Ketiak Hitam Bikin Sebal? Simak Penyebab dan Cara Menghilangkannya


Ketiak hitam bisa disebabkan oleh pemakaian deodoran. Cara mencukur rambut ketiak, pakaian ketat, kumpulan sel kulit mati, hingga kondisi acanthosis nigricans bisa jadi penyebab ketiak hitam lainnya. Untuk mengatasinya, cara menghilangkan ketiak hitam baik secara medis dan alami bisa Anda lakukan.

0,0
16 Jul 2021|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Penyebab ketiak hitam bisa disebabkan oleh pemakaian deodoranDeodoran bisa jadi penyebab ketiak hitam karena kandungan zat kimia di dalamnya yang bisa membuat iritasi kulit
Tak sedikit orang yang memiliki masalah dengan ketiak hitam. Kondisi ini tentu membuat tidak nyaman, apalagi bila harus menggunakan pakaian tanpa lengan. Umumnya, penyebab ketiak hitam adalah kebiasaan sehari-hari hingga kondisi kesehatan tertentu. Walaupun bukan suatu kondisi medis yang serius, ketiak hitam seringkali membuat Anda merasa kurang percaya diri. Untungnya, ada berbagai cara menghilangkan ketiak hitam yang bisa Anda lakukan.

Apa penyebab ketiak hitam?

Area lipatan kulit, seperti belakang lutut, selangkangan, dan ketiak memang sering kali tampak lebih gelap dari bagian tubuh lainnya. Hal tersebut karena area lipatan kulit cenderung lebih lembap, serta memiliki lebih banyak kelenjar keringat dan pori-pori sehingga rentan mengalami masalah kulit, termasuk perubahan warna kulit menjadi lebih gelap.Adapun berbagai faktor yang menjadi penyebab ketiak hitam adalah sebagai berikut. 

1. Pemakaian deodoran

Penyebab ketiak hitam bisa karena pemakaian deodoran
Pemakaian deodoran bisa membuat ketiak menghitam
Tahukah Anda kalau pemakaian deodoran justru menjadi biang keladi ketiak hitam? Ya, deodoran memang dapat meningkatkan kadar pH kulit ketiak untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Akan tetapi, deodoran juga mengandung berbagai zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit ketiak sehingga rentan mengalami perubahan warna, seperti ketiak hitam. Selain itu, kandungan aluminium pada deodoran dapat berinteraksi dengan bakteri yang hidup di ketiak sehingga membuat ketiak menghitam.Jika Anda curiga deodoran membuat ketiak menghitam, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan bahan deodoran alami, seperti cuka apel hingga soda kue. 

2. Mencukur rambut ketiak

Salah satu penyebab ketiak hitam adalah kebiasaan mencukur rambut ketiak. Sebab, walaupun Anda mencukurnya, rambut ketiak tidak dapat tercabut hingga akarnya. Itu artinya, folikel rambut masih tetap terlihat di bawah permukaan ketiak. Rambut yang masih ada di permukaan kulit tersebut membuat ketiak Anda tampak lebih menghitam.
Mencukur rambut ketiak jadi penyebab ketiak hitam
Mencukur rambut dapat menyebabkan iritasi sehingga menghitam
Cara mencukur rambut ketiak yang salah pun ternyata dapat menyebabkan iritasi. Iritasi yang terjadi terus menerus akibat mencukur atau mencabut rambut dapat meningkatkan produksi melanosit, sel yang menghasilkan melanin, sehingga kulit ketiak menjadi lebih hitam.Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Cosmetic Science membuktikan bahwa penggunaan krim penghilang rambut ketiak juga membuat ketiak menghitam. Biasanya, krim cukur rambut ketiak mengandung berbagai bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit dan mengubah warnanya menjadi gelap.Untuk mengurangi risiko iritasi, Anda perlu mengoleskan krim pada kulit ketiak tiap selesai mencukur rambut ketiak. 

3. Kumpulan sel kulit mati

Sel-sel mati dapat terbentuk di seluruh tubuh dan menumpuk di permukaan kulit, tak terkecuali pada kulit ketiak. Sel-sel kulit mati tersebut terperangkap pada lipatan-lipatan ketiak.Jika Anda tidak membersihkan ketiak dan melakukan scrubbing secara rutin, kumpulan sel kulit mati bisa menumpuk dan meninggalkan kesan kulit kusam sehingga berwarna lebih gelap atau hitam.

4. Penggunaan pakaian ketat

Penggunaan pakaian ketat juga menjadi penyebab ketiak hitam. Gesekan yang terjadi antara kulit ketiak dengan pakaian ketat dapat memicu peradangan dan iritasi kulit. Kondisi ini yang membuat ketiak menghitam terjadi.

5. Acanthosis nigricans

Penyebab ketiak hitam karena acanthosis nigricans
Acanthosis nigricans bisa disebabkan oleh obesitas dan gangguan hormon
Acanthosis nigricans merupakan kondisi kesehatan yang membuat lipatan dan lekukan kulit penderitanya tampak menebal dan menghitam. Perubahan warna kulit ini biasanya terlihat pada ketiak, leher, lutut, selangkangan, siku, atau area lipatan kulit lainnya. Sejumlah faktor yang menyebabkan acanthosis nigricans, yakni:
  • Resistensi insulin, yakni kondisi ketika sel tubuh tidak dapat merespons hormon insulin dan mengubah glukosa menjadi energi. 
  • Obesitas. Orang yang mengalami obesitas lebih rentan mengalami kulit hitam pada ketiak dan area tubuh lainnya. 
  • Gangguan hormon, misalnya akibat kelenjar tiroid yang kurang aktif, gangguan kelenjar adrenal, atau sindrom polikistik ovarium (PCOS).
  • Faktor keturunan (genetik).
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, seperti suplemen niacin dosis tinggi, pil KB, atau obat kortikosteroid. 
  • Pertumbuhan jaringan kanker pada perut, hati, atau organ internal tubuh lainnya. 

6. Smoker’s melanosis

Smoker’s melanosis adalah suatu kondisi yang terjadi akibat kebiasaan merokok. Seperti yang sudah diketahui, kebiasaan merokok dapat mempengaruhi penampilan, termasuk menimbulkan efek smoker’s melanosis berupa hiperpigmentasi. 

7. Kehamilan 

Perubahan pada tubuh yang terjadi selama kehamilan ternyata juga menjadi penyebab ketiak hitam. Hal ini karena produksi hormon estrogen meningkat sehingga memicu peningkatan produksi melanosit.Tak hanya pada ketiak, perubahan pada tubuh yang membuat kulit lebih gelap ini mungkin terjadi pada area kulit tubuh lainnya. 

Bagaimana cara mengatasi ketiak hitam dengan cepat?

Ada berbagai cara mengatasi ketiak hitam yang bisa dilakukan. Untuk memperoleh hasil yang lebih cepat, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan perawatan yang tepat. Umumnya, perawatan medis lebih tepat mengatasi ketiak gelap yang disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti acanthosis nigricans. Jika Anda tidak memiliki kondisi tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kulit.Beberapa cara mengatasi ketiak hitam yang mungkin direkomendasikan oleh dokter, yaitu:

1. Pakai krim oles

Cara menghilangkan ketiak hitam dengan salep topikal
Krim retinoid dan hidrokuinon bisa memutihkan warna kulit
Salah satu cara mengatasi ketiak hitam dengan cepat yang direkomendasikan oleh para ahli dermatologi adalah menggunakan krim oles dan antibiotik. Penggunaan krim oles dan antibiotik mampu mengurangi gejala perubahan warna kulit sehingga dapat kembali ke warna semula. Beberapa pilihan krim oles dan antibiotik yang umum diresepkan dokter, yakni:
  • Krim retinoid untuk mencerahkan kulit
  • Krim hidrokuinon untuk mencerahkan warna kulit
  • Calcipotriene, krim mengandung vitamin D yang berfungsi mengurangi pigmentasi
  • Antibiotik oles atau sabun antibakteri untuk mengurangi rasa tidak nyaman yang timbul akibat ketiak menggelap
Jika pengobatan topikal tidak berhasil meredakan gejala ketiak kehitaman, dokter mungkin akan meresepkan obat minum. 

2. Terapi laser

Terapi laser dapat digunakan sebagai cara mengatasi ketiak hitam dengan cepat. Prosedur ini bertujuan untuk mengurangi penebalan kulit yang kerap terjadi bersamaan dengan warna kulit menggelap. Ketika penebalan kulit berkurang, maka warna kulit akan menjadi lebih cerah. Selain itu, terapi laser dapat mengurangi pertumbuhan rambut ketiak sehingga Anda tidak perlu sering-sering mencukur rambut ketiak.

3. Chemical peeling

Chemical peeling adalah prosedur perawatan kulit yang dilakukan dengan mengoleskan bahan kimia pada kulit ketiak yang menghitam. Nantinya, kulit yang menggelap perlahan akan mengelupas dan tergantikan dengan kulit baru yang lebih halus dengan warna lebih cerah dan merata. Bahan kimia yang digunakan dalam prosedur ini biasanya adalah asam trikloroasetat. Prosedur ini mungkin memerlukan beberapa tahap agar hasilnya maksimal. 

Adakah cara menghilangkan ketiak hitam dengan alami?

Jika Anda khawatir berbagai perawatan medis dari dokter dapat menimbulkan efek samping tertentu pada kulit, ada alternatif cara menghilangkan ketiak hitam dengan alami yang bisa dicoba, seperti:

1. Mentimun

Salah satu cara menghilangkan ketiak hitam dengan alami adalah mentimun. Anda dapat mengiris mentimun tebal-tebal, kemudian gosokkan irisan tersebut pada ketiak yang hitam. Diamkan selama 10 menit, bilas area kulit ketiak dengan air dingin dan keringkan menggunakan handuk bersih. 

2. Lemon

Cara mengatasi ketiak hitam dengan lemon
Air lemon merupakan zat pencerah alami
Lemon merupakan zat pencerah alami yang mampu memutihkan kulit ketiak. Cara menghilangkan ketiak yang hitam menggunakan lemon, cukup gosokkan irisan potongan buah lemon pada area kulit ketiak. Diamkan selama 10 menit, bilas area kulit ketiak dan keringkan.Kendati demikian, penggunaan lemon sebagai cara memutihkan kulit ketiak yang sangat hitam dapat menimbulkan efek samping berupa kulit iritasi.

3. Oleskan perasan kentang parut

Sama seperti lemon, kentang juga merupakan bahan pemutih alami. Cara menghilangkan ketiak hitam menggunakan kentang, Anda bisa langsung menggosokkan potongan kentang pada ketiak atau menghaluskan kentang terlebih dahulu, lalu oleskan ke kulit ketiak.

4. Pijat kulit dengan minyak kelapa

Minyak kelapa bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan ketiak hitam
Gunakan minyak kelapa untuk memijat area kulit ketiak
Manfaat minyak kelapa disebut dapat digunakan sebagai cara menghilangkan ketiak yang hitam. Anda hanya cukup memijat kulit ketiak dengan beberapa tetes minyak kelapa. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas kulit dengan air hangat dan sabun sampai bersih. Penyebab ketiak hitam ternyata tidak hanya salah pemakaian deodoran atau kebiasaan sehari-hari, seperti mencukur rambut ketiak. Lebih dari itu, ketiak yang hitam dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Walaupun tidak selalu membahayakan, ada berbagai cara menghilangkan ketiak hitam yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan warna kulit ketiak yang lebih cerah. Jika masih punya pertanyaan seputar penyebab dan cara menghilangkan ketiak yang hitam, tanyakan langsung dengan dokter lewat aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, unduh sekarang melalui App Store dan Google Play.
ketiak hitamkulit dan kecantikanakantosis nigrikanspencerah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/underarm-lightening#natural-remedies
Diakses pada 22 April 2019
Style Caster. https://www.stylecaster.com/beauty/under-arm-dark-spots/
Diakses pada 22 April 2019
Cure Joy. https://www.curejoy.com/content/causes-of-dark-underarms/amp/
Diakses pada 22 April 2019
Women’s Health. https://www.womenshealthsa.co.za/beauty/the-four-causes-of-dark-armpits/
Diakses pada 22 April 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/6-proven-health-benefits-of-apple-cider-vinegar#6.-May-boost-skin-health
Diakses tanggal 11 Februari 2021
American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/acanthosis-nigricans-treatment#treatment
Diakses pada 16 Juli 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/dark-underarms#causes-and-risk-factors
Diakses pada 16 Juli 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322860.php
Diakses pada 16 Juli 2021
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acanthosis-nigricans/symptoms-causes/syc-20368983
Diakses pada 16 Juli 2021
International Journal of Cosmetic Science. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1467-2494.2006.00328.x
Diakses pada 16 Juli 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait