjadi pilihan untuk menemani santap siang Anda.

Menu Makan Malam

Semangkuk salad sayur dengan isi kubis, selada, timun, taoge, dan daging ayam menjadi pilihan sempurna bagi Anda yang melakukan diet golongan darah O.

Diet golongan darah O juga memiliki risiko. Peter mengatakan bahwa golongan darah O harus menekankan banyaknya protein hewani. Namun, hal ini sebenarnya dapat menyebabkan masalah kesehatan lain. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda tidak melakukannya secara ekstrem.

Referensi

Healthline. https://www.healthline.com/health/O-positive-blood-type-diet

Harvard Health Blog. https://www.health.harvard.edu/blog/diet-not-working-maybe-its-not-your-type-2017051211678

Diakses pada 8 Februari 2019

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top