Diet Apel Dipercaya Bantu Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Benarkah Demikian?


Diet apel dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Apel pun merupakan buah yang cukup mengenyangkan dengan kandung air yang banyak.

0,0
06 Oct 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Diet apel dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga kesehatan tubuhDiet apel bukan berarti Anda hanya makan apel saja setiap hari, melainkan tetap konsumsi makanan bergizi seimbang
Diet apel menjadi pilihan menjaga berat badan yang terbilang cukup diminati. Pasalnya, apel tergolong buah yang cukup enak sekaligus punya kandungan nutrisi yang kaya. Di samping itu, diet apel pun mudah dilakukan dan sangat terjangkau.Buah apel sendiri bisa dengan mudah didapatkan, baik di pasar tradisional maupun toko online. Anda pun bisa menyimpan apel cukup lama jika ingin membeli stok banyak. Masih ada beragam alasan lagi yang membuat Anda perlu mencoba diet apel.

Nutrisi yang ada dalam buah apel

Berdasarkan United State Department of Agriculture (USDA), satu buah apel ukuran sedang sudah mengandung:
  • 95 kalori
  • 0,5 g protein
  • 25 g karbohidrat
  • 4 g serat
  • 8 mg vitamin C
  • 9 mg magnesium
  • 195 mg potassium 
Buah apel tidak mengandung lemak di dalamnya. Jadi, Anda perlu menyandingkannya dengan sumber lemak lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Alasan diet apel cukup aman

Nutrisi apel termasuk salah satu yang terbaik. Hal ini yang membuatnya cukup aman sebagai santapan diet. Berikut sejumlah alasan lagi diet apel bisa dilakukan cukup aman:

1. Rendah kalori

Biarpun kalorinya rendah, apel punya kandungan air yang sangat banyak. Makanan jenis ini akan menutupi kurangnya asupan kalori. Apel terbukti bisa membantu menurunkan berat badan dibanding makanan dari gandum yang memiliki jumlah kalori dan serat yang serupa.

2. Kaya serat

Kandungan serat yang ada di dalam sebuah apel berukuran sedang mencapai 4 gram. Jumlah ini setara dengan 16 persen asupan serat untuk perempuan dan 11 persen untuk pria. Serat inilah yang membantu menurunkan risiko obesitas. Pasalnya, pencernaan Anda akan lebih sehat.

3. Sangat mengenyangkan

Alasan lain yang membuat diet apel sangat aman adalah kandungan dalam apel yang bisa mengenyangkan. Dalam sebuah studi, disebutkan bahwa mengonsumsi apel sebelum makan bisa membuat Anda kenyang lebih.

Cara melakukan diet apel

Sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mengonsumsinya setiap hari di waktu-waktu tertentu. Namun, jumlah dan jarak waktu makan pastinya berbeda. Layaknya diet lainnya, diet apel tidak bisa diaplikasikan pada setiap orang.Diet apel bukan berarti Anda hanya makan apel saja setiap hari, melainkan tetap konsumsi makanan bergizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein nabati, protein hewani dan lemak, serta konsumsi serat dan air putih. Mengonsumsi apel juga memiliki efek samping pada tubuh. Apel akan memicu kembung dan sakit perut untuk Anda yang memiliki kondisi iritasi usus besar. Pasalnya, kandungan fruktosa apel cukup tinggi.Sebaiknya Anda tidak melakukannya sendiri tanpa pengawasan yang baik biarpun diet ini cukup aman. Cobalah untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum memulainya. Ada baiknya juga, Anda didampingi oleh seorang ahli jika ingin benar-benar mendapatkan hasil yang baik.

Catatan dari SehatQ

Diet apel jadi pilihan yang cukup aman untuk menurunkan berat badan. Namun, tujuan dari pengaturan pola makan dengan apel ini sebenarnya bukan hanya berat badan ideal. Diet apel juga harus dilakukan dengan pengawasan yang ketat.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar diet maupun nutrisi makanan lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan dietdiet sehatbuah dan sayuran
Healthline https://www.healthline.com/nutrition/how-apples-affect-weight
Diakses pada 22 September 2021
Everyday Health https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/apples-benefits-weight-loss-potential-side-effects-and-more/
Diakses pada 22 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait