Diet dengan Minum Jus Detox, Benarkah Efektif?

(0)
02 Jun 2020|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Jus detox merupakan jenis diet yang dilakukan dengan mengonsumsi jus dari sayur dan buah-buahanJus detox terdiri dari berbagai macam sayur dan buah yang menyehatkan
Apakah Anda pernah melakukan diet detox? Diet detox adalah suatu pola makan yang diterapkan untuk membersihkan tubuh dari racun. Salah satu jenis diet detox yang banyak dilakukan, yaitu minum jus detox. Detox dengan jus dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh sehingga membuatnya menjadi lebih sehat. Bahkan diet ini juga digadang-gadang dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

Apa itu jus detox?

Jus detox adalah jenis diet yang hanya melibatkan konsumsi jus dari sayur dan buah-buahan sebagai upaya mendetoksifikasi tubuh dan menurunkan berat badan. Terdapat berbagai jenis jus yang berbeda dalam diet ini. Sebagian menggunakan jus buatan sendiri, campuran buah-buahan dan sayuran segar yang dihaluskan dalam blender. Sementara sebagian lain membelinya di toko penyedia jus detox. Jika Anda tertarik melakukan diet jus detox, maka terdapat beberapa rekomendasi jus berdasarkan penelitian Scientific Reports yang bisa Anda coba:
  • Apel, mentimun, seledri, selada romaine, bayam, kangkung, dan peterseli
  • Apel, lemon, jahe, dan bit
  • Apel, nanas, lemon, mint
  • Air yang telah difilter, lemon, almond, kurma, garam laut, dan vanilla
Umumnya, jus detox ini dikonsumsi selama beberapa waktu antara 3-10 hari. Sebagian orang juga mengkombinasikannya dengan smoothie atau camilan vegan agar mendapat protein, lemak, dan nutrisi lain untuk menambah energi dan mengurangi rasa lapar.

Manfaat potensial jus detox

Bukan hanya mengeluarkan racun dari tubuh, jus ini dipercaya dapat memberi berbagai manfaat potensial, antara lain:
  • Dengan hanya mengonsumsi jus detox, maka Anda lebih mungkin mengalami penurunan berat badan karena rendahnya kalori yang dikonsumsi. Bahkan hasil bisa didapat dalam waktu yang terbilang singkat.
  • Minum jus detox dapat memberi nutrisi tambahan ke dalam tubuh sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Apalagi buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.
  • Jus detox kaya akan senyawa anti-inflamasi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat Anda terhindar dari penyakit. Tak hanya itu, minuman ini juga dapat membuat Anda merasa lebih energik.
  • Dapat membantu meningkatkan pencernaan dengan memperkenalkan enzim sehat yang membuat usus bekerja lebih efisien. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari gangguan pencernaan.

Risiko jus detox

Akan tetapi, diet yang mengklaim dapat mendetoksifikasi tubuh, termasuk jus detox, masih belum terbukti kebenarannya. Selain itu, terdapat beberapa risiko yang terkait dengan jus detox, seperti:
  • Terlalu banyak minum jus berbahaya bagi orang yang memiliki kelainan ginjal. Jenis jus tertentu mengandung asam oksalat yang dapat menyebabkan batu ginjal maupun masalah ginjal lainnya.
  • Diet detox umumnya rendah kalori. Berkurangnya asupan kalori memang dapat menyebabkan penurunan berat badan, namun bersifat sementara dan jarang berlangsung lama.
  • Jika mengonsumsi jus yang tak dipasteurisasi atau belum dihilangkan bakterinya, maka berisiko lebih besar terserang penyakit. Hal ini terutama berlaku untuk anak-anak, manula, dan orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.
  • Jus detox yang bekerja sebagai obat pencahar bisa membuat seseorang kehilangan terlalu banyak nutrisi dalam fesesnya. Ini dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi dan elektrolit yang tak seimbang.
  • Karena tak mendapat asupan lain selain jus detox, maka tubuh tak mendapat cukup kalori. Hal ini menyebabkan Anda mengalami gejala yang berkaitan dengan gula darah rendah, seperti lesu, dehidrasi, sakit kepala, kelaparan atau pingsan karena tak memiliki energi yang cukup.
Sebelum mencoba melakukan diet detox, pastikan keamanan kondisi Anda dan konsultasikanlah pada dokter. Karena jus detox tak memberi efek jangka panjang, maka banyak ahli tetap merekomendasikan diet bergizi seimbang dan sehat untuk dilakukan. Diet ini melibatkan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, polong-polongan, dan susu.
diet sehathidup sehatpola hidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323136#summary
Diakses pada 19 Mei 2020
Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/juice-cleanse-89120
Diakses pada 19 Mei 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait