Penyakit asma pada lansia dapat lebih mudah diatasi
Penyakit asma pada lansia kerap sulit dikenali karena gejalanya mirip dengan penyakit lain

Penyakit asma bisa menyerang siapa saja, termasuk lansia. Bila asma menyerang lansia dan tidak terdeteksi sejak awal, akan lebih sulit untuk mengobati dan meningkatkan risiko yang lebih serius.

Namun dengan diagnosis sejak dini dan penanganan yang tepat, asma pada lansia dapat lebih mudah diatasi. Berikut beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang asma pada lansia.

Gejala Asma pada Lansia

Gejala asma pada lansia kerap sulit dibedakan dengan kondisi lain, seperti penyakit jantung dan penyakit kronis lain yang menyerang paru-paru. Gejala asma yang mungkin terjadi pada lansia di antaranya:

  • Dada terasa sesak, sulit bernapas, saat bernapas mengeluarkan suara, atau batuk.
  • Gejala di atas muncul terus menerus tanpa disertai gejala lain.
  • Gejala asma semakin memburuk saat malam hari, berolahraga, atau saat muncul pemicu alergi.
  • Memiliki saudara yang menderita asma, alergi, rinitis, atau sinusitis.

Diagnosis Asma pada Lansia

Untuk mendiagnosis apakah lansia mengidap asma, Anda tentu harus berkonsultasi dengan dokter. Umumnya, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk mendiagnosis asma dengan benar. Tes untuk mendiagnosis asma yang umum dilakukan meliputi:

  1. Tes Paru-paru

    Dokter akan melakukan tes untuk menilai apakah paru-paru pasien berfungsi optimal atau tidak, dalam berbagai kondisi. Misalnya, setelah berolahraga, duduk, tidur, hingga saat terpapar suhu dingin.
  1. Spirometri

    Tes ini memakai alat yang disebut spirometer. Fungsinya untuk mengukur sebaik apa ketika pasien bernapas. Pasien akan diminta bernapas dengan mulut, dengan menarik napas secara penuh, lalu menghembuskan napas perlahan-lahan atau sesuai perintah dokter.
  1. CAT Scan

    Dokter juga dapat memeriksa kepala pasien dengan bantuan rontgen komputer untuk mengetahui apakah ada gejala penyakit lain, seperti sinusitis.

Bagaimana Penanganan Asma pada Lansia?

Menangani asma pada pasien lansia membutuhkan perawatan dan ketelitian. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh lansia yang rendah akan rentan terhadap berbagai penyakit, hingga ancaman kerusakan sistem imunitas secara bertahap.

Untuk membantu lansia menangani penyakit asma, anggota keluarga dapat menggunakan obat inhaler secara teratur dengan dosis yang tepat. Imunisasi atau vaksin flu juga dapat diberikan, termasuk vaksin pneumonia.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan pola makan yang baik guna menghindari obesitas. Berikan makanan yang bernutrisi dan kaya asupan vitamin D agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh lansia.

Pemberian Obat Asma pada Lansia

Pemberian obat asma pada lansia perlu lebih diperhatikan. Kenapa? Pasalnya, lansia memiliki risiko lebih tinggi mengalami efek samping obat dan berisiko mengalami reaksi interaksi obat asma dan obat-obat lain yang dikonsumsi. 

Gejala asma pada lansia dapat ditangani dengan beberapa jenis obat yang dapat meredakan gejala dalam jangka pendek serta mengontrol timbulnya gejala dalam jangka panjang. Saat memberikan obat yang bebas dijual di pasaran, lebih baik hindari obat asma yang mengandung steroid. 

Pemberian obat asma yang mengandung steroid sebenarnya berguna untuk meredakan gejala asma yang muncul secara tiba-tiba (akut). Namun lama-kelamaan, kandungan steroid dapat menimbulkan efek samping, seperti membuat tulang menjadi lemah, munculnya ulkus atau perlukaan, serta tekanan darah tinggi.

Bagi lansia yang menderita asma, lebih baik gunakan obat yang sesuai dengan resep dokter. Periksakanlah diri Anda ke dokter agar obat asma yang diberikan dapat sesuai dengan kondisi tubuh serta dapat meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi, termasuk dari risiko munculnya reaksi interaksi obat-obatan.

Healthline. https://www.healthline.com/health-news/asthma-in-older-adults-undertreated
Diakses pada Oktober 2018

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3345322/ Diakses pada 5 Maret 2019

Asthma and Allergies. http://asthmaandallergies.org/asthma-allergies/asthma-in-older-adults/ Diakses pada 5 Maret 2019

Get Asthma Help. https://getasthmahelp.org/asthma-seniors-health-professional.aspx# Diakses pada 5 Maret 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed