Rasa sakit yang muncul ketika gigi bungsu tumbuh biasanya disebabkan karena impaksi gigi bungsu
Saat gigi bungsu tumbuh, Anda pasti merasakan sakit yang kadang-kadang tidak tertahankan

Anda tentunya sering mendengarkan kisah mengenai rasa sakit akibat tumbuhnya gigi bungsu yang terletak di bagian belakang mulut. Sebenarnya yang menyebabkan rasa sakit adalah karena gigi bungsu tersebut tidak tumbuh atau muncul dengan sempurna.

Kondisi tersebut dikenal sebagai impaksi gigi bungsu. Umumnya impaksi gigi bungsu terjadi dalam rentang usia 17-21 tahun dan perlu untuk dikonsultasikan ke dokter gigi. Namun, apakah ada cara untuk mengatasi impaksi gigi bungsu di rumah? 

Bagaimana cara mendiagnosis impaksi gigi bungsu?

Pemeriksaan impaksi gigi bungsu dengan rontgen gigi menggunakan X-rays tidak hanya berfungsi untuk menemukan ada tidaknya impaksi gigi bungsu, tetapi juga untuk mengetahui adanya cedera atau kerusakan gigi dan tulang. 

Selain rontgen gigi, dokter juga akan melakukan pemeriksaan kondisi gigi dan gusi serta memberikan pertanyaan-pertanyaan mengenai gejala gangguan gigi dan kesehatan fisik Anda secara garis besar.

7 bahan alami untuk mengatasi impaksi gigi bungsu

Tidak ada cara untuk menanggulangi kondisi impaksi gigi bungsu yang bisa dilakukan di rumah. Anda perlu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan dilakukan pemeriksaan rontgen gigi. 

Akan tetapi terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi sakit akibat impaksi gigi bungsu, yaitu:

  • Lidah buaya

Lidah buaya sudah sering digunakan sebagai bahan alami untuk meringankan peradangan. Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi peradangan di gusi tempat impaksi gigi bungsu muncul.

Anda bisa mengoleskan lidah buaya pada bagian daerah gusi yang terdapat impaksi gigi bungsu.

  • Terapi panas dan dingin

Tidak perlu jauh-jauh karena Anda dapat memanfaatkan benda-benda di sekitar Anda! Gunakankanlah kantongan yang berisi es batu atau kantong pemanas pada pipi di bagian impaksi gigi bungsu terjadi. 

Kantongan berisi es batu dapat membantu untuk mengurangi peradangan dan memberikan efek yang membuat kebas. Sementara kantongan pemanas mampu melepaskan ketegangan otot dan melancarkan sirkulasi darah.

Keduanya memiliki efek yang sebenarnya serupa, yaitu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan rasa sakit. Sebelum menempelkan es batu pada rahang atau pipi, bungkus kantongan es batu dengan kain atau handuk.

Anda bisa menempelkan kantongan es batu dan kantongan pemanas selama 15 menit secara bergantian. Kemudian tunggulah selama 15 menit lagi sebelum menaruh kantongan es batu dan kantongan pemanas. Selalu akhiri dengan kantongan es batu.

Bila tidak ada kantongan pemanas, Anda bisa hanya menggunakan kantongan es batu dengan cara menempelkan kantongan es batu pada rahang atau pipi selama kurang lebih 15 menit. 

Setelahnya Anda bisa menempelkan lagi kantongan es batu dengan jeda waktu 15 menit. Ulangi hal tersebut sampai rasa sakit berkurang.

  • Kunyit 

Kunyit merupakan bumbu dapur serba guna yang mengandung antiradang dan dapat digunakan sebagai alternatif mengatasi rasa sakit karena impaksi gigi bungsu. Terdapat dua cara untuk menggunakan kunyit dalam meringankan rasa sakit impaksi gigi bungsu.

Cara pertama adalah dengan langsung mengoleskan kunyit yang telah dihancurkan pada gusi yang sakit karena impaksi gigi bungsu. 

Cara yang kedua adalah dengan berkumur dengan air yang telah direbus dengan lima gram kunyit dan dua buah cengkeh.

  • Campuran tumbukan bawang putih dan jahe

Campuran bawang putih dan jahe bisa membantu membunuh kuman-kuman yang berada di gusi tempat impaksi gigi bungsu terjadi. 

Anda cukup menumbuk bawang putih sampai bisa dioleskan sebelum mencampur jahe yang telah dicincang ke dalam tumbukan bawang putih dan mengoleskannya ke gusi di daerah impaksi gigi bungsu muncul.