5 Fakta Tentang Diet Alpukat yang Harus Anda Ketahui

(0)
05 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Diet alpukat dapat memberikan berbagai nutrisi bagi tubuhMenjalani diet alpukat bisa membantu menyehatkan jantung
Alpukat kerap dianggap sebagai jenis buah yang dapat membuat berat badan naik karena tingginya kandungan lemak, tapi tidak sedikit juga yang menganggap lemak ini justru dapat membantu menurunkan bobot tubuh. Lalu, bagaimana dunia medis melihat fenomena diet alpukat ini?

Diet alpukat dan sederet faktanya

Menurut catatan Departemen Pertanian Amerika, alpukat mengandung 64 kalori per 40 gram berat daging buahnya. Dari jumlah tersebut, hampir 6 gram di antaranya merupakan lemak yang merupakan bagian terbanyak penyumbang kalori pada alpukat.Selain itu, alpukat juga terbukti mengandung berbagai jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti:
  • 3,4 gram karbohidrat
  • 3 gram serat
  • Kurang dari 1 gram gula
Dari kandungan-kandungan tersebut, alpukat memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk untuk diet. Berikut ini fakta mengenai alpukat yang penting untuk Anda ketahui.
Alpukat bisa membantu memperoleh berat badan ideal

1. Alpukat membuat kenyang lebih lama

Penganut diet alpukat percaya bahwa makan buah berwarna hijau ini akan membuat kenyang lebih lama. Faktanya, memang ada sebuah penelitian yang menyatakan makan setengah alpukat segar saat makan siang memang dapat membantu mengurangi nafsu makan hingga 3 jam ke depan dibanding tidak mengonsumsi buah tersebut.Fakta bahwa alpukat mengurangi nafsu makan dalam jangka waktu yang lebih lama disebabkan oleh kandungan serat di dalamnya. Selain membuat kenyang, serat juga dapat melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

2. Alpukat dapat menjaga berat badan ideal

Bagi Anda khawatir akan kegemukan atau obesitas, diet alpukat juga tidak akan menambah berat badan secara signifikan. Salah satu penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menemukan bahwa mengonsumsi alpukat secara reguler membantu seseorang memperoleh berat tubuh lebih ideal serta risiko terkena penyakit metabolik lebih rendah dibanding yang jarang makan buah tersebut.Fakta ini memang tidak dapat langsung diartikan bahwa orang yang suka makan alpukat pasti langsing dan sehat. Namun setidaknya, penelitian ini menunjukkan bahwa Anda tidak perlu takut makan alpukat ketika sedang berusaha menurunkan berat badan atau tidak ingin menambah lagi bobot tubuh.

3. Lemak alpukat membantu membakar lemak tubuh

Kendati kandungan lemak dalam alpukat cukup tinggi, sebagian besar lemak pada buah dengan tekstur mirip mentega ini adalah lemak tidak jenuh. Tipe lemak ini sendiri memiliki beberapa keunggulan, yakni:
  • Mampu membantu mempercepat pembakaran lemak tubuh dibanding tipe lemak lainnya
  • Membantu meningkatkan rasio pembakaran lemak tubuh
  • Membantu tubuh membakar lebih banyak kalori setelah Anda makan
Meski manfaat lemak pada alpukat itu masih perlu diteliti lebih lanjut, Anda tidak perlu takut mengonsumsinya ketika ingin menurunkan berat badan.

4. Konsumsi alpukat tetap perlu dibatasi

Meski beberapa studi awal sudah membuktikan manfaat diet alpukat untuk membantu menurunkan berat badan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Sebab bagaimanapun juga, buah alpukat sangat tinggi kalori sehingga Anda tidak disarankan makan satu buah alpukat sekaligus agar tubuh tidak mengalami surplus kalori, yang justru akan memicu kelebihan berat badan.Porsi yang disarankan untuk makan alpukat adalah seperempat atau maksimal setengah buah. Selain itu, Anda pun tetap harus mengonsumsi makanan lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Contoh pola makan dalam diet alpukat yang bisa menjadi acuan ialah:
  • Bangun tidur (jam 6.00-7.30): minum 1 gelas air + 1 sendok makan air perasan lemon
  • Sarapan (jam 8.00-8.45): 2 telur orak-arik + 5 iris alpukat + setengah buah apel + 2 butir kacang almond
  • Brunch (jam 10.30): 1 cangkir teh hijau
  • Makan siang (jam 12.30 – 13.30): kacang polong + salad alpukat + 1 gelas air kelapa
  • Makan sore (jam 16.00): 1 cangkir kopi hitam + setengah cangkir popcorn
  • Makan malam (jam 19.00): salmon saus lemon mentega dengan irisan alpukat + 1 gelas susu rendah lemak

Manfaat alpukat untuk kesehatan

Alpukat pun mampu menyehatkan janin
Sekalipun Anda tidak sedang berusaha menurunkan berat badan, mengonsumsi alpukat sangat baik untuk kesehatan karena digadang-gadang memiliki manfaat seperti:
  • Menyehatkan jantung

    Kandungan lemak tak jenuh (asam oleik) yang terdapat dalam buah alpukat dapat menurunkan peradangan pada sistem kardiovaskular. Alpukat juga mengandung beta-sitosterol yang mampu menurunkan kadang kolesterol jahat di dalam tubuh.
  • Menyehatkan mata

    Daging buah alpukat juga mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang baik bagi mata.
  • Mendukung perkembangan janin

    Satu butir alpukat mampu memenuhi 41% kebutuhan ibu hamil akan folat.
  • Sebagai antioksidan

    Alpukat mengandung carotenoids lutein dan zeaxanthin, yang baik untuk menjaga kesehatan mata.
Intinya, diet alpukat berpotensi membantu menurunkan berat badan dan memberi berbagai manfaat kesehatan lain selama Anda tidak berlebihan mengonsumsinya.

Catatan dari SehatQ

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar diet alpukat, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips dietmakanan dietmanfaat alpukatdiet sehatbuah dan sayuran
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406
Diakses pada 20 Desember 2020
WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/all-about-avocados
Diakses pada 20 Desember 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/avocados-and-weight
Diakses pada 20 Desember 2020
Stylecraze. https://www.stylecraze.com/articles/avocado-diet-for-weight-loss/
Diakses pada 20 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait