logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Penyakit

Daftar Buah Penambah Darah yang Bermanfaat untuk Pengidap Anemia

open-summary

Buah penambah darah dapat menjadi sumber zat besi, vitamin C, dan folat untuk mencegah sekaligus mengatasi anemia. Semangka, jeruk, pisang, dan kiwi merupakan beberapa diantaranya.


close-summary

13 Jul 2022

| Armita Rahardini

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Buah penambah darah

Buah zaitun mengandung zat besi sehingga bisa dijadikan sebagai buah penambah darah

Table of Content

  • Buah penambah darah untuk mengatasi anemia
  • Catatan dari SehatQ

Ada berbagai macam pilihan obat, suplemen, dan vitamin penambah darah sebagai cara mengatasi anemia. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan, seperti buah penambah darah.

Advertisement

Ini bermanfaat untuk mencegah sekaligus mengatasi gejala anemia yang mengganggu. Apa aja macam-macam buah untuk penderita anemia? Simak lengkapnya dalam artikel ini.

Buah penambah darah untuk mengatasi anemia

no caption

Anemia adalah kondisi ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat.

Beberapa penyebabnya adalah kehilangan darah, penghancuran sel darah merah, atau tubuh tidak lagi mampu memproduksi sel darah merah yang cukup.

Jenis anemia yang umum terjadi adalah anemia defisiensi zat besi dan anemia defisiensi vitamin.

Makan makanan penambah darah bisa membantu mengatasi anemia. Dokter juga mungkin saja meresepkan obat penambah darah untuk membantu mengatasinya.

Mengutip Mayo Clinic, makan makanan yang mengandung zat besi, vitamin C, dan folat bisa membantu mengatasi anemia.

Selain makanan seperti lauk pauk, konsumsi buah juga bisa jadi salah satu cara penambah darah untuk mengatasi gejala anemia atau kurang darah. Berikut ini adalah beberapa buah untuk anemia yang bisa Anda coba:

1. Semangka

Buah semangka sangat mudah didapatkan di Indonesia. Harganya pun tergolong murah. Dalam 100 gram buah semangka segar terdapat sekitar 0,24 mg zat besi yang bermanfaat untuk menambah asupan zat besi Anda.

Buah penambah darah ini juga kaya akan kandungan air, sehingga membantu menghidrasi tubuh agar Anda tidak cepat lemas karena dehidrasi.

2. Zaitun

Mungkin Anda sering mendengar khasiat minyak zaitun untuk kecantikan kulit dan rambut. Ternyata, buah zaitun juga sangat bagus untuk penambah darah.

Buah zaitun mengandung 3,3 mg zat besi yang baik untuk meredakan gejala anemia karena kekurangan zat besi.

3. Murbei

Murbei juga jadi salah satu buah untuk anemia yang bisa Anda coba. Secangkir buah murbei mengandung sekitar 2,6 mg zat besi.

Tak hanya itu, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C tersebut penting karena berperan dalam membantu penyerapan zat besi ke dalam tubuh. Untuk itulah, buah murbei juga tepat bila dikonsumsi sebagai penambah darah untuk penderita anemia.

4. Persik

no caption

Buah persik (peach) segar hanya memiliki kurang dari 1 mg zat besi. Namun, 10 potong buah persik kering bisa mengandung zat besi sebanyak 5,3 mg. Luar biasa, bukan? 

Persik bisa diolah menjadi camilan, buah pendamping dalam oatmeal, atau dicampur dengan yogurt. Bagi pengidap anemia yang tidak makan daging, buah ini bisa jadi alternatif zat besi yang baik untuk penambah darah.

Namun, pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi buah kering, apalagi jika memiliki diabetes. Sebab, buah kering biasanya memiliki kandungan gula yang lebih tinggi ketimbang buah segar.

Baca Juga

  • 6 Kemungkinan Penyebab Benjolan di Bawah Lidah
  • Mengenal Berbagai Manfaat Goji Berry yang Menyehatkan Tubuh
  • Segudang Manfaat Jus Nanas yang Sayang untuk Dilewatkan

5. Jeruk

Jeruk adalah buah kaya nutrisi dan senyawa pelindung, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jeruk termasuk buah penambah darah karena kandungan vitamin C dan folat yang cukup tinggi. Folat sendiri dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Sementara, vitamin C bersama dengan zat besi dapat membantu penyerapannya lebih baik.

Buah jeruk dapat membantu mencegah sekaligus mengatasi anemia defisiensi zat besi dan vitamin.

6. Kiwi

Kiwi juga kaya akan vitamin C, vitamin E, serat, kalium, dan folat.

Dalam 180 g kiwi mengandung sekitar 134 mg vitamin C yang dapat membantu menyerap zat besi dari suplemen atau makanan lainnya. Tak hanya vitamin C, kandungan folat juga menjadikan kiwi sebagai buah penambah darah untuk membantu mengatasi anemia.

7. Stroberi

Stroberi mempunyai rasa manis dan asam yang menyegarkan. Buah ini menjadi salah satu makanan penambah darah karena kandungan vitamin C, kalium, dan asam folat.

Sekitar 180 gram stroberi mengandung 88,2 mg vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi agar produksi sel daram merah kembali meningkat.

Anda bisa mengonsumsinya langsung, minum jus segar, atau mencampurnya dengan yogurt.

8. Apel

Hampir sebagian besar orang mengonsumsi apel sebagai pengganti camilan untuk diet. Ini karena apel mengandung serat, vitamin, dan juga mineral yang baik untuk kesehatan.

Ada pula senyawa antioksidan yang dapat membantu menetralisir radikal bebas.

Apel juga mengandung vitamin C, sehingga menjadikannya sebagai buah untuk mencegah dan membantu mengatasi kurang darah bagi penderita anemia.

Pada apel berukuran sedang, terdapat 9-11% kebutuhan vitamin C harian seseorang.

9. Delima

Buah delima adalah salah satu buah penambah darah yang tak boleh dilupakan. Buah berwarna merah ini mengandung zat besi, vitamin A, dan, E. Selain itu, asam askorbat atau vitamin C yang ada dalam buah delima juga bisa meningkatkan penyerapan zat besi.

10. Pisang

Pisang juga termasuk dalam buah penambah darah untuk membantu mengatasi anemia. Selain mengandung zat besi, pisang juga mengandung asam folat yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah di dalam tubuh.

Catatan dari SehatQ

Mencukupi kebutuhan zat besi atau folat, bukan berarti Anda harus melulu makan daging merah dan hati. Coba kombinasikan dengan sederet buah penambah darah di atas.

Perlu diperhatikan juga bahwa penyerapan zat besi atau folat berbeda-beda pada tiap orang. Jumlah zat besi dalam sumber makanan tidak serta-merta akan terserap seluruhnya oleh usus dan dapat digunakan oleh tubuh.

Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C, A, dan betakaroten untuk mengoptimalkan penyerapan zat besi dari makanan serta macam-macam buah untuk membantu mengatasi anemia.

Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai buah penambah darah untuk mengatasi anemia? Tanyakan langsung pada dokter di aplikasi Kesehatan keluarga SehatQ.

Download sekarang di App store dan Google Play.

Advertisement

anemiazat besibuah dan sayuranpenyakitanemia defisiensi besianemia defisiensi vitamin b12 dan folatsel darah merah

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved