Di Balik Manfaatnya, Ternyata Ada Efek Samping Masker Tomat untuk Wajah

(0)
Efek samping masker tomat untuk wajah yang mungkin tak terhindarkan adalah reaksi alergi dan iritasiMeski bermanfaat, ada efek samping masker tomat untuk wajah yang mungkin tak terhindarkan
Manfaat masker tomat dipercaya dapat mempercantik kulit. Mulai dari mengencangkan, mencerahkan, hingga melembapkan kulit secara alami. Namun, penggunaan masker tomat tentu tidak bebas dari efek samping. Sebab, ada efek samping masker tomat untuk wajah yang mungkin tak dapat terhindarkan.

Efek samping masker tomat untuk wajah

Efek samping masker tomat adalah alergi hingga iritasi
Masker tomat diyakini dapat melembapkan kulit
Saat digunakan sebagai masker wajah, tomat menawarkan berbagai manfaat untuk kulit.Mulai dari melembapkan kulit, mengangkat sel kulit mati, menenangkan kulit yang berjerawat, meningkatkan produksi kolagen, hingga memperlambat tanda-tanda penuaan dini.Sayangnya, manfaat masker tomat untuk wajah tersebut tidak sebanding dengan efek samping masker tomat yang mungkin tak terhindarkan di baliknya. Biasanya, hal ini dapat terjadi karena penggunaannya dilakukan dengan tidak aman.Berikut adalah efek samping masker tomat untuk wajah:

1. Reaksi alergi

Efek samping masker tomat untuk wajah yang paling utama adalah reaksi alergi. Bagi Anda yang mempunyai kulit normal atau tidak memiliki masalah berarti pada wajah, penggunaan masker tomat untuk wajah mungkin cenderung aman.Akan tetapi, pada orang-orang dengan jenis wajah atau masalah kulit tertentu, terutama yang memiliki alergi tomat, reaksi alergi sebagai efek samping masker tomat untuk wajah mungkin saja terjadi.Tomat diketahui mengandung histamin, yakni suatu senyawa yang dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk menyerang zat asing dari luar.Histamin akan dilepaskan ke area kulit, hidung, sistem pernapasan, dan saluran cerna sehingga menimbulkan gejala-gejala alergi.Tergantung pada tingkat keparahan alergi, Anda bisa saja mengalami reaksi alergi sebagai berikut:
  • Kulit gatal, kulit memerah, ruam kulit
  • Eksim atau biduran (urtikaria)
  • Kram perut, mual, muntah, atau diare
  • Sensasi rasa gatal di tenggorokan
  • Batuk, bersin, hidung berair, mengi (napas bunyi)
  • Pembengkakan pada wajah, mulut, lidah, atau tenggorokan (angioedema)
  • Anafilaksis (gejala reaksi alergi ini sangat jarang terjadi tetapi dapat berakibat fatal)

2. Iritasi kulit

Iritasi kulit juga menjadi efek samping masker tomat untuk wajah.Anda mungkin dapat mengalami iritasi kulit akibat menggunakan masker tomat atau masker wajah dari bahan alami lainnya, bahkan tanpa adanya kondisi alergi atau gejala intoleransi sebelumnya.Tomat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung asam. Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, efek samping masker tomat untuk wajah ini mungkin dapat dialami.Iritasi kulit yang mungkin muncul, termasuk kulit gatal dan memerah setelah mengoleskan masker tomat untuk wajah. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, sebaiknya segera bilas wajah sampai bersih dan hentikan penggunaannya.

3. Kondisi kulit lainnya

Anda mungkin mengalami kondisi kulit lainnya sebagai efek samping masker tomat untuk wajah.Bahaya penggunaan masker tomat ini mungkin saja terjadi apabila Anda mengoleskan masker tomat pada area kulit yang terdapat luka atau goresan.Mengoleskan masker tomat ke area kulit yang terdapat luka dapat memperburuk kondisi kulit sebelumnya.

Cara menggunakan masker tomat untuk wajah dengan aman

Keamanan dan efektivitas tomat untuk wajah masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki kulit normal atau tidak mempunyai kondisi kulit berarti, sah-sah saja apabila ingin menggunakan masker tomat sebagai masker wajah alami.Akan tetapi, bagi Anda dengan jenis wajah atau kondisi kulit tertentu, sebaiknya perlu berhati-hati menggunakannya.Alangkah baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit untuk mengetahui apakah Anda cocok menggunakan masker tomat untuk wajah atau tidak.Selain itu, Anda bisa mengecek apakah kulit Anda dapat menggunakan masker tomat atau tidak dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Oleskan sedikit masker tomat terlebih dahulu ke beberapa area kulit tubuh lain. Misalnya, punggung tangan, kulit di bawah dagu, atau area kulit di belakang telinga.
  • Tunggu selama 24 jam guna melihat reaksinya terhadap kulit Anda.
  • Jika kulit mengalami rasa gatal, memerah, bengkak, atau tanda-tanda alergi atau iritasi kulit lainnya, sebaiknya Anda tidak menggunakan masker tomat untuk wajah.
  • Sebaliknya, apabila tidak muncul efek samping masker tomat untuk wajah, seperti muncul rasa gatal-gatal, memerah, bengkak, atau tanda-tanda reaksi alergi atau iritasi, maka Anda dapat menggunakan masker tomat ke seluruh wajah wajah.
Selanjutnya, Anda yang cocok menggunakan masker tomat dapat mengoleskannya dengan aman ke wajah dengan cara di bawah ini:
Efek samping masker tomat untuk wajah perlu diwaspadai
Anda bisa mencampurkan yogurt ke dalam masker tomat

1. Oleskan jus tomat secara langsung ke wajah

Salah satu cara menggunakan masker tomat untuk wajah dengan aman adalah dengan mengoleskan jus tomat secara langsung ke wajah.Caranya, yakni dengan membasahi kapas dengan jus tomat atau masker tomat, lalu aplikasikan pada seluruh permukaan wajah Anda secara merata. Tetapi, hindari area mata, bibir, dan leher.Tunggu selama kurang lebih 20 menit. Kemudian, bilas wajah menggunakan air hangat.

2. Oleskan pada area kulit yang bermasalah

Selain menggunakan masker tomat ke seluruh permukaan wajah atau tubuh, Anda dapat mengoleskan masker tomat hanya pada area kulit yang mengalami masalah. Misalnya, area kulit yang mengalami hiperpigmentasi atau terasa kering.

3. Campurkan dengan oatmeal atau yogurt

Anda juga bisa mencampurkan masker tomat dengan bahan alami lainnya guna mendapatkan manfaat masker tomat yang maksimal. Bahan alami lain yang bisa Anda gunakan, yakni oatmeal atau yogurt.Oleskan campuran masker tersebut pada kulit. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.Meski diklaim dapat memberikan manfaat yang baik untuk kecantikan kulit, masker tomat ternyata dapat berisiko menimbulkan efek samping tertentu.Oleh karena itu, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan masker tomat untuk kulit.Dokter kulit dapat membantu Anda untuk menentukan apakah kulit wajah Anda cocok menggunakan masker tomat atau tidak.Dengan ini, manfaat masker tomat untuk wajah bisa Anda dapatkan dengan efektif, optimal, dan tetap aman. Anda pun juga dapat terhindar dari risiko efek samping masker tomat untuk wajah yang membahayakan.
perawatan kulittomatmasker wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/tomato-benefits-for-skin#how-to-use
Diakses pada 18 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/allergies/tomatoes-recipes
Diakses pada 18 Agustus 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/tomato-for-face#side-effects-and-risks
Diakses pada 18 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait