8 Cara Menyembuhkan Diare dengan Bahan Alami Tanpa Perlu ke Dokter

Teh jahe dapat digaunakan sebagai obat diare alami
Teh jahe bisa menjadi obat diare alami yang baik

Diare adalah salah satu masalah pencernaan yang umum dialami oleh banyak orang. Penyebab diare pun bermacam-macam. Mulai dari infeksi bakteri, keracunan makanan, atau kondisi kesehatan, seperti iritasi usus.

Diare sebenarnya bukan suatu kondisi yang serius dan dapat berangsur hilang selama dua atau tiga hari. Meski demikian, apabila tidak segera ditangani dengan baik, diare dapat berakibat fatal.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menyembuhkan diare dengan segera berikut ini.

Cara menyembuhkan diare secara alami

Sebenarnya, sebagian besar diare dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Kendati demikian, kondisi ini tetap tidak boleh disepelekan. Pasalnya, selain menimbulkan gejala tidak nyaman, diare juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Guna meringankan gejala sekaligus mempercepat proses penyembuhan diare, berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan.

1. Perbanyak minum cairan

Minum banyak cairan merupakan salah satu cara menyembuhkan diare secara alami. Asupan air sangat diperlukan oleh tubuh selama diare karena dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika Anda sampai terkena dehidrasi, maka akibatnya dapat berisiko parah.

Cara terbaik untuk mencegah dehidrasi adalah dengan meminum cairan yang mengandung garam dan gula, seperti cairan oralit. Cara membuatnya, cukup larutkan ½ sendok teh garam dan 6 sendok makan gula ke dalam 1 liter air.

Minum cairan oralit bikinan sendiri dapat membantu usus menyerap kelebihan cairan lebih efisien. Solusi ini dianggap lebih efektif menghidrasi tubuh saat diare dibandingkan air putih saja.

Minum minuman olahraga juga dapat membantu memenuhi cairan tubuh serta potassium dan sodium yang hilang dari tubuh. Selain itu, minum jus buah dan makan makanan berkuah, seperti sup ayam juga dapat menjadi pilihan cara menyembuhkan diare melalui cairan.

Selama masih diare, hindari jenis minuman yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan, seperti:

  • Minuman yang mengandung kafein
  • Minuman bersoda atau berkarbonasi
  • Minuman yang sangat panas
  • Minuman beralkohol

Hindari pula minum susu dan produk dari bahan susu lainnya yang dapat memperburuk gejala diare. Hal ini dapat menyebabkan intoleransi laktosa sementara, yakni masalah pencernaan yang terjadi saat tubuh tidak dapat mencerna laktosa.

2. Minum teh chamomile

Minum teh chamomile dapat menjadi cara menyembuhkan diare secara alami.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Medicine Reports menunjukkan bahwa minum teh chamomile yang dicampurkan bahan-bahan alami lainnya diyakini dapat mengatasi masalah pencernaan, termasuk diare.

3. Minum teh jahe

Jahe adalah salah satu jenis rempah alami yang mengandung zat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri yang dapat membantu mengatasi masalah perut, tak terkecuali dalam mengobati diare.

Antioksidan di dalamnya juga memiliki efek positif pada saluran pencernaan perut Anda. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk minum teh jahe sebagai cara menyembuhkan diare secara alami.

Cara membuatnya, masukkan beberapa sendok teh jahe bubuk yang sudah diparut ke dalam segelas air hangat. Diamkan selama beberapa saat, lalu tambahkan lemon atau madu sesuai selera Anda.

Selain menggunakan jahe yang sudah diparut, Anda bisa menggunakan bubuk jahe kemasan atau teh jahe kantong yang dijual di pasaran.

Minum teh jahe diyakini dapat memulihkan tubuh dan mengisi kembali cairan yang mungkin hilang saat diare. Jahe juga dapat membantu menenangkan dan memberi rasa nyaman pada perut selama proses penyembuhan.

4. Menyesuaikan pola makan

Saat diare, Anda disarankan untuk makan dalam porsi lebih kecil tetapi lebih sering. Terlalu banyak makan dalam satu waktu dapat membuat otot saluran cerna untuk bekerja lebih aktif sehingga memperparah diare.

Salah satu pilihan menyembuhkan diare dengan langkah ini dikenal dengan diet BRAT. Diet BRAT yang mengandung potasium dan pektin ini dapat membantu menghasilkan feses yang lebih padat. Diet BRAT terdiri dari:

  • Banana atau pisang.
  • Rice atau nasi.
  • Apple sauce atau saus apel.
  • Toast atau roti tawar panggang.

Diet BRAT harus dilakukan dengan benar. Cara menyembuhkan diare dengan diet BRAT hanya boleh dilakukan tidak lebih dari dua hari atau sampai frekuensi buang air besar (BAB) Anda menjadi lebih baik.

Jenis diet ini bahkan tidak boleh dilakukan terlalu lama. Pasalnya, diet BRAT tidak mengandung nutrisi yang cukup dan seimbang bagi tubuh.

Selain empat jenis makanan di atas, Anda bisa pula makan pisang dan kentang. Pisang baik dikonsumsi oleh orang dewasa saat diare, namun tidak demikian halnya bagi anak-anak.

Anak-anak yang mengalami diare disertai muntah, sebaiknya makan biskuit atau kentang yang dihaluskan (mashed potatoes).

5. Konsumsi minuman, makanan, atau suplemen probiotik

Cara menyembuhkan diare lainnya adalah dengan mengonsumsi minuman, makanan, atau suplemen probiotik. Probiotik adalah jenis bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan.

Probiotik bermanfaat untuk mendukung fungsi kerja usus dan membantu melawan infeksi pada saluran pencernaan. Anda dapat menemukan probiotik dalam yogurt atau jenis makanan fermentasi, seperti tahu, tempe, dan kimchi.

Solusi lainnya, Anda bisa mengonsumsi suplemen probiotik untuk membantu mengatasi diare yang dijual di toko obat atau secara online.

6. Hindari makanan yang mengandung gas

Makan makanan yang mengandung gas saat diare dapat meningkatkan produksi gas di dalam usus.

Beberapa jenis buah-buahan dan sayuran mengandung gas yang sebaiknya dihindari adalah brokoli, jagung, sayuran berwarna hijau, buah beri, kacang-kacangan, dan kacang polong. Ini juga termasuk makanan manis, seperti kue.

7. Hindari makan makanan jenis tertentu lainnya

Beberapa jenis makanan dapat membuat sistem pencernaan Anda menjadi iritasi. Misalnya:

  • Makanan yang mengandung tinggi lemak, seperti alpukat, ikan, kacang-kacangan.
  • Makanan yang berminyak atau digoreng, seperti ikan atau ayam goreng. Namun, Anda masih boleh mengonsumsi telur goreng.
  • Makanan yang mengandung pemanis buatan.
  • Makanan dengan kadar fruktosa tinggi.
  • Makanan pedas.

8. Minum obat-obatan tanpa resep dokter

Minum obat tertentu tanpa resep dokter dapat membantu mengobati diare. Beberapa jenis obat untuk diare yang dapat Anda beli di apotek adalah yang mengandung bismuth-subsalicylate, loperamide, atau jenis obat diare lainnya.

Kapan harus ke dokter?

Pada sebagian besar kasus, gejala diare dapat berangsur reda dengan cara-cara alami di atas. Meski demikian, apabila diare tidak kunjung sembuh lebih dari dua hari, segera periksakan diri ke dokter.

Tanda-tanda dan gejala lainnya yang memerlukan pertolongan medis, di antaranya:

  • Demam.
  • Diare kronis.
  • Penurunan berat badan.
  • Nyeri perut yang parah.
  • BAB berdarah atau bernanah.
  • Tanda kekurangan cairan, seperti rasa haus yang ekstrem dan mulut kering.

Dokter akan memberikan pilihan cara menyembuhkan diare lainnya yang sesuai dengan kondisi Anda

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324424.php

Diakses pada 27 November 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/ginger-for-treatment

Diakses pada 27 November 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/digestive-health/diarrhea-treatment/

Diakses pada 27 November 2019

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/diarrhea/treatment/dos-donts-treating-diarrhea-quick-relief/

Diakses pada 27 November 2019

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/moms-advice-is-still-the-best-for-treating-diarrhea/

Diakses pada 27 November 2019

NCBI. https://ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2995283/

Diakses pada 27 November 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed