Dianggap Memikat, Rupanya Ini Penyebab Terbentuknya Dagu Belah


Dagu belah dianggap dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik. Sama seperti lesung pipi, dagu belah bisa didapatkan oleh seseorang karena faktor genetik.

(0)
11 Mar 2021|Azelia Trifiana
Dagu belah bisa didapatkan lewat proses operasiDagu belah bisa didapatkan lewat proses operasi
Serupa halnya dengan lesung pipi, dagu belah adalah lekukan berbentuk seperti huruf Y di bagian tengah dadu. Umumnya, ini adalah kondisi genetik turunan. Artinya, apabila ada orang lain dalam keluarga yang memiliki dagu membelah, kemungkinan mengalami hal yang sama terbuka lebar.Bergantung pada preferensi tiap individu, ada orang yang ingin menambah maupun menghilangkan kondisi ini. Tersedia prosedur medis untuk melakukannya, disebut dengan mentoplasty.

Penyebab terbentuknya dagu belah

Bentuk lekukan yang ada di dagu ini terbentuk sejak masih berada di dalam kandungan. Ini terjadi ketika kedua sisi rahang bagian bawah tidak menyatu secara sempurna dalam fase perkembangan janin. Sebagian besar kondisi cleft chin ini tidak menimbulkan gejala apapun selain terlihat ada perbedaan dengan orang kebanyakan. Namun, tidak selamanya ini menimbulkan keluhan.Jika ada orang yang mencari cara membuat lesung pipi, begitu pula dengan dagu membelah. Tak jarang, orang melakukan prosedur medis tertentu demi mendapatkannya.Begitu pula dengan keputusan untuk menghilangkan dagu belah, juga bisa dilakukan lewat prosedur operasi mentoplasty.Sebelum memutuskan menambah atau menghilangkannya, pastikan sudah mempertimbangkan matang-matang serta berdiskusi dengan dokter.

Operasi mentoplasty

Operasi mentoplasty berfungsi baik untuk menambah maupun menghilangkan dagu belah. Penjelasannya adalah:
  • Menghilangkan dagu belah

Operasi ini dilakukan untuk menghilangkan cleft chin sepenuhnya atau hanya mengurangi ukurannya. Keduanya dilakukan dengan menambahkan implan dagu sehingga bagian lekukan itu terisi.Sebelum prosedur dilakukan, dokter bedah akan berdiskusi untuk menentukan bentuk implan apa yang diinginkan.Setelah tuntas, dagu biasanya akan membengkak sehingga belum bisa terlihat dengan jelas bentuk barunya. Perlu waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan hingga bisa melihat hasil akhirnya.
  • Menambahkan dagu belah

Berbeda dengan operasi menghilangkan cleft chin, prosedur yang satu ini tidak memerlukan implan sama sekali. Sebaliknya, dokter bedah akan menghilangkan beberapa jaringan lunak di bawah kulit sehingga terbentuk lekukan kecil.Metode melakukannya bisa dengan liposuction maupun metode bedah tradisional. Apabila jaringan lunak di sekitar area dagu tidak mencukupi, dokter akan menghilangkan sedikit tulang rahang. Ini dilakukan dengan bantuan alat yang disebut bur dan dimasukkan lewat mulut.Sama seperti metode menghilangkan cleft chin, perlu waktu beberapa bulan hingga bisa melihat hasil akhirnya.

Risiko melakukan mentoplasty

Risiko dari melakukan prosedur mengubah bentuk dagu ini juga perlu menjadi perhatian. Memang benar mentoplasty adalah prosedur yang aman, namun perlu dikhawatirkan beberapa risikonya seperti:
  • Infeksi
  • Perdarahan berlebih
  • Luka
  • Pembengkakan
  • Hasil yang tidak sesuai harapan
Demi menghindari terjadinya risiko-risiko di atas, diskusikan betul dengan dokter mengenai seluruh prosedurnya. Jangan ragu untuk menyampaikan pula apabila Anda memiliki beberapa kebiasaan atau kondisi medis seperti:
  • Sleep apnea
  • Merokok
  • Mengonsumsi alkohol
  • Mengonsumsi narkotika
  • Obesitas
  • Menderita diabetes
  • Menderita tekanan darah tinggi
  • Menderita penyakit jantung
  • Mengonsumsi aspirin atau warfarin
  • Menderita penyakit paru-paru
  • Menderita penyakit ginjal
Beberapa faktor di atas bisa membuat risiko operasi lebih berbahaya. Atas pertimbangan hal-hal di atas, dokter bedah bisa menggunakan teknik berbeda untuk mengurangi risiko.Jangan lupakan bahwa proses pemulihan pascaoperasi semacam ini tidaklah instan. Perlu waktu beberapa minggu bahkan beberapa bulan hingga pulih seutuhnya.Durasi pemulihan antara satu orang dan lainnya pun bisa berbeda. Faktor kondisi kesehatan dan jenis prosedur bedah yang diambil juga turut berperan.Namun, jangan ragu untuk menghubungi dokter apabila dirasa ada yang janggal di dagu selama proses pemulihan. Salah satu hal yang perlu diantisipasi sejak awal adalah kemungkinan terjadinya infeksi.

Catatan dari SehatQ

Setiap prosedur medis yang bersifat mengubah penampilan fisik secara permanen tentu perlu pertimbangan matang. Termasuk ketika memutuskan untuk menambah atau menghilangkan dagu belah.Sebelum melakukannya, selalu komunikasikan dengan dokter bedah tentang hasil yang diinginkan. Pertimbangan tentang gaya hidup atau kondisi medis sebagai latar belakang juga perlu disampaikan.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang risiko yang mungkin muncul apabila melakukan prosedur operasi untuk dagu belah, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit sehathidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/cleft-chin
Diakses pada 28 Februari 2021
Mayo Clinic. mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/cosmetic-surgery/art-20048303
Diakses pada 28 Februari 2021
Plastic Surgery. https://www.plasticsurgery.org/cosmetic-procedures/chin-surgery
Diakses pada 28 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait