Anda bisa mendapatkan berat badan ideal dengan menjalani diet berdasarkan bentuk tubuh
Diet berdasarkan bentuk tubuh dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mencapai berat badan ideal.

Tidak hanya berguna dalam menentukan jenis pakaian yang cocok, mengetahui bentuk tubuh juga dapat membantu Anda dalam menentukan pola diet yang tepat. Jika sebelumnya Anda telah mencoba berbagai jenis diet dan belum berhasil, tips diet berdasarkan bentuk tubuh ini mungkin bisa jadi jalan keluarnya.

Terdapat lima pembagian bentuk tubuh yang umum digunakan, yaitu bentuk buah apel, buah pir, hourglass (jam pasir), persegi panjang, serta segitiga terbalik. Setiap jenisnya memiliki kecocokan pola makan serta jenis olahraga yang berbeda.

Bagi Anda yang tertarik mencoba diet berdasarkan bentuk tubuh, ikuti tips berikut ini dan dapatkan hasil ideal yang diinginkan.

1. Buah Apel

Bentuk tubuh yang serupa buah apel menyimpan lebih banyak lemak di area perut, dibandingkan dengan area tubuh lainnya. Lemak yang bertumpuk di perut dapat menumpuk di sekitar organ dalam.

Kondisi tersebut berbeda dari lemak lain yang umumnya berada di permukaan bawah kulit. Sehingga, bentuk tubuh buah apel memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, dan kolesterol tinggi.

Tips diet yang dapat diikuti para pemilik bentuk tubuh buah apel di antaranya:

  • Mengonsumsi lebih banyak lemak sehat, seperti alpukat, salmon, kacang walnut, dan biji chia 
  • Kurangi konsumsi karbohidrat, terutama yang berasal dari kudapan yang mengandung banyak gula
  • Membatasi asupan karbohidrat menjadi 40 persen dari total kalori harian yang dikonsumsi
  • Membatasi konsumsi roti, pasta, serta makanan cepat saji

Lemak sehat akan membantu Anda untuk lebih cepat merasa kenyang, sehingga porsi makan dapat berkurang. Lemak di perut pun bisa terkikis.

2. Buah pir

Bentuk tubuh buah pir lebih banyak menyimpan lemak di area pinggul serta paha. Bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh ini, berikut tips diet yang bisa dijalankan.

  • Perbanyak konsumsi protein, sayur-sayuran serta lemak sehat
  • Batasi konsumsi gula. Hindari makanan dalam kemasan yang mengandung lebih dari 3 gram gula
  • Lakukan aerobik untuk membantu mengurangi lemak di tubuh bagian bawah
  • Lakukan juga latihan untuk tubuh bagian bawah seperti squat, lunge, dan scissor jump

3. Hourglass (jam pasir)

Bentuk tubuh meyerupai jam pasir (hourglass) umumnya dianggap sebagai bentuk tubuh ideal yang ingin dimiliki banyak orang. Namun, bukan berarti pemilik tubuh dengan jenis ini dapat mengabaikan pola makan sehat maupun olahraga teratur. Untuk Anda yang memiliki bentuk tubuh jam pasir, berikut ini tips diet yang sesuai.

  • Untuk sarapan, Anda dapat memilih jus buah alami atau susu rendah lemak serta oatmeal dan sereal. Agar lebih sehat, Anda juga dapat menambahkan telur rebus, roti gandum, atau yogurt rendah lemak.
  • Untuk makan siang, jaga kadar lemak, gula serta garam yang dikonsumsi. Anda dapat mencoba mengonsumsi tuna, kalkun, dan salmon serta sayur-sayuran.
  • Untuk makan malam, perbanyak konsumsi protein yang berasal dari kacang-kacangan. Anda juga dapat menambahkan sayuran yang dikukus, salmon, atau daging yang tidak mengandung banyak lemak.
  • Lakukan olahraga yang dapat melatih tubuh bagian atas maupun bawah seperti berenang, bersepeda, dan berlari.

4. Persegi panjang

Pemilik bentuk tubuh ini umumnya sulit meningkatkan berat badan, dan mempunyai kadar lemak terendah, dibanding tipe lainnya. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak perlu menjaga bentuk tubuh. Tips diet berikut ini cocok untuk para pemilik tubuh dengan bentuk persegi panjang.

  • Makanlah hingga kenyang. Tidak terlalu banyak maupun sedikit.
  • Konsumsi makanan seimbang dengan karbohidrat, lemak, dan protein
  • Lakukan olahraga seperti bersepeda dan lari. Pastikan konsumsi karbohidrat sehat sebelum berolahraga yang dapat berperan sebagai bahan bakar.

5. Segitiga terbalik

Bentuk tubuh ini ditandai oleh bagian dada, leher, serta pundak yang lebih besar atau lebar dibandingkan dengan tubuh bagian bawah. Untuk menjaga bentuk tubuh ideal serta tetap sehat, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti gandum utuh, ubi, quinoa, barley, dan nasi cokelat. Selain itu, hindari makanan berlemak seperti keju, mentega, dan makanan yang mengandung banyak minyak.

Jenis diet berdasarkan bentuk tubuh dapat menjadi salah satu pilihan Anda untuk mencapai berat badan ideal. Jalankan dengan teratur, dan Anda akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/weight-pictures/the-best-workouts-for-your-body-type.aspx
Diakses pada 6 Februari 2019

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/349614-the-best-exercises-for-a-pear-shape/
Diakses pada 6 Februari 2019

Livestrong. https://www.livestrong.com/article/485762-diet-for-an-hourglass-shape/
Diakses pada 6 Februari 2019

Reader's Digest. https://www.rd.com/advice/the-perfect-diet-for-your-body-type/
Diakses pada 6 Februari 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-body-shape-health
Diakses pada 6 Februari 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed