Turunkan Gula Darah Hingga Lawan Kanker, Ini 8 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan

Manfaat ginseng baik bagi tubuh
Ginseng memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk tubuh

Ginseng adalah salah satu tanaman herbal terkenal yang memiliki banyak manfaat. Jenis akar tanaman berwarna merah atau putih ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional.

Dua jenis ginseng yang umum ditemukan, yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea atau Asia (Panax ginseng).

Meski berbeda jenis ginseng, secara umum ginseng memiliki kandungan zat aktif yang sama, yakni ginsenosida dan gintonin. Kedua kandungan zat tersebut yang dipercaya menawarkan berbagai manfaat ginseng untuk kesehatan.

Dapatkan manfaat ginseng untuk kesehatan ini

Sederet manfaat yang bisa Anda dapatkan apabila mengonsumsi ginseng, antara lain:

1. Mengurangi peradangan

Salah satu manfaat ginseng untuk kesehatan adalah membantu mengurangi peradangan. Hal ini berkat kandungan antiperadangan yang terdapat pada senyawa ginsenosida dalam ginseng.

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal of Translational Medicine, senyawa tersebut memiliki efek positif dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengurangi peradangan.

2. Meredakan stres

Ginseng dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi. Hal ini mungkin berkat peran senyawa adaptogen dalam ginseng.

Adaptogen dalam ginseng dapat mengganggu kadar hormon yang dihasilkan tubuh saat stres. Akibatnya, ginseng bisa menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ginseng memiliki kandungan antialergi, antimikroba, dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dalam melawan berbagai infeksi mikroba dan bakteri.

Tanaman herbal ini bahkan dipercaya dapat meningkatkan efek vaksinasi terhadap berbagai jenis penyakit, seperti influenza, virus hepatitis C, respiratory syncytial virus (RSV), dan rotavirus. 

4. Mencegah ejakulasi dini

Ginseng juga memiliki manfaat dalam hal seksualitas pria, salah satunya dalam mencegah ejakulasi dini.

Caranya, dengan membersihkan penis dan mengoleskan krim yang mengandung ginseng pada permukaan penis satu jam sebelum melakukan hubungan seksual guna mencegah ejakulasi dini.

5. Mencegah penuaan dini

Ginseng juga memiliki manfaat dalam mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan di dalam ginseng dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan mencegah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat.

Selain itu, ginseng juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam sel-sel kulit tubuh. Manfaat ginseng ini yang membantu membuat kulit tampak lebih awet muda dan lembap.

6. Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat ginseng lainnya adalah meningkatkan kemampuan berpikir atau fungsi kognitif. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Cochrane Library mengemukakan manfaat ginseng untuk fungsi kognitif, perilaku, dan kualitas hidup.

Selain itu, pada beberapa hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa ginseng memiliki efek positif pada fungsi otak dan perilaku pada penderita Alzheimer.

7. Menurunkan kadar gula darah

Ginseng memiliki manfaat yang baik bagi penderita diabetes. Pasalnya, ginseng berpotensi dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tanaman herbal ini dapat membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh.

Hal tersebut berkat kandungan ginsenosida yang bekerja dengan memengaruhi produksi insulin dalam pankreas dan meningkatkan resistensi insulin.

Kemudian, pada hasil studi lainnya disebutkan bahwa ekstrak ginseng dapat membantu memberikan perlindungan antioksidan sehingga mengurangi radikal bebas dalam sel-sel tubuh penderita diabetes.

8. Melawan sel-sel kanker

Manfaat ginseng berikutnya adalah membantu mengurangi risiko munculnya berbagai jenis penyakit kanker. Ginsenosida yang terkandung di dalam ginseng memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh.

Ginsenosida pada ginseng juga bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng mengalami penurunan risiko kanker sebanyak 16 persen.

Berbagai jenis penyakit kanker yang dimaksud, antara lain kanker mulut, kanker esofagus, kanker perut, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker paru-paru.

Selain itu, manfaat ginseng untuk kanker lainnya adalah meningkatkan kesehatan pada penderita kanker yang tengah menjalani pengobatan kemoterapi, mengurangi efek samping, dan meningkatkan efek positif dari pengobatan kanker.

Efek samping mengonsumsi ginseng terlalu banyak

Meski memiliki sederet manfaat untuk kesehatan, sebaiknya ginseng tidak dikonsumsi secara berlebihan. Pasalnya, mengonsumsi ginseng secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping berupa kondisi kesehatan sebagai berikut:

  • Sakit kepala;
  • Pusing;
  • Gugup;
  • Diare;
  • Mudah marah;
  • Perdarahan;
  • Mulut kering;
  • Kejang;
  • Penglihatan kabur;
  • Gangguan tidur;
  • Gangguan pencernaan;
  • Penurunan detak jantung;
  • Perubahan tekanan darah dan kadar gula darah.

Maka dari itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi ginseng guna mengetahui porsi yang aman dan tepat.

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan manfaat ginseng dengan efektif dan maksimal.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/ginseng-benefits
Diakses pada 4 Desember 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/262982.php
Diakses pada 4 Desember 2019

Organic Facts. https://www.organicfacts.net/health-benefits/herbs-and-spices/ginseng.html
Diakses pada 4 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2781779/
Diakses pada 4 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18955300/
Diakses pada 4 Desember 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27616903/
Diakses pada 4 Desember 2019

Journal of Transational Medicine. https://translational-medicine.biomedcentral.com/articles/10.1186/1479-5876-7-34
Diakses pada 4 Desember 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed