Demam Boba Bikin Gendut? Yuk, Belajar Cara Membuat Infused Water!

Campuran lemon dan mint dalam infused water tak hanya membuat rasa air putih menjadi segar, tetapi sekaligus berfungsi menurunkan berat badan
Lemon dan daunt mint merupakan campuran yang paling sering dipakai untuk membuat infused water

Di tengah tren minuman bubble tea atau boba yang semakin menggila, sudah sejak lama sudah ada tren yang jauh lebih sehat: infused water. Sebenarnya sama saja dengan air putih, hanya saja dicampur dengan bahan-bahan buah, sayur, atau rempah sehingga lebih bermanfaat bagi tubuh. Belajar cara membuat infused water bisa membawa Anda satu langkah lebih dekat dengan tubuh sehat.

Ketika berada di restoran atau sedang suntuk di rumah dan kantor, tentu wajar jika terlintas ingin memesan minuman manis sebagai penyegar. Rasanya tentu menggiurkan dan segar! Tapi jangan salah, minuman infused water juga tidak kalah segar.

Bahkan, minuman ini bisa jadi alternatif bagi Anda yang bosan minum air putih yang itu-itu saja. 

Cara membuat infused water

Selain membeli infused water, Anda juga bisa belajar belajar cara membuat infused water sendiri di rumah. Bahan-bahannya juga mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. 

Beberapa resep cara membuat infused water yang bisa Anda coba di antaranya:

   1. Lemon dan mint

Perpaduan infused water dengan lemon dan mint adalah yang paling lazim dan termasuk paling populer sejak dulu. Menambahkan lemon dan daun mint membuat rasa air putih menjadi lebih segar.

Tak hanya itu, infused water ini juga baik untuk membakar lemak, meredakan sakit kepala, bahkan menyegarkan pernapasan.

   2. Stroberi dan kiwi

Kedua buah yang mengandung kadar antioksidan tinggi seperti stroberi dan kiwi juga bisa jadi ide cara membuat infused water versi Anda. Stroberi dan kiwi adalah buah yang tidak terlalu manis dan cocok menjadi perpaduan resep infused water Anda.

Manfaat lainnya dari resep yang satu ini adalah mengendalikan kadar gula tubuh, baik untuk pencernaan, hingga menambah kekebalan tubuh sehingga tidak gampang sakit.

   3. Timun dan lemon

Timun adalah buah yang kaya kandungan air. Mencampur air putih dengan timun serta lemon juga merupakan salah satu cara membuat infused water yang tidak kalah menyegarkan.

Perpaduan infused water ini memastikan asupan cairan bagi tubuh tetap tercukupi dan mengurangi rasa mual. Selain itu, infused water dengan timun serta lemon bisa mengendalikan nafsu makan Anda.

   4. Nanas dan mint

Segarnya rasa buah nanas berpadu dengan daun mint menjadi cara membuat infused water berikutnya yang tak kalah populer. Anda bisa mencampur irisan tipis nanas dengan beberapa lembar daun mint. Campurkan dan diamkan di kulkas agar semakin terasa kesegarannya.

   5. Mangga dan nanas

Buah mangga bisa jadi tidak umum digunakan sebagai campuran resep infused water. Namun nyatanya mangga juga bisa menjadi pilihan cara membuat infused water asal tidak terlalu matang.

Caranya cukup dengan mengiris tipis mangga dan campurkan dengan irisan tipis buah nanas. Masukkan dalam botol berisi air dan diamkan selama beberapa jam di lemari pendingin untuk hasil maksimal.

   6. Jeruk dan anggur

Penggemar buah-buahan asam dan berair seperti anggur dan jeruk juga bisa menikmati buah favorit mereka dengan cara baru, yaitu dengan meracik infused water. Campurkan anggur dan irisan jeruk ke dalam air putih. Jangan lupa diamkan selama beberapa saat di lemari pendingin agar bercampur sempurna.

   7. Kiwi dan kayu manis

Jangan lupa menyertakan rempah-rempah khas nusantara seperti kayu manis saat Anda mencoba cara membuat infused water. Contohnya dengan memadukan buah kiwi dan kayu manis ke dalam air putih racikan spesial Anda.

Sebaiknya gunakan kayu manis batangan agar tetap padat meski direndam selama berjam-jam. Aroma dari kayu manis ini pun jauh lebih kuat. Memadukannya dengan buah kiwi akan membuat minuman Anda terasa lebih segar sekaligus menyehatkan.

   8. Pir, jahe, dan jeruk nipis

Perpaduan cara membuat infused water berikutnya juga masih melibatkan rempah-rempah yang mudah Anda temukan di sekitar, yaitu jahe. Anda cukup mencampurkan irisan kecil buah pear dan jeruk nipis. Kemudian, tambahkan ¼ irisan tipis jahe.

Jika ingin rasa jahe lebih dominan, tambahkan irisannya dengan ukuran lebih besar. Pertimbangkan pula untuk memilih buah pir yang masih muda agar tidak menjadi lembek saat terkena air. Diamkan resep infused water ini selama beberapa jam sebelum meminumnya. 

   9. Blackberry dan mint

Ketika mendengar buah blackberry sebagai bahan cara membuat infused water, jangan keburu mengernyitkan dahi dulu. Buah kaya antioksidan ini justru sangat segar sebagai bahan utama infused water, terlebih jika dipadukan dengan daun mint.

Anda bisa mencampurkan beberapa butir blackberry dengan 3-5 lembar daun mint dan diamkan selama 24 jam. Nikmati keesokan harinya dan rasakan dampaknya bagi tubuh Anda.

Manfaat infused water bagi kesehatan

Meminum infused water dengan campuran buah, sayur, atau rempah tertentu adalah cara pintar untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi. Tak hanya itu, ini juga langkah bijak memastikan tubuh tidak kelebihan kalori dan gula.

Untuk merangkum beberapa manfaat infused water bagi kesehatan, beberapa di antaranya adalah:

  • Memastikan tubuh terhidrasi
  • Memperkaut kekebalan tubuh
  • Mencegah heartburn
  • Mengendalikan kadar gula darah
  • Mengontrol berat badan
  • Mengendalikan nafsu makan
  • Menyegarkan pernapasan

Tak hanya untuk kesehatan, infused water juga baik untuk kondisi kulit seseorang. Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memiliki kadar pH seimbang dan tekstur kulit yang lebih baik.

Untuk memastikan rasanya bercampur dengan sempurna, Anda perlu mendiamkan resep cara membuat infused water di atas selama 4 jam atau disimpan semalaman di lemari pendingin. Cara ini membuat rasa dari buah benar-benar bercampur ke air.

Memadukan infused water dengan buah kaya vitamin C seperti lemon dan jeruk juga menjadi cara mudah memastikan tubuh mendapatkan asupan vitamin yang dibutuhkan. Jika bisa sehat dengan cara membuat infused water sendiri di rumah, kenapa tidak?

Catatan dari SehatQ

Bila Anda sedang bosan minum air putih yang rasanya tawar, sebaiknya pilih infused water yang jauh lebih menyehatkan ketimbang bubble tea. Anda bisa meracik infused water sendiri di rumah. 

Cukup siapkan teko yang diisi air putih kemudian masukkan buah-buahan, sayur, maupun rempah-rempah yang telah dicuci bersih dan dipotong-potong. Simpan di dalam kulkas agar semua bahan tersebut tercampur.

Self. https://www.self.com/gallery/infused-water-recipes-help-you-drink-more-water
Diakses 1 Oktober 2019

Verywell Fit. https://www.verywellfit.com/detox-water-89123
Diakses 1 Oktober 2019

Wellness Mama. https://wellnessmama.com/3607/herb-fruit-infused-water/
Diakses 1 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed