Diagnosis Banding, Kapan Sebaiknya Dilakukan?


Diagnosis banding biasanya dilakukan dokter apabila gejala suatu penyakit terlalu umum atau mirip dengan penyakit lain. Dengan diagnosis banding, dokter akan mengecek kemungkinan gangguan yang terjadi pada tubuh Anda.

0,0
16 Jul 2021|Annisa Nur Indah
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Diagnosis banding adalah proses saat dokter membedakan antara dua atau lebih kondisi yang mungkin berada di balik gejala seseorangBiasanya diagnosis banding melibatkan beberapa tes
Tidak setiap gangguan kesehatan dapat didiagnosis dengan tes laboratorium sederhana. Banyak kondisi yang menyebabkan gejala serupa. Misalnya, infeksi dapat menyebabkan demam, sakit kepala, dan kelelahan. Beberapa gangguan kesehatan mental juga menyebabkan kesedihan, kecemasan, dan masalah tidur. Oleh karena itu, diagnosis banding dilakukan untuk melihat kemungkinan lain gangguan yang dapat menyebabkan gejala yang sama pada tubuh Anda.Biasanya diagnosis banding melibatkan beberapa tes. Pengujian ini menentukan apakah Anda memerlukan pengujian lebih lanjut atau tidak.

Pengertian diagnosis banding

Diagnosis banding adalah proses saat dokter membedakan antara dua atau lebih kondisi medis yang mungkin berada di balik gejala seseorang. Saat membuat diagnosis, dokter memiliki satu teori tentang penyebab gejala seseorang. Dokter kemudian menyarankan untuk melakukan tes untuk mengonfirmasikan dugaan diagnosis tersebut.Namun, sering kali tidak ada tes laboratorium tunggal yang pasti dapat mendiagnosis penyebab gejala seseorang. Hal ini karena banyak kondisi muncul dengan gejala yang serupa, namun ada juga yang berbeda. Untuk membuat diagnosis, dokter perlu menggunakan teknik yang disebut diagnosis banding.Saat membuat diagnosis banding, dokter akan memperoleh informasi dari:
  • Riwayat medis orang tersebut, termasuk gejala yang dilaporkan
  • Temuan pemeriksaan fisik
  • Tes diagnostik
Tujuan dari diagnosis banding adalah untuk:
  • Mempersempit diagnosis 
  • Kerja panduan evaluasi dan perawatan medis
  • Mengesampingkan kondisi yang mengancam jiwa atau kritis
  • Memungkinkan dokter untuk membuat diagnosis yang benar

Kapan diagnosis banding dilakukan?

Diagnosis banding dilakukan ketika banyak kondisi memiliki gejala yang sama. Hal ini dapat membuat kondisi tertentu sulit untuk didiagnosa menggunakan pendekatan diagnostik non diferensial. Menjalani diagnosis banding bisa menjadi proses yang panjang dan melelahkan. Namun, ini adalah pendekatan rasional dan sistematis yang memungkinkan dokter untuk menentukan dengan tepat penyebab yang mendasari gejala seseorang.

Langkah-langkah diagnosis banding

Diagnosis banding dapat memakan waktu. Bagi dokte,r untuk menentukan diagnosis yang benar, mereka mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Memeriksa riwayat medis

Saat mempersiapkan diagnosis banding, dokter akan memeriksa riwayat medis lengkap seseorang. Beberapa pertanyaan yang akan dokter tanyakan meliputi:
  • Apa gejala Anda?
  • Sudah berapa lama Anda mengalami gejala tersebut?
  • Apakah Anda memiliki riwayat keluarga dengan kondisi kesehatan tertentu?
  • Apakah Anda bepergian ke luar negeri baru-baru ini?
  • Apa ada yang memicu gejala Anda?
  • Apakah ada sesuatu yang membuat gejala Anda lebih buruk atau lebih baik?
  • Apakah saat ini Anda sedang mengonsumsi obat resep?
  • Apakah Anda merokok atau minum alkohol? Jika ya, seberapa sering?
  • Apakah ada peristiwa besar dalam hidup Anda baru-baru ini?
Penting untuk menjawab semua pertanyaan dengan jujur dan sedetail mungkin.

2. Melakukan pemeriksaan fisik

Selanjutnya, dokter akan melakukan pemeriksaan kesehatan dasar pada pasien. Pemeriksaan mencakup hal-hal berikut:

3. Melakukan tes diagnostik

Setelah mengetahui riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik, dokter mungkin memiliki beberapa teori tentang penyebab gejala seseorang. Kemudian ada beberapa tes yang disarankan dokter, yaitu:

4. Rujukan atau konsultasi

Dalam beberapa kasus, dokter tidak dapat mendiagnosis penyebab pasti gejala seseorang. Oleh karena itu, dokter akan merujuk orang tersebut ke spesialis untuk mendapatkan opini kedua.

Cara mengartikan hasil diagnosis banding

Beberapa pasien mungkin mendapat hasil negatif dari pemeriksaan. Namun, setiap hasil pemeriksaan akan selalu membawa selangkah lebih maju untuk mengetahui penyebab gejala seseorang.Atau beberapa orang juga perlu memulai perawatan sebelum dokter memastikan diagnosis. Hal ini terjadi karena kondisi pasien yang memerlukan perawatan segera untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Respons seseorang terhadap pengobatan tertentu juga dapat menjadi petunjuk tentang penyebab gejalanya.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang masalah kesehatan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitresume medismedical check up
Medline Plus. https://medlineplus.gov/lab-tests/differential-diagnosis/
Diakses pada 29 Juni 2021.
Healthline. https://www.healthline.com/health/differential-diagnosis
Diakses pada 29 Juni 2021.
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/differential-diagnosis#summary
Diakses pada 29 Juni 2021.
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait