Di Balik Manisnya Buah Srikaya, Ada Manfaat untuk Kesehatan

Di samping rasanya, manfaat buah srikaya untuk kesehatan juga banyak
Buah srikaya terkenal akan daging buahnya yang legit dan manis

Legit mungkin jadi kata yang paling tepat untuk menggambarkan buah srikaya. Nah, di balik rasanya yang creamy ini, terdapat juga manfaat buah srikaya untuk kesehatan Anda.

Tanaman srikaya (Annona squamosa) adalah jenis pohon yang identik dengan iklim tropis, termasuk Indonesia. Tinggi pohonnya hanya sekitar 3-6 meter dengan cabang yang tumbuh tidak beraturan dan daun yang mengeluarkan aroma khas ketika dihancurkan.

Kulit buahnya berwarna hijau atau coklat tua ketika matang dan ditandai dengan tampilan yang berlapis. Ketika dibelah, buah ini akan menunjukkan daging buah berwarna kuning kemerahan, rasanya manis, dan sangat lunak.

Kandungan dan manfaat buah srikaya

Buah srikaya sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang dalam program diet menurunkan berat badan. Pasalnya, buah ini rendah akan lemak, kolesterol, dan sodium serta sangat kaya akan serat.

Bagi Anda yang sudah puas dengan berat badan Anda, buah srikaya juga dapat menjaga kondisi Anda agar tetap sehat karena buah ini juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C. Apa saja manfaat buah srikaya dilihat dari kandungannya tersebut?

  • Melawan radikal bebas

Buah srikaya mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Kandungan radikal bebas yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat mengakibatkan stres oksidatif yang dikaitkan dengan berbagai penyakit kronis, seperti kanker maupun penyakit jantung.

  • Memperbaiki suasana hati

Jika Anda tengah murung, cobalah makan buah srikaya yang kaya akan kandungan vitamin B6. Vitamin ini sangat penting dalam mendukung pembentukan neurotransmitter, termasuk hormon serotonin dan dopamin, yang berperan mengatur suasana hati Anda.

  • Menyehatkan mata

Manfaat buah srikaya ini datang dari kandungan antioksidan lutein yang dapat menangkal radikal bebas khususnya yang menyerang mata. Konsumsi buah srikaya secara rutin sejak Anda masih muda juga dapat mencegah terjadinya masalah mata yang berhubungan dengan usia senja dan katarak.

  • Mencegah tekanan darah tinggi

Buah srikaya mengandung potasium dan magnesium dalam jumlah yang cukup banyak. Kedua jenis nutrisi ini berperan penting dalam mengatur agat tubuh tidak mengalami lonjakan tekanan darah yang dapat membahayakan kesehatan Anda, terutama pada jantung.

  • Menyehatkan sistem pencernaan

Seperti disebutkan di atas, buah srikaya mengandung serat larut yang baik bagi pencernaan. Serat larut dalam buah srikaya berperan sebagai makanan bagi bakteri baik yang ada di saluran cerna sehingga mencegah Anda menderita masalah-masalah pencernaan, seperti diare maupun konstipasi.

  • Berpotensi mencegah kanker

Manfaat buah srikaya ini datang dari kandungan flavonoid, misalnya catechin, epicatechin, dan epigallocatechin. Berdasarkan penelitian, beberapa jenis flavonoid tersebut dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh, meski klaim ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

  • Memerangi peradangan

Peradangan kronis sering dihubungkan dengan penyakit serius, seperti sakit jantung dan kanker. Nah, buah srikaya mengandung zat yang dapat mencegah terjadinya masalah ini, yaitu asam kaurenoic yang memiliki sifat antiperadangan yang sangat kuat, meski klaim ini baru didasarkan atas penelitian pada hewan.

  • Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C dalam buah srikaya juga dapat menaikkan sistem imun dan mencegah Anda terkena penyakit. Terutama di musim penghujan, sistem imun yang kuat sangat dibutuhkan agar Anda tetap fit dalam beraktivitas dan terhindar dari penyakit musiman seperti flu.

Seperti buah pada umumnya, daging buah srikaya dapat Anda nikmati langsung atau diolah menjadi jus. Namun, hati-hati jangan sampai Anda menelan bijinya karena biji buah srikaya mengandung racun yang dapat membahayakan kesehatan Anda.

Science Direct. https://www.sciencedirect.com/topics/agricultural-and-biological-sciences/sugar-apple
Diakses pada 25 Desember 2019

Nutrition Data. https://nutritiondata.self.com/facts/fruits-and-fruit-juices/2069/2
Diakses pada 25 Desember 2019

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/cherimoya
Diakses pada 25 Desember 2019

Purdue University. https://hort.purdue.edu/newcrop/morton/sugar_apple.html
Diakses pada 25 Desember 2019

Artikel Terkait