Menu Diet Sehat dalam Diet Atkins untuk Turunkan Berat Badan

Diet Atkins atau diet rendah karbohidrat adalah salah satu diet yang direkomendasikan
Dalam diet Atkins, Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi sayur dan buah rendah karbohidrat, daging sapi, ayam serta kacang-kacangan.

Diet Atkins atau diet rendah karbohidrat merupakan salah satu diet yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan. Dengan mengonsumsi menu diet sehat dalam diet Atkins, Anda bisa mengurangi berat badan, melalui konsumsi protein serta lemak, serta menghindari makanan berkabohidrat tinggi.

Sebanyak lebih dari 20 penelitian menunjukkan bahwa dengan diet atkins ini, Anda tidak perlu perhitungan kalori untuk menurunkan berat badan. Diet ini sendiri dicetuskan oleh Dr. Robert C. Atkins dalam bukunya yang ditulis pada 1972. Sejak saat itu, diet Atkins menjadi terkenal di seluruh dunia.

Pada awalnya, diet ini dianggap tidak sehat karena dikhawatirkan akan membuat lemak jenuh menumpuk dalam tubuh. Namun, penelitian terbaru mengatakan bahwa lemak jenuh tidak berbahaya bagi tubuh. Mulai saat itu, diet Atkins banyak diminati.

4 Fase dan Menu Diet Sehat dalam Diet Atkins

Lalu, bagaimana caranya menjalani diet Atkins? Diet ini memiliki empat fase tahapan, yaitu:

Fase 1: Perkenalan

Pada fase ini Anda harus mengonsumsi karbohidrat di bawah 20 gram setiap harinya selama 2 minggu berturut-turut. Konsumsilah makanan dengan kandungan lemak dan protein yang tinggi bersamaan dengan sayuran rendah karbohidrat.

Fase ini bisa dikatakan sebagai yang tersulit. Sebab, Anda harus menghindari buah, roti, nasi, sayuran yang mengandung zat tepung, produk susu (kecuali keju dan mentega), serta alkohol.

Fase ini bertujuan meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak. Karena berat badan berkurang secara signifikan dalam fase ini, Anda akan semakin termotivasi menjalani diet Atkins.

Fase 2: Keseimbangan

Di fase kedua ini, Anda mulai dapat menambahkan kacang-kacangan, sayuran rendah karbohidrat serta sedikit buah-buahan seperti buah beri, jus tomat, serta yogurt.

Anda boleh mengonsumsi 25-50 gram karbohidrat per hari. Jalani fase ini hingga selisih berat badan Anda hanya tinggal 4,5 kilo dari target.

Fase 3: Mencari Kecocokan

Di fase ini, Anda akan melihat hasil yang mendekati arah target berat badan. Untuk membantu menurunkan berat badan, Anda bisa menambahkan sedikit karbohidrat pada menu makan.

Dalam fase ini, Anda bisa kembali menambahkan sumber karbohidrat lain. Anda sudah boleh mengonsumsi buah-buahan, sayuran yang mengandung tepung, serta gandum utuh.

Anda pun dapat mengonsumsi 50-80 gram karbohidrat per hari. Fase ini idealnya berlangsung selama minimal sebulan, setelah Anda mencapai berat badan yang ditargetkan.

Fase 4: Pemeliharaan

Pada fase terakhir ini, Anda sudah dapat mengonsumsi karbohidrat tanpa takut mengalami kenaikan berat badan. Ketika sudah mencapai berat badan ideal, Anda disarankan mengonsumsi makanan berkarbohidrat rendah (80-100 gram), untuk seterusnya. Pada fase ini, Anda diharapkan sudah mengetahui banyaknya karbohidrat yang bisa dikonsumsi untuk menjaga berat badan tetap ideal.

Pantangan dalam Diet Atkins

Keempat fase tersebut sebenarnya sedikit rumit dan tidak selalu sama ketika dijalankan. Anda harus tetap mengontrol berat badan dengan mengatur pola makan yang seimbang serta menghindari beberapa jenis makanan dan minuman berikut ini.

  1. Minuman yang mengandung gula seperti soft drinks, jus buah, kue, permen, dan lain-lainnya.
  2. Biji-bijian, seperti gandum
  3. Minyak sayur
  4. Makanan yang mengandung label ‘diet’ atau ‘rendah lemak’
  5. Sayuran dengan kandungan karbohidrat yang tinggi
  6. Buah dengan kandungan karbohidrat tinggi

Ada baiknya Anda memilih untuk mengonsumsi makanan seperti daging (sapi, ayam, babi, domba, dan lainnya), ikan, telur, sayuran dan buah rendah karbohidrat, serta kacang-kacangan seperti almond dan kenari. Minuman yang harus Anda konsumsi juga harus diperhatikan. Lebih baik Anda mengonsumsi air mineral, kopi, dan teh hijau.

Makanan-makanan enak a seperti sup krim, keju, cokelat, dan daging bacon masih dapat ditoleransi oleh diet Atkins ini. Diet atkins ini merupakan salah satu diet yang fleksibel, karena masa percobaan atau perkenalan dilakukan selama dua minggu. Selebihnya, Anda bisa mengatur sendiri takaran karbohidrat yang tidak diinginkan.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/atkins-diet-101
Diakses pada 4 Februari 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diet/atkins-diet-what-you-can-eat#1
Diakses pada 21 Maret 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed