Sederet Obat Diare Ampuh dari Bahan Alami dan Resep Dokter untuk Meringankan Gejala


Obat diare ampuh alami dan resep dokter dapat dikonsumsi untuk meringankan gejala sekaligus mempercepat proses penyembuhan. Obat diare alami meliputi minum banyak cairan dan konsumsi oralit.

(0)
Obat diare alami bermacam-macam mulai dari minum banyak cairan dan konsumsi oralitTeh jahe bisa menjadi obat diare alami yang baik
Obat diare yang ampuh perlu segera digunakan bagi Anda atau orang di sekitar Anda yang mulai menunjukkan gejala diare. Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang umum dialami oleh banyak orang. Hal ini ditandai dengan frekuensi buang air yang sering dan cair (mencret).Penyebab diare bisa karena berbagai macam hal. Mulai dari infeksi bakteri, keracunan makanan, atau kondisi kesehatan lainnya, seperti iritasi usus.Meski bukan kondisi serius dan dapat berangsur pulih dengan sendirinya selama 2-3 hari, diare dapat berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik.Selain menimbulkan gejala tidak nyaman, diare juga dapat menyebabkan dehidrasi. Maka dari itu, penting untuk menanganinya dengan obat untuk diare yang tepat.

Pilihan obat diare ampuh di apotek yang bisa digunakan

Obat diare ada yang bisa diperoleh secara alami dan obat dari dokter
Penyebab diare bisa bermacam-macam
Pada dasarnya, sebagian besar kasus diare dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.Anda pun bisa menggunakan obat diare alami, seperti minum air putih yang banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.Konsumsi obat diare di apotek pun mungkin dibutuhkan apabila gejala gangguan pencernaan ini tak berangsur sembuh dan mengganggu aktivitas.Akan tetapi, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu guna mendapatkan rekomendasi obat diare yang ampuh dengan tepat. Berikut adalah pilihannya.

1. Loperamide

Loperamide adalah salah satu obat diare ampuh di apotek yang bisa Anda konsumsi.Loperamide bekerja dengan memperlambat gerak usus sehingga menghasilkan feses dalam bentuk yang lebih padat saat diare.Loperamide merupakan obat diare dewasa. Penggunaan loperamide sebagai obat diare anak harus disesuaikan dengan usia dan berat badannya.Orang dewasa tidak disarankan untuk minum obat loperamide lebih dari 8 miligram dalam waktu 24 jam.Selain itu, dosis loperamide yang diresepkan oleh dokter tidak boleh diminum lebih dari 16 miligram dalam waktu 24 jam.Obat diare manjur ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, tablet telan, dan tablet kunyah. Ada juga loperamide dalam bentuk cair, tetapi obat ini hanya bisa didapatkan melalui resep dokter.
Obat diare ampuh di apotik adalah loperamide
Obat diare dari dokter harus dikonsumsi sesuai dengan dosisnya
Jika Anda mengonsumsi loperamide dalam bentuk tablet kunyah, sebaiknya minum obat diare ini saat perut kosong. Obat tablet kunyah harus dikunyah dengan saksama sebelum ditelan.Bila mengonsumsi loperamide dalam bentuk tablet telan, keluarkan tablet dari kemasan dengan hati-hati.Jangan membelah atau menghancurkan tablet telan sesaat sudah mengeluarkannya dari kemasan. Letakkan tablet telat di atas permukaan lidah, diamkan hingga larut sepenuhnya dengan air liur.Anda tidak perlu minum segelas air untuk mengonsumsi obat diare loperamide dalam bentuk tablet telan.Sama seperti jenis obat pada umumnya, obat mencret untuk orang dewasa ini dapat menimbulkan sejumlah efek samping, seperti pusing, mengantuk, merasa lelah, hingga sembelit.

2. Bismuth-subsalicylate

Obat diare ampuh di apotek lainnya adalah bismuth-subsalicylate.Jenis obat ini bertujuan untuk mengobati diare dengan cara menyeimbangkan pergerakan cairan pada sistem pencernaan sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare.Meski jarang menimbulkan efek samping, bismuth subsalicylate dapat menyebabkan lidah dan feses menghitam.Akan tetapi, efek ini dapat menghilang setelah Anda menghentikan konsumsi obat.Sebaiknya, hindari konsumsi bismuth subsalicylate apabila feses Anda berdarah atau mengandung lendir.

3. Attapulgite

Baca aturan pakai obat diare sebelum mengonsumsinya
Minum obat diare sesuai dengan petunjuk dari dokter
Attapulgite termasuk dalam golongan obat untuk diare yang ampuh.Attapulgite digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan, terutama diare, yang dapat menyebabkan dehidrasi karena hilangnya cairan dalam tubuh dengan cepat.Obat ini bekerja dengan menyerap atau mengikat sejumlah besar bakteri dan racun, serta mengurangi cairan tubuh yang hilang.Obat attapulgite juga dapat mengurangi jumlah buang air besar, meningkatkan konsistensi feses yang encer atau berair, dan meredakan kram pada perut atau saluran pencernaan yang terjadi karena diare.Beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat konsumsi attapulgite adalah mual, sakit kepala, perut kembung, sembelit ringan, dan gangguan pencernaan, seperti mulas.

4. Suplemen probiotik

Suplemen probiotik juga dapat digunakan sebagai obat mencret.Probiotik dikenal juga sebagai "bakteri baik" dan diketahui memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Salah satunya dalam mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare.Probiotik berguna untuk menambah jumlah bakteri baik pada saluran cerna, sekaligus menyeimbangkan bakteri baik dan bakteri jahat pada saluran pencernaan.Probiotik terdapat dalam bentuk suplemen makanan, seperti kapsul, tablet, dan bubuk.Baca Juga: Obat Diare Anak yang Aman DigunakanSebelum minum obat diare, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui penyebab diare yang dialami serta takaran dosis yang tepat.Jika Anda menggunakan obat diare di apotek, sebaiknya baca aturan pakai dan gunakan dosis obat diare sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada kemasan.Tanyakan dengan dokter atau apoteker bila Anda merasa kebingungan mengenai cara konsumsi obat diare.Anda tidak disarankan untuk minum obat diare di apotek apabila mengalami gejala demam, ruam kulit, atau BAB berdarah.Pasalnya, kondisi ini dapat menandakan Anda mengalami infeksi atau kondisi medis serius lainnya yang membutuhkan penanganan dari dokter.

Antibiotik sebagai obat untuk diare

Apabila penyebab diare karena infeksi yang parah, Anda mungkin membutuhkan obat diare yang ampuh berupa antibiotik.Obat antibiotik dapat membantu melawan dan menghancurkan pertumbuhan bakteri jahat dalam saluran pencernaan.Kendati demikian, antibiotik sebagai obat diare manjur hanya bisa didapat melalui resep dokter.Jika digunakan sembarangan, penggunaan antibiotik justru dapat menimbulkan efek samping tertentu atau menimbulkan kondisi medis yang baru.Adapun pilihan obat antibiotik untuk diare yang biasa diresepkan dokter, yaitu:

1. Azythromycin

Salah satu antibiotik sebagai obat untuk diare dari dokter adalah azythromycin.Obat azythromycin biasanya diberikan untuk mengobati diare akibat bakteri Campylobacter jejuni.Beberapa efek samping yang mungkin muncul akibat penggunaan azythromycin adalah nyeri perut, sembelit, perut kembung, mual, dan muntah.

2. Metronidazole

Metronidazole adalah obat antibiotik yang bertujuan untuk melawan infeksi bakteri pada lambung atau usus.Metronidazole bisa digunakan untuk mengobati diare yang disebabkan oleh infeksi Clostridium difficile. Obat ini dapat diberikan dalam bentuk tablet atau cair.

3. Ciprofloxacin

Ciprofloxacin merupakan jenis obat antibiotik yang untuk mengobati diare parah yang disebabkan oleh infeksi bakteri.Ciprofloxacin termasuk dalam golongan antibiotik kuinolon yang bekerja dengan menghentikan pertumbuhan bakteri.Efek samping ciprofloxacin yang biasanya muncul, termasuk diare, mual, muntah, dan ruam.Meski jarang terjadi, efek samping ciprofloxacin juga bisa tergolong serius. Misalnya, gangguan pada tendon, gangguan saraf, perubahan suasana hati atau perilaku yang serius, atau kondisi gula darah rendah.Segera periksakan diri ke dokter jika Anda mengalami hal-hal ini.

Cara mengatasi diare dengan obat diare alami

Selain menggunakan obat mencret di apotek, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami di rumah sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi diare, khususnya bagi orang dewasa.Berikut adalah cara mengatasi mencret dengan obat diare alami di rumah yang bisa Anda gunakan.

1. Perbanyak minum cairan

Salah satu obat diare alami yang paling mudah dilakukan adalah dengan memperbanyak minum cairan.Diare akan menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Itu sebabnya, asupan air sangat diperlukan oleh tubuh saat diare agar mencegah terjadinya risiko dehidrasi. Jika Anda sampai terkena dehidrasi, maka bisa berakibat fatal.Cara mengatasi diare agar tidak sampai terkena dehidrasi adalah dengan meminum cairan yang mengandung garam dan gula dengan takaran tertentu, seperti cairan oralit.Cara membuat oralit sebagai obat diare alami, yaitu cukup larutkan ½ sendok teh garam dan 6 sendok makan gula ke dalam 1 liter air.Minum cairan oralit bikinan sendiri dapat membantu usus menyerap kelebihan cairan lebih baik.Solusi ini dianggap lebih ampuh untuk menghidrasi tubuh saat diare, dibandingkan dengan air putih saja.Minum minuman olahraga (isotonik) juga dapat membantu memenuhi cairan tubuh serta elektrolit yang hilang akibat diare.Selain itu, minum jus buah dan mengonsumsi makanan berkuah, seperti sup ayam, dapat menjadi pilihan obat tradisional diare yang diperoleh melalui cairan.
Salah satu obat diare alami adalah meminum cairan oralit
Campurkan garam dan gula ke dalam segelas air putih hangat
Selama masih diare dan mencret, hindari jenis minuman yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan.Misalnya, minuman yang mengandung kafein, minuman bersoda atau berkarbonasi, minuman sangat panas, dan minuman beralkohol.Hindari pula minum susu dan produk dari bahan susu lainnya yang dapat memperburuk gejala diare.Pasalnya, hal tersebut dapat menyebabkan intoleransi laktosa sementara, yakni masalah pencernaan yang terjadi saat tubuh tidak dapat mencerna laktosa.

2. Minum teh chamomile

Minum teh chamomile juga jadi pilihan obat diare alami yang bisa Anda gunakan.Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Medicine Reports membuktikan bahwa minum teh chamomile yang dicampurkan bahan-bahan alami lainnya diyakini dapat mengatasi masalah pencernaan, termasuk diare.

3. Minum teh jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah alami yang memiliki sifat antiradang, antinyeri, dan antibakteri sehingga dapat membantu mengatasi masalah perut, termasuk diare.Antioksidan di dalamnya juga memiliki efek positif pada saluran pencernaan perut Anda. Tak ayal bila teh jahe bisa digunakan sebagai obat alami diare untuk orang dewasa.Cara membuatnya, masukkan beberapa sendok teh jahe bubuk yang sudah diparut ke dalam segelas air hangat. Diamkan selama beberapa saat, lalu tambahkan lemon atau madu sesuai selera Anda.Minum teh jahe diyakini dapat memulihkan tubuh dan mengisi kembali cairan tubuh yang hilang bersama feses.Jahe juga dapat membantu meredakan sakit perut dan memberi rasa nyaman pada perut selama proses penyembuhan.

4. Menyesuaikan pola makan

Saat diare, Anda dianjurkan untuk makan dalam porsi lebih kecil tetapi lebih sering.Terlalu banyak makan dalam satu waktu dapat membuat otot saluran cerna bekerja lebih aktif sehingga memperparah kondisi diare.Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan rendah serat untuk menenangkan kondisi usus yang bermasalah.Jadi untuk sementara waktu, pilihlah makanan yang tinggi karbohidrat tapi rendah serat, seperti nasi putih. Cara mengatasi diare secara alami ini dikenal dengan diet BRAT.Diet BRAT merupakan pengaturan makan yang mengandung potasium dan pektin. Pola makan dapat membantu untuk membuat feses menjaddi lebih padat.
Obat diare alami yang bisa dilakukan dengan menerapkan pola diet BRAT
Makan pisang saat diare banyak manfaatnya
Diet BRAT terdiri dari:
  • Banana atau pisang.
  • Rice atau nasi.
  • Apple sauce atau saus apel.
  • Toast atau roti tawar panggang.
Diet BRAT harus dilakukan dengan benar. Cara mengobati diare dengan diet BRAT hanya boleh dilakukan tidak lebih dari 2 hari atau sampai frekuensi buang air besar (BAB) Anda menjadi lebih baik.Pasalnya, diet BRAT mengandung rendah serat serta tidak mengandung nutrisi yang cukup dan seimbang bagi tubuh.Selain empat jenis makanan di atas, Anda bisa pula makan pisang dan kentang.Pisang bisa menjadi obat alami diare dan mencret yang ampuh bagi orang dewasa, tetapi tidak demikian halnya bagi anak-anak.Anak-anak yang mengalami diare disertai muntah, sebaiknya makan biskuit atau kentang yang dihaluskan (mashed potatoes).

5. Konsumsi makanan, minuman, atau suplemen probiotik

Obat diare alami lainnya adalah dengan mengonsumsi makanan, minuman, atau suplemen probiotik.Probiotik adalah jenis bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan.Manfaat probiotik adalah untuk mengatasi infeksi pada saluran pencernaan sekaligus mendukung fungsi kerja usus dengan menyimbangkan jumlah flora di dalam usus.Anda dapat menemukan makanan yang mengandung probiotik, seperti yogurt atau jenis makanan fermentasi. Misalnya, tahu, tempe, dan kimchi.Solusi lainnya, Anda bisa mengonsumsi suplemen probiotik yang banyak dijual di toko obat atau toko online untuk mengatasi diare.

6. Hindari makanan mengandung gas

Hindari makanan yang mengandung gas sebagai obat diare alami
Kacang-kacangan bisa memperparah gejala diare
Mengonsumsi makanan mengandung gas saat diare dapat meningkatkan produksi gas di dalam usus.Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran mengandung gas yang sebaiknya dihindari adalah brokoli, jagung, sayuran berwarna hijau, buah beri, kacang-kacangan, dan kacang polong.Ini juga termasuk makanan manis, seperti kue.

7. Hindari makanan yang bisa memicu iritasi

Beberapa jenis makanan dapat membuat sistem pencernaan Anda menjadi iritasi. Misalnya:
  • Makanan yang mengandung tinggi lemak, seperti alpukat, ikan, kacang-kacangan.
  • Makanan yang berminyak atau digoreng, seperti ikan atau ayam goreng. Namun, Anda masih boleh mengonsumsi telur goreng.
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan.
  • Makanan dengan kadar fruktosa tinggi.
  • Makanan pedas.

Kapan harus ke dokter?

Sebagian besar kasus gejala diare dapat berangsur reda dengan pilihan obat diare alami atau obat diare ampuh di apotek yang telah disebutkan di atas.Bila setelah mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas, diare tak kunjung sembuh lebih dari 2 hari dan masih berlangsung sangat sering, segera periksakan diri ke dokter.Tanda-tanda dan gejala lainnya yang memerlukan pertolongan medis, di antaranya:
  • Diare kronis.
  • Berat badan menurun.
  • Nyeri perut yang parah.
  • BAB berdarah atau bernanah.
  • Tanda kekurangan cairan, seperti rasa haus yang ekstrem dan mulut kering.
Dokter akan memberikan pilihan cara mengatasi diare atau obat diare yang ampuh lainnya sesuai dengan kondisi Anda.[[artikel-terkait]]Jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai obat untuk diare baik secara alami dan medis, tanyakan langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakitdiarepola hidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324424.php
Diakses pada 27 November 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/ginger-for-treatment
Diakses pada 27 November 2019
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/digestive-health/diarrhea-treatment/
Diakses pada 27 November 2019
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diarrhea/treatment/dos-donts-treating-diarrhea-quick-relief/
Diakses pada 27 November 2019
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/moms-advice-is-still-the-best-for-treating-diarrhea/
Diakses pada 27 November 2019
Molecular Medicine Reports. https://www.spandidos-publications.com/mmr/3/6/895
Diakses pada 27 November 2019
Web Md. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-4789-4025/loperamide-oral/loperamide-oral/details
Diakses pada 12 Oktober 2020
Web Md. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-3596/bismuth-subsalicylate-oral/details
Diakses pada 12 Oktober 2020
Web Md. https://www.webmd.com/digestive-disorders/frequent-diarrhea-16/weigh-diarrhea-treatment
Diakses pada 12 Oktober 2020
Family Doctor. https://familydoctor.org/antidiarrheal-medicines-otc-relief-for-diarrhea/
Diakses pada 12 Oktober 2020
American Famuly Physician. https://www.aafp.org/afp/2014/0201/p180.html
Diakses pada 9 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait